Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.320 views

JATTI Terima Kunjungan Pegiat HAM Uighur Omer Kanat

JAKARTA (voa-islam.com)—Pengurus Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) menerima kunjungan pegiat HAM Uighur Omer Kanat di Hadrami House, Jakarta Timur, Senin (18/4/2022). Omer diterima langsung Ketua Umum JATTI Febrian Amanda, Sekretaris Jenderal JATTI M. Irawan Taqwa, Ketua Dewan Pembina JATTI KH. Muhyiddin Junaidi, dan pengurus lainnya.

Omer Kanat adalah Direktur Uyghur Human Rights Project (UHRP) yang giat memperjuangkan dan menyuarakan hak azasi muslim Uighur di forum-forum internasional. UHRP saat ini berpusat di Washington, Amerika Serikat.

Pada pertemuan dengan JATTI, Omer mengungkapkan krisis HAM yang diderita oleh muslim Uighur di China.

“Tidak ada kebebasan di Uighur. Warga Uighur tidak bisa menikmati hak kebebasan beragama dan berkeyakinan sebagai warga negara,” ungkap Omer.

Omer juga menyampaikan soal kamp konsentrasi yang disebut rezim komunis China sebagai Re-education Camp. Di kamp tersebut, jutaan warga Uighur mendapat intimidasi verbal maupun fisik oleh pemerintah China.

“Mereka dipaksa makan babi. Kemudian dipaksa agar shalat dirapel satu bulan, dua bulan,” terang Omer.

Omer juga mengungkapkan sikap standar ganda pemerintah China terkait isu Islamofobia. Di satu sisi China mendukung resolusi PBB terkait penetapan 15 Maret sebagai Hari Anti-Islamofobia, namun di sisi lain pemerintah China melakukan gerakan Islamofobia di dalam negeri.

Kedatangan Omer ke Indonesia ini guna meminta dukungan masyarakat Indonesia untuk menyampaikan hal ini ke pemerintah China.

Untuk diketahui, etnis Uighur asal muasal adalah orang-orang Turki yang tinggal di wilayah Xinjiang, sebuah wilayah Muslim Uyghur yang biasa disebut sebagai Turkistan Timur. Luasnya empat kali lebih besar dari Jerman. Dulunya merupakan negara merdeka untuk waktu yang singkat tetapi China menduduki wilayah tersebut pada tahun 1949.

Setelah mendegarkan pemaparan Omer Kanat, Ketua Umum JATTI Febrian Amanda menyatakan keprihatinannya. Ia mengecam tindakan pemerintah China yang melakukan intimidasi dan pelanggaran HAM kepada muslim Uighur.

“JATTI sangat mengecam, perbuatan keji terhadap muslim Uighur. Yang menentang hak azasi manusia. Karena sesama muslim itu bersaudara,” kata Febrian.

JATTI dengan jaringan kepengurusan di 28 provinsi Indonesia berupaya menggalang dukungan untuk kemerdekaan muslim Uighur.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina JATTI KH Muhyiddin Junaedi merasa terbantu dengan informasi terkini kondisi muslim Uighur yang disampaikan Omer Kanat.

“Kami mengucapkan ucapan terimakasih. Kami menerima informasi up to date terkait kondisi muslim Uighur,” kata Kiai Muhyiddin.

Menurut Kiai Muhyiddin, saat berkunjung ke China beberapa tahun lalu diperoleh fakta telah terjadi pelanggaran HAM berat yang menimpa muslim Uighur. Untuk mengakhirinya, butuh suara dari masyarakat dan pemerintah Indonesia.

“JATTI Mendesak pemerintah Indonesia untuk mengeluarkan pernyataan. Kepada ormas Islam agar menyuarakan perlawanan terhadap penzaliman terhadap umat Uighur,” kata Kiai Muhyiddin.

Kiai Muhyiddin berharap, hubungan mesra Indonesia dan China saat ini bisa dimanfaatkan pemerintah Indonesia untuk mendesak China menghentikan segala perilaku pelanggaran HAM muslim Uighur.*[Ril/voa-islam.com.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X