Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.981 views

Usik Kemanusiaan, GAN: Kasus Sembako Maut Terkesan Ditutupi

JAKARTA (voa-islam.com), Kasus meninggalnya dua orang anak dalam acara pembagian sembako pada tanggal 28 April 2018 di Monas bagi Gerakan Anak Negeri (GAN) menyisakan keprihatinan mendalam.

Pasalnya, kasus ini terkesan ditutup-tutupi, entah karena panitianya terkait dengan kekuatan politik tertentu atau ada faktor lain.

"Kita jadi menduga-duga. Pernyataan-pernyataan pihak kepolisian mengindikasikan ada sesuatu yang tidak beres," kata Presidium Gerakan Anak Negeri (GAN), Pedri Kasman kepada voa-islam, Jakarta, Kamis (3/2/2018).

Lanjut Pedri, kasus ini juga mengusik kemanusiaan masyarakat. Menurutnya, betapa terhinanya rakyat kecil diumpan dengan kupon sembako yang nilainya tidak seberapa. Mereka terpaksa antri di bawah terik matahari dan kerumunan massa yang membludak.

"Siapapun semestinya tersentak dengan kondisi ini. Ketika ada anak kecil yang meninggal yang muncul malah pembelaan-pembelaan baik dari panitia dan termasuk dari kepolisian. Ironi memang di tengah negeri yang masih sering meneriakkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab,"ungkapnya.

Dengan kondisi ini, kata Pedri, masyarakat patut menuntut dengan keras supaya aparat penegak hukum bergerak cepat. Jangan menunggu desakan-desakan masyarakat terlebih dulu. Pedri menegaskan bukan begitu alur kerjanya penegak hukum. Kasusnya harus diungkap dengan terang, siapapun yang salah harus menerima resiko hukum.

"Tidak boleh ada yang ditutupi. Jangan biarkan masyarakat berspekulasi terlalu jauh,"ucapnya.

Pedri menambahkan bahwa semua pihak harus mendukung pengungkapan kasus ini. Karena, jelas telah mengusik rasa keadilan dan kemanusiaan. Pihak panitia juga harus bertanggungjawab penuh dan mengevaluasi diri.

"Bukan malah ngeles dengan beragam alasan.  Termasuk Pemda DKI, tidak boleh lepas tangan sebelum kasus ini selesai dengan terang, karena bagaimanapun izin kegiatan ada dari pemda dan kasus terjadi di fasilitas milik Pemda,"tuturnya.

Pedri mengatakan kedepan harus ada seleksi yang ketat untuk izin kegiatan di Monas, baik dari sisi konten acara maupun kesiapan panitia.

"Semoga kita masih peduli dengan penderitaan dan kepedihan yang terus dialamai rakyat kecil tak berdaya,"tandasnya berharap.

Selain Pedri, Presidium GAN diisi pula oleh Mashuri Masyhud dan Agung Rachmat Hidayat.  (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X