Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.255 views

Ustadz Hanan Attaki: Jangan Hanya Mau Viral Di Bumi

SURABAYA (voa-islam.com) - Pendakwah dari kalangan milenial, Ustadz Hanan Attaki mengingatkan generasi milenial agar jangan hanya mau viral di bumi, karena capek.

"Kalau ingin viral, jangan hanya mau viral di bumi, karena kalian pasti akan capek," katanya di hadapan ribuan milenial dalam Majelis Subuh Gen-ZI atau Generasi Z Islami (MSG) di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Ahad (4/6/2023).

Dalam MSG, pada pekan pertama setiap bulan, katanya, ada viral yang lebih baik dan tidak capek, yakni viral di akhirat dan bumi.

"Caranya baca Quran, maka kalian akan viral di langit, khususnya baca Al-Quran bakda subuh, bakda tahajud, bakda dhuha," kata da'i kelahiran 1978 itu.

Da'i yang masa kecilnya pernah menjadi juara tilawatil Quran itu menegaskan bahwa Al-Quran itu merupakan sumber inspirasi, yang memiliki kaitan antar- surah/ayat.

Misalnya, Surah Al-Baqarah dengan kata "dzalika" yang bermakna "itu" sebenarnya memiliki konteks dengan menunjuk atau mengaitkan dengan surah sebelumnya yakni Al-Fatihah yang menekankan Allah sebagai Tuhan yang patut disembah dan sumber pertolongan.

"Petunjuk Al-Quran jangan diragukan, karena tidak ada yang bisa membuat seperti Al-Quran. Petunjuk Al-Quran bisa teks dan bisa pesan. Teks itu hanya baca (terjemah/tafsir), sedangkan pesan itu lebih pada konteks atau perlu pemahaman," katanya.

Contoh lain, Alquran dalam Surah Yusuf yang menceritakan godaan Siti Zulaikha kepada Nabi Yusuf. "Teks yang ada memang bicara tentang cinta, tapi konteksnya bisa banyak dan lebih menarik. Dalam ayat itu, Nabi Yusuf dapat selamat dari godaan Siti Zulaika, karena ingat Nabi Ya'kub (ayahnya). Artinya, jangan meremehkan orang tua kalau kita ingin selamat," katanya.

Ketika mencuplik ayat-ayat Al-Quran yang lain, Hanan Attaki memaparkan tentang kriteria laki-laki dan perempuan yang baik.

"Perempuan yang baik itu tandanya adalah punya rasa malu, sedangkan laki-laki yang baik itu tandanya dari akhlaknya, misalnya dirundung (hate speech) itu dibalas dengan diam, bukan dibalas dengan replay, karena Al-Quran mengajarkan diam," katanya.

Mengakhiri pengajiannya, Hanan Attaki mengaku siap diajak konsultasi lewat akun media sosial tentang hubungan (pria-wanita), karir, dan entertainment.

Ia juga sempat beralih ke Taman Asmaul Husna (sisi timur) untuk menyaksikan "GenZI Entrepreneur" yang merupakan salah satu dari tiga agenda MSG (GenZI Dakwah, GenZI Digital, dan GenZI Entrepreneur).

Dalam MSG perdana yang dihadiri sekitar 5.000 lebih Generasi Z Islam itu juga mendapat motivasi dari Ketua BPP Masjid Al Akbar Dr. H.M. Sudjak M.Ag., dan Ustadz K.H. Achmad Muzakky.

"Jangan hadapi kehidupan hanya dengan otak, tapi hadapi kehidupan dengan hati. Tiap hari, baca tiga kali masing-masing surah yakni Fatihah, Al Ikhlas, Al Alaq, dan An Nas," katanya. (ANT/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X