Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.889 views

Investor dari New York Libatkan Ustaz Valentino Dinsi Kembangkan Industri Syariah di Indonesia

JAKARTA (voa-islam.com)—Bisnis dan industri syariah di Indonesia tengah mengalami pertumbuhan signifikan. Tren positif industri syariah ini membuat investor tertarik menanamkan modalnya di Indonesia.

Salah satu investor yang tertarik menanamkan modalnya Syariah Indonesia LLC. Salah satu pendiri Syariah Indonesia LLC adalah Hartadinata Harianto CEO Stern Group, lulusan master finance dari Claremont Mc Cenna (Salah satu sekolah finance terbaik di Amerika) berdomisili di New York, Amerika Serikat.

Pada usia 25 tahun sekarang ini, Hartadinata Harianto dengan SR groupnya membangun beberapa gedung apartement dan hotel di New York, di antaranya: Four Point Hotel, Holiday Inn Hotel dan Westin Hotel. 

Dalam mengembangkan industri syariah di Indonesia ini, Syariah Indonesia LCC menggandeng praktisi ekonomi syariah Ustaz Valentino Dinsi. Hartadinata Harianto mengaku telah lama mengenal Ustaz Valentino.

Meski Hartadinata non-muslim ia tertarik dengan masukan dan ide-ide yang disampaikan Ustaz Valentino terkait industri syariah. Itu sebabnya perusahaannya memutuskan menanamkan investasi di Indonesia.

“Di Amerika, banyak sekali invest company yang orientasinya hanya mengejar profit semata. Secara bisnis dan keuangan, memang itu strategi yang efektif. Tapi saya, ayah saya, serta tim saya, merasa bisnis yang orientasinya semata profit, bukan bisnis yang baik. Saya tidak mau, ada satu pihak yang diuntungkan secara maksimal, tapi disisi lain ada pihak yang dirugikan,” ujar Hartadinata di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Dikatakan Hartadinata, prinsip syariah ini sangat mementingkan aspek win-win. “Kita saat ini sedang mencari partner-partner yang siap didanai secara syariah. Filosofi kita ya filosofi syariah. Kita inginnya win-win. Rugi bersama, ya kalau untung, untung bersama juga,” ungkap Hartadinata.

Suparmono, SE.MM sebagai Country Manager Indonesia Syariah Indonesia LCC mengatakan akan fokus bersama mengembangkan ekonomi Syariah di Indonesia dan negara-negara muslim lainnya.

Syariah Indonesia LCC berupaya memberikan layanan pembiayaan syariah terbaik dan terbesar sebagai media sharing ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama. Juga memberikan akses yang mudah untuk pembiayaan bagi pemilik usaha baik pemula maupun yang sudah berjalan, untuk dapat bekerjasama secara halal, aman, adil, transparan, akutabel, profitabel dengan akad sesuai syariah dengan aqad  mudarabah.

Jika memahami prinsp fundamental dari syariah, win- win for every one menjadi sebuah alasan kenapa saya tertarik dengan syariah. Karena itu Hartadinata tidak tertarik jika prinsip menang untuk dirinya, tapi kalah untuk orang lain. 

“SI (Syariah Indonesia) mengajak para pebisnis baik pemula maupun yang sudah berjalan untuk mensukseskan program Ekonomi Syariah di Indonesia, termasuk beberapa pengusaha yang berkeinginan bergabung dengan kami di Syariah Indonesia LLC baik sebagai rekanan maupun perwakilan di daerahnya,” kata Suparmono.

Diungkapkan Suparmono pihaknya tengah menyiapkan 50 proyek sebagai langkah awal pengembangan industri syariah di Indonesia. “50 proyek jadi pilot project. Seperti properti syariah, healty care. Syariah tidak berlaku bagi kaum muslimin, tapi juga seluruh manusia. misalnya orang Amerika tertarik dengan bisnis syariah, syarah profitabel, bisnis yang amazing,” ungkap dia.

“Tahun ini kami menargetkan pembangunan property Syariah dengan merealisasikan beberapa proyek proyek perumahan di beberapa daerah di Indonesia. Di bidang halal tourism, haji dan Umrah kami menargetkan dapat segera merealisasikan dan memberikan peluang kerjasama dengan beberapa travel agent yang ternama dan terdaftar di pemerintah,” tambah Suparmono.

Sementara itu, Ustaz Valentino Dinsi menyambut baik dengan rencana besar Syariah Indonesia LCC dalam turut mengembangkan industri syariah di Indonesia. Untuk itu ia berpesan agar dalam menjalin kerjasama ini perlu dikedepankan trust atau kepercayaan.

“Bercandanya orang bisnis, duit itu tidak ada agamanya. Duit tetap duit. Namun, ada satu mata uang yang paling penting, yaitu trust (kejujuran). Bicara trust, maka tidak melihat  agama, suku dan bangsanya apa. Selama bisnis saling menguntungkan, transparan, saling percaya, maka kita dapat berbisnis.

Dikatakan Valentino, dalam berbisnis, kita perlu partnership, tidak bisa jalan sendiri. Harus ada kolaborasi. Dalam berbisnis, kalkulasi ekonomi dan hitung-hitungan angka tidak cukup, tapi perlu feeling juga.

“Lagi-lagi kejujuran menjadi modal utama. Nabi Muhammad Saw, sebelum jadi pengusaha, diberi gelar al-Amin, orang yang dipercaya. Jangan sampai yang invest 100 milyar, kemudian uang dan orangnya hilang begitu saja,” ujar pendiri Majelis Taklim Wirausaha ini. 

Dikatakan Ustaz Valentino, dalam Al Qur’an dijelaskan tentang kontrak drafting, transaksi pun diatur. Karenanya, ekonomi syariah harus memiliki prinsip transparan, akuntabel, dan profesional.

“Kalau kita tidak punya ketiga prinsip itu, wajar jika kita dijauhi orang. Terpenting adalah learn and growth together, belajar dan tumbuh bersama,” jelas dia.

Kemudian, Ustaz Valentino menyinggung momen Aksi 212. Peristiwa itu seyogianya menjadi awal kebangkitan umat. Jangan sebatas bangga dengan peristiwa yang nantinya hanya menjadi lembaran sejarah.

“Peluang itu harus diciptakan sebagai pergerakan kebangkitan ekonomi umat. Siapa cepat dia dapat. Jangan nunggu rame, nanti tidak dapat apa-apa,” kata Ustaz Valentino.

“Kita tidak ingin umat Islam sebatas kerumunan yang belum menjadi sebuah gerakan. Sekarang ini, semua orang bicara gerakan syariah, tapi leadernya belum ada. Orang bicara syariah, tapi hanya perbankan, finance, dan asuransi syariah. Ini terlalu cetek. Masuki bidang dan pasar yang lebih luas, sehingga syariah bisa membumi. Saat ini saya belum melihat pemain utama ekonomi syariah. Jadi, manfaatkan peluang itu dan lakukan percepatan (speed),” ungkap Ustaz Valentino Dinsi.* [Syaf/voa-islam.com]

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X