Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.754 views

Saksi Benarkan Abraham Ben Moses Dalam Video Ujaran Kebencian

TANGERANG (voa-islam.com), Pengadilan Negeri (PN) Tangerang kembali menggelar sidang kasus ujaran Kebencian dan penistaan Nabi Muhammad SAW oleh terdakwa Abraham Ben Moses alias Saifuddin Ibrahim (52), pada Senin, 9 April 2018.

Sidang dengan agenda mendengar keterangan saksi ini menghadirkan dua orang saksi yang merupakan teman terdakwa.

Salah seorang saksi Maxi Bin Bernard (53) mengaku bahwa dirinya telah berteman dengan terdakwa sejak tingkat sekolah SMP dan SMA. Saat ditanya oleh Ketua Majelis Hakim Muhammad Damis, saksi mengaku tidak mengetahui akun Facebook Abraham Ben Moses. Saksi baru mengetahui kasus tersebut dari temannya.

"Setelah selesai SMA  saya putus komunikasi. Tahun 1993 saya kontak, lalu kita ketemu dan saya dengar pokoknya terdakwa sudah menghadap ke timur, maksudnya sudah enggak muslim lagi,” katanya kepada Majelis Hakim.

Dalam keterangannya saksi meyakini bahwa terdakwa Abraham yang ada dalam video penistaan tersebut. Menurut saksi, terdakwa adalah sosok yang suka bercanda, saksi menduga terdakwa sekedsr bercanda.

“Iya muka sih jelas, tapi kalau suara masih agak ragu saya. Saya tahu beliau suka bercanda enggak mungkin dia menyinggung perasaan orang lain, saya bilang gitu saat video. Saya lihat sekilas iya benar itu dia,”ungkapnya.

Terkait keterangan saksi, terdakwa tidak membantah atau mengomentari. Terdakwa juga mengaku kenal dengan saksi.

Adapun, saksi kedua Samsudin (55) mengklaim bahwa terdakwa menginginkankan toleransi agama di Indonesia. Ia menilai dalam Video itu terdakwa hanya menyebarkan bahwa Yesus adalah juru selamat.

Sementara itu, Sekjen Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman selaku salah satu pelapor menegaskan bahwa keterangan saksi menguatkan bahwa terdakwa memang melakukan tindak pidana penistaan agama.

"Kalau saya amati, saksi tidak banyak meringankan terdakwa, karena tidak bisa membantah fakta-fakta, justru memberatkan. Karena, saksi membenarkan video tersebut mirip Ibrahim dan orangnya seperti itu, orang yang dia kenal sejak kecil,"katanya seusai sidang.

Menurut Pedri, keterangan saksi harapannya untuk meringankan malah memberatkan. Selain itu, Pedri juga menilai bahwa pendapat saksi mengenai terdakwa hanyalah sebuah candaan tidak bisa menjadi pegangan persidangan. Keterangan hakim menjadikan fakta sebagai tolok ukur, saksi di persidangan dibutuhkan hakim untuk mengkonfirmasi fakta.

"Apakah bercanda atau tidak itu bukan haknya saksi, yang penting saksi menjelaskan apakah terdakwa benar berada di dalam video,"jelasnya.

Persidangan berlangsung di Ruang sidang 1 berjalan lancar dengan penjagaan ketat dari pihak kepolisian. Rencananya persidangan akan diagendakan kembali pada Kamis tanggal 12 April mendatang dengan menghadirkan saksi ahli. (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X