Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.832 views

Muhammadiyah Pilih Jalan Sunyi Angkat Pendidikan Indonesia yang Terseok-seok

JAKARTA (voa-islam.com)--Tingkat pendidikan Indonesia masih terseok-seok dibadingkan dengan Negara-negara ASEAN lain dan dunia, Muhammadiyah konsisten tempuh jalur sunyi untuk angkat martabat pendidikan Indonesia di mata dunia.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir di acara Peresmian Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) pada (9/10) yang dilangsungkan secara blended.

Haedar menegaskan, bahwa semangat Muhammadiyah adalah semangat membangun keunggulan dan berkeinginan membangun umat yang terbaik. Menurutnya bangsa-bangsa dunia yang saat ini maju, rata-rata mereka memiliki tongak sejarah keunggulannya di masa lampau.

Termasuk Islam juga pernah berada di fase keunggulan tersebut, dan fase sejarah tersebut tidak boleh hanya menjadi bahan romantisme semata, melainkan harus diwujudkan kembali dan Muhammadiyah menginginkan hal itu. Karena mengembalika era keemasan Islam tidak cukup hanya dengan romantisme.

“Besar seperti bui, tetapi hampa dan mudah diterjang oleh kekuatan luar. Tetapi kalau kita kuat dan terbaik, maka insyaallah kita akan menjadi bangsa maju. Umat Islam kan dikonotasikan oleh Nabi seperti bui, bahkan jadi santapan. Muhammadiyah pelan-pelan membangun, sebab membangun itu pelan dan tidak popular,” ungkapnya.

Membangun peradaban melalui bidang pendidikan menurut Haedar memang jalan sunyi yang ditempuh oleh Muhammadiyah, bukan jalur ramai yang penuh sensasi.

Termasuk dalam membuat pernyataan, Muhammadiyah tidak hanya mencari sensasi, melainkan pernyataan maupun kritik yang presisi, santun, baik, dan jika ingin mengkritik maka diajukan dengan argumen kuat, objektif, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Merujuk ke beberapa sumber, Haedar Nashir menyebut bahwa Indonesia masih berada di peringkat 7 dalam indek pembangunan manusia tentang pendidikan di ASEAN, dan peringkat 6 dalam hal daya saing di bawah Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Philipina, Brunei Darussalam, dan kemudian baru Indonesia.

“Padahal banyak anak-anak negeri hebat-hebat, tapi kenapa kita selalu di bawah ? ini tentang bagaimana Negara ini diurus,” imbuhnya.

Oleh karena itu Muhammadiyah ingin menjadi bagian dari Negara ini dalam memanajemen yang dimiliki umat, bangsa, dan negara untuk dikapitalisasi lebih baik di masa depan. Menurut Haedar, dalam meraih kemajuan yang pertama dibutuhkan untuk memiiki kepercayaan yang kuat, terkait itu Islam telah memilikinya yang disebut dengan tauhid.

“Tapi hati-hati jangan merasa diri paling suci, paling benar sendiri, paling merasa Tuhan itu miliknya. Muhammadiyah tidak diajari seperti itu, semakin kita bertauhid, maka semakin berihsan kepada kemanusiaan, semakin baik kepada manusia, semakin baik kepada kehidupan,” ungkapnya.

Keunggulan kedua yang dibutuhkan untuk memajukan bangsa adalah akhlak yang baik, sebab sebesar apapun bangsa akan rusak jika akhlaknya rusak. Indonesia yang dikenal sebagai bangsa beradab, juga harus hati di era media sosial sekarang, sebab era digital erat kaitannya dalam membentuk bangsa yang nir-keadaban.

Ketiga bangsa juga harus memiliki keunggulan dalam state of mind. Bangsa yang ingin unggul dan maju harus cerdas, menguasai ilmu, dan teknologi. Menurut Haedar kecerdasan bukan saja bawaan, melainkan juga bisa diasah dan dilatih. Maka Amal Usaha Muhammadiyah bidang Pendidikan memiliki peran berarti dalam hal ini.*

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X