Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.583 views

Mengembalikan Intelektualitas Umat Lewat Sekolah Pemikiran Islam

BANDUNG (voa-islam.com) - Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Bandung Angkatan 8 digelar perdana Kamis malam (01/09) di Ruang Tafsir, Masjid Istiqamah, Bandung.

Kepala SPI Pusat Akmal Syafril menuturkan bahwa SPI merupakan sebuah respon intelektual untuk menghadapi tantangan pemikiran yang mendera umat Muslim Indonesia di masa kini.

Setelah diawali tilawah oleh Billy, salah satu peserta SPI Bandung Angkatan 8, kelas perdana dipandu oleh Reka Ardi Prayoga, alumni SPI Bandung Angkatan 1. 

Dalam kesempatan itu, Akmal Syafril, selaku Kepala SPI Pusat menyampaikan.

“SPI Bandung merupakan yang pertama kali melaksanakan kelas luring kembali, menyusul SPI Jakarta yang akan dilaksanakan 2 minggu lagi,” ujar Akmal.

Kuliah perdana SPI Bandung Angkatan 8 dihadiri oleh 31 peserta dari 33 peserta yang diterima. 

Berbeda dengan kajian-kajian tematik, SPI didesain berbentuk kelas berkelanjutan yang harapannya dapat menciptakan kader-kader intelektual yang dapat memberikan dampak kepada lingkungannya masing-masing.

Menurut Akmal, tanggung jawab lulusan SPI adalah menyebarkan dan menyelamatkan orang lain dari serangan-serangan pemikiran saat ini, bukan hanya mencerdaskan diri sendiri.

 

Sehingga para peserta SPI ini merupakan orang-orang pilihan yang berperan aktif di masyarakat. Menurut Akmal, Islam adalah agama intelektual.

Keimanan kita bukan berdasarkan keajaiban, namun berbasis keilmuan. Sehingga tidak seharusnya kita mudah percaya kepada orang-orang yang menunjukkan keajaiban dan kesaktian yang saat ini ramai muncul di publik.

Menjadi lembaga pendidikan yang berkontribusi membangkitkan kembali tradisi ilmu untuk mengembalikan kejayaan peradaban Islam, merupakan visi SPI yang dipaparkan oleh Akmal, Calon Doktor Sejarah UI.

Kurikulum yang dibuat di SPI ini dibagi menjadi 2 semester. Semester pertama akan mempelajari materi Ghazwul Fikri, Ru;yat al-Islam al Wujud, Tauhidullah, Jurnalistik Dasar, Konsep Diin, Wahyu dan Kenabian, Diskusi Literasi, Masyarakat Jahiliyyah, dan Adab.

Selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus pada semester ini akan melanjutkan ke semester kedua. 

“Kelas perdana yang katanya ‘pendahuluan’ dari kelas pemikiran Islam, memang benar-benar didahului dengan tamparan keras terkait pemikiran. Bagaimana bisa kita jadi umat terbaik kalau kita sendiri lalai dan tidak mau belajar? Bagaimana Islam akan menang kalau pemikiran kita saja kalah sama orang kafir? Di kelas perdana ini aku mendapatkan ghirah, bahwa kita tidak boleh diam saja. Ada banyak amanah besar yang harus kita pikul, yaitu kebangkitan peradaban Islam,” tutur Nurul Siti Aisyah, Mahasiswa Farmasi Universitas Islam Bandung, menanggapi kelas perdana SPI Bandung.

Kelas perdana ditutup dengan tanya jawab seputar pendahuluan yang telah disampaikan serta perkenalan singkat dari panitia dan peserta. Selain memperkenalkan diri, peserta juga memberikan beberapa harapannya untuk pengembangan program SPI kedepannya. [pratiwi/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 20/05/2024 04:46

Kelaparan Melanda, Kapitalisme Biangnya