Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.277 views

Tgk Yusran Hadi: 'Jadikanlah Ramadhan Tahun Ini Sebagai Ramadhan Terbaik Dengan Memperbanyak Ibadah'

BANDA ACEH (voa-islam.com) - Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Aceh Dr. Tgk. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA. mengingatkan dan mengajak umat Islam untuk bersyukur kepada Allah atas nikmat dan karunia-Nya  yaitu dipertemukan drngan bulan Ramadhan tahun ini.

Hal ini disampaikan oleh Tgk Yusran Hadi dalam ceramah Shubuh pada hari Kamis (14/2/2024) kemarin di Masjid Syuhada, Gampong Lamgugob, Banda Aceh.

"Kita wajib bersyukur kepada Allah ta’ala atas pemberian nikmat-Nya yang besar ini yaitu dipertemukan kita oleh Allah ta’ala dengan bulan Ramadhan tahun ini. Dengan demikian, kita masih diberi kesempatan oleh Allah ta’ala untuk meraih berbagai keutamaan yang disediakan oleh Allah ta’ala pada bulan Ramadhan ini."

"Barangkali pada bulan Ramadhan lalu, ibadah kita tidak maksimal dan tidak pula berkualitas (yaitu tidak sesuai petunjuk Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam). Karena ibadah tanpa mengikuti Sunnah Nabi shallahu 'alaihi tidak akan diterima oleh Allah ta'ala. Maka, pada bulan Ramadhan tahun ini kita diberi kesempatan oleh Allah ta’ala untuk memperbaikinya agar badah kita menjadi maksimal dan berkualitas sehingga kita dapat meraih berbagai keutamaan bulan Ramadhan."

"Bersyukurlah orang-orang yang dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Betapa banyak orang-orang yang kita cintai (ayah, ibu, anak, istri, suami, keponakan, sepupu, mertua, guru, dan sahabat kita) tidak dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini, karena mereka telah dipanggil oleh Allah ta’ala (meninggal dunia) untuk menghadap kembali kepada-Nya terlebih dahulu sebelum kedatangan bulan Ramadhan. Padahal mereka  merindukan pertemuan dengan bulan Ramadhan untuk beribadah padanya dan mengharapkan berbagai keutamaannya. Namun Allah ta'ala tidak mengizinkan. Pada Ramadhan tahun lalu mereka  berpuasa, bersahur, berbuka puasa, shalat tarawih dan Witir, dan bertadarus bersama kita. Namun Ramadhan tahun ini kita kehilangan orang-orang yang kita cintai."

"Bersyukurlah kita diberi kesempatan dan kesehatan untuk beribadah pada bulan Ramadhan ini. Sebahagian orang-orang kita cintai dipertemukan dengan bulan Ramadhan, namun mereka tidak bisa beribadah pada bulan ini karena penyakit yang dideritanya. Mereka terbaring dirawat baik di rumah sakit maupun di rumahnya sendiri. Mereka tidak bisa berpuasa, shalat Tarawih, shalat Tahajjuj, shalat Witir dan tadarus Al-Qur'an. Padahal mereka ingin beribadah di bulan Ramadhan ini. Namun Allah ta'ala tidak mengizinkan."

"Bersyukurlah kita menjadi hamba-hamba Allah yang terpilih dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini. Barangkali kita lalai dalam ibadah di bulan Ramadhan tahun yang lalu seperti tidak melakukan atau jarang melakukan shalat tarawih, shalat witir, tadarus Al-Qur'an dan  bersedekah. Kita dilailaikan dengan pekerjaan dan kemewahan dunia. Bahkan kewajiban puasa ditinggalkan. Maka Allah masih sayang kepada kita dipertemukan bulan Ramadhan tahun ini agar kita bertaubat dengan menghentikan maksiat, memaksimalkan ibadah kita dan memperbaiki segala kekurangan dan kelalaian dalam ibadah kita pada Ramadhan tahun yang lalu."

"Maka, jadikanlah Ramadhan tahun ini sebagai Ramadhan terbaik selama hidup kita dengan memperbanyak ibadah sesuai Sunnah Nabi shallahu 'alaihi wa sallam. Sehingga jika Allah ta'ala memanggil kita untuk menghadap-Nya, maka Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan terbaik dan terindah dalam hidup kita sehingga kita mendapat husnul khatimah. Kita tidak tahu kapan ajal atau kematian menjemput kita. Karena kematian itu datangnya tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan kepada kita. Maka manfaatkan momentum Ramadhan tahun ini dengan maksimal."

Selanjutnya Tgk Yusran Hadi yang juga dosen Fiqh dan Ushul Fiqh pada UIN Ar-Raniry menjelaskan kewajiban bersyukur kepada Allah ta'ala.

"Bersyukur itu hukumnya wajib bagi setiap muslim. Karena Allah ta'ala dan Rasulnya memerintahkannya. Banyak ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits-hadits yang menyebutkan perintah ini."

"Allah ta’ala dan Rasul-Nya shallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan kita agar senantiasa mensyukuri nikmat yang Allah ta’ala berikan kepada kita dan tidak melalaikannya serta tidak kufur nikmat."

"Allah ta’ala berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Ibrahim: 7)."

"Allah ta’ala juga berfirman, “Maka ingatlah kamu kepada-Ku, Aku pun akan ingat kamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (Al-Baqarah: 152)."

Tgk Yusran yang juga Doktor Fiqh dan Ushul Fiqh pada International Islamic University University (IIUM) menjelaskan berbagai keutamaan bulan Ramadhan  sesuai dengan Sunnah Nabi shallahu 'alaihi wa sallam.

"Ketikan bulan Ramadhan datang, kita dianjurkan menyambutnya dengan memberi kabar gembira kepada umat Islam mengenai keutamaannya. Agar umat Islam termotivasi untuk memperbanyak ibadah pada bulan ini. Hal ini sesuai dengan sunnah Rasul shallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi kabar gembira kedatangan bulan Ramadhan kepada para sahabat dengan menjelaskan berbagai keutamaannya.

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Ketika bulan Ramadhan datang, Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah datang kepada kalian syahrun mubarak (bulan yang diberkahi). Diwajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pada bulan tersebut pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Padanya juga terdapat suatu malam (yang ibadah padanya) lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang kebaikan pada malam tersebut, maka ia telah terhalang dari kebaikan tersebut.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi)."

"Dalam hadits ini, Rasulullah menjelaskan beberapa keutamaan bulan Ramadhan yaitu: Pertama,  bulan Ramadhan metipakan bulan keberkahan. Keberkahan ini mencakup keberkahan dunia dan akhirat berupa keberkahan pahala yaitu diliparkangandakan pahala amal shalih padanya dan keberkahan dunia yaitu ditambah rezki."

"Coba perhatikan, betapa banyak orang yang rezkinya bertambah di bulan Ramadhan seperti para penjual bukaan puasa di mana-mana. Fenomena ini hanya ada di bulan Ramadhan. Begitu pula pegawai negeri atau swasta mendapat daging meugang, gula dan sirup setiap kedatangan dan berakhir bulan Ramadhan. Selain itu, anak yatim, fakir dan miskin mendapat banyak santunan di bulan Ramadhan karena bulan ini sangat dianjurkan kepada umat Islam untuk bersedekah sesuai dengan Sunnah Nabi shallahu 'alaihi wa sallam."

"Kedua; Pada bulan Ramadhan dibuka pintu-pintu surga. Maksudnya, kita diberi peluang untuk masuk surga dengan cara melakukan ibadah pada bulan ini yaitu puasa, shalat tarawih, shalat tahajjuj, shalat Witir, tadarus Al-Qur'an (yakni membaca Al-Qur'an, memahaminya, mengkhatamkannya, menghafalnya, dan mempelajarinya). Sekarang pilihan ada pada kita. Jika ingin masuk surga, maka lakukanlah ibadah dan perbanyaklah. Bila tidak, maka kita tidak bisa masuk surga. Berarti kita sendiri yang tidak mau masuk surga."

"Ketiga, ditutup pintu-pintu neraka. Maksudnya kita tidak diberi kesempatan untuk berbuat maksiat. Karena bulan Ramadhan itu bulan ibadah dan ketakwaan. Terlebih lagi ibadah puasa dapat mencegah maksiat sebagaimana ditegaskan oleh Nabi shallahu 'alaihi wa sallam."

"Maka jika seseorang tetap melakukan  maksiat di bulan Ramadhan berarti ia tidak melakukan puasa atau melakukan puasa tapi tidak benar melakukanya karena tidak sesuai petunjuk Nabi shallahu 'alaihi wa sallam. Bisa jadi, karena sudah terbiasa melakukan maksiat sebelum Ramadhan sehingga menjadi tabiat dan tidak mau bertaubat atau hawa nafsu telah menguasai dirinya selama ini. Inilah murid atau pengikut syaitan yang telah dididik sebelum datang bulan Ramadhan."

"Keempat; Pada bulan Ramadhan ini terdapat satu malam yang bernama Lailatul Qadar. Keutamaan malam ini yaitu ibadah yang dilakukan padanya lebih baik dari ibadah yang dilakukan selama seribu bulan atau delapan puluh tiga tahun sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Qadar ayat 3 dan hadits ini."

"Untuk mendapatkan keutamaan ini, maka kita dianjurkan untuk mencari malam Qadar dengan bersungguh-sungguh beribadah pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan atau i'tikaf. Karena malam Lailatul Qadar ini hanya ada pada sepuluh malam ini sesuai dengan hadits-hadits yang shahih."

"Keutamaan lainnya, kelima yaitu Bulan Ramadhan merupakan bulan penghapus dosa-dosa. Dosa seorang hamba dihapus oleh Allah ta'ala dengan ibadah yang dilakukan yaitu puasa Ramadhan, shalat Tarawih, shalat Tahajjud, shalat Witir, dan tadarus Al-Qur'an.

Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at, dan Ramadhan ke Ramadhan menjadi penghapus dosa di antara waktu tersebut jika dijauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)."

"Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dan mengetahui batasan (hukum)nya, dan menjaga dari hal-hal yang sepatutnya dijaga, maka niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi)."

"Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mencari ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim),"

"Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda, "Barangsiapa yang melakukan qiyam Ramadhan dengan penuh keimanan dan mencari ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). Makna qiyam Ramadhan adalah menghidupkan malam-malam bulan Ramadhan dengan ibadah seperti shalat Tarawih, shalat Tahajjuj, shalat Witir dan tadarus Al-Qur'an," pungkas Tgk Yusran yang juga Wakil Ketua Majelis Pakar PW  Parmusi Aceh.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X