Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.048 views

Relatif Kondusif Dua Pekan Pasca Gempa Palu, Insiden Jarah Sempat Terjadi di Pelabuhan

PALU (voa-islam.com), Dua minggu berlalu bencana gempa dan tsunami menghantam Palu, Donggala, serta Sigi di Sulawesi Tengah, kondisi di wilayah tersebut relatif mulai kondusif.

Sejumlah toko, bengkel, dan rumah makan mulai banyak yang membuka kembali usaha mereka, namun hanya 45 % dari keseluruhan tempat usaha di Palu, Donggala, dan Sigi.

"Pengusaha atau pedagang pendatang rata-rata hanya menghabiskan stock, kalau sudah habis mereka akan mengungsi, karena distribusi barang masih sulit," kata relawan lokal, Noldi kepada voa-islam, Jumat (19/10/2018).

Aktivitas gedung-gedung pemerintah, SPBU, dan Bank sebagian besar juga sudah kembali berjalan. Kendati demikian, menurut Noldi, hampir rata-rata penduduk yang ditemui mengeluhkan lambatnya penanganan oleh pemerintah kota setempat. Padahal, status tanggap darurat masih berlaku. Peran relawan kemanusiaan, imbuhnya, untuk saat ini terdepan dan diandalkan untuk pengadaan logistik bagi pengungsi dna korban gempa.

"Mereka mengeluh, pemerintah lambat, mereka belum mendapat bantuan logistik, mereka mencari-cari sendiri untuk dapat logistik,"ujarnya.

Dalam pantauan voa-islam, sudah banyak jalan dan gedung yang dibersihkan di Palu. Akan tetapi, peruntuhan bangunan rusak belum banyak dilakukan. Pembersihan dan peruntuhan bangunan rusak serta pembenahan jalan baru diutamakan di jalan-jalan utama. Terkait keamanan, kondisi Palu, Sigi, dan Donggala relatif aman dan terkendali.

Polisi dan tentara mudah terlihat di banyak titik di kota Palu. Jalanan cukup lengang, walaupun sudah ramai kendaraan berlalu lalang. Sudah tidak ada lagi penjarahan atau pencegatan barang bantuan milik relawan.

Hanya saja, pada Kamis Pagi (18/10), sempat terjadi insiden penjarahan di Pelabuhan Laut Pantoloan. Masyarakat sekitar pelabuhan memasuki area bongkar muat kontainer.

"Satu kontainer dijarah warga, isinya pakaian, Polisi tidak bisa berbuat banyak,"ungkap Noldi.

Awalnya, lanjut Noldi, kontainer yang berhasil dibongkar posisinya memang cukup jauh dari pengawasan polisi. Sehingga, mereka berhasil membongkar sebuah kontainer.

"Polairud-nya melarang, sudah jangan dijarah cuma baju saja, tapi mereka tidak mengerti. Kalau kontainer lain tidak berani mereka bongkar," ungkapnya. (bil/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News

Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X