Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.357 views

Keadilan, Cara Terbaik Penyelesaian Konflik di Selatan Thailand

Bangkok - Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva berkata, otonomi di Selatan Thailand tidak akan berhasil.

"Saya yakin keadilan adalah cara terbaik untuk menyelesaikan konflik (di sana)," katanya pada persidangan Parlemen Thailand, beberapa hari lalu ketika menjawab pertanyaan dari anggota Parlemen Narathiwat, Dr. Waemahadee Waedaoh.

Sebagian pihak berpendapat kemerdekaan yang dituntut oleh kelompok pejuang Muslim di Patani, Yala dan Narathiwat tidak wajar, namun Thailand seharusnya juga menawarkan otonomi tahap tertentu kepada wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Wakil Perdana Menteri Thailand Suthep Thaugsuban juga berpendapat otonomi tidak akan berhasil di wilayah itu namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Saya tidak akan membuat sembarang pernyataan yang akan menimbulkan pertikaian," katanya ketika ditanya mengenai pernyataan Wakil Presiden Organisasi Pembebasan Patani Bersatu (PULO) Kasturi Mahkota bahwa mereka bersedia berunding dengan kerajaan Thailand melalui pihak ketiga, termasuk Malaysia.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak telah menerima undangan Abhisit untuk mengunjungi wilayah yang bergolak di Selatan Thailand bulan depan setelah rapat perundingan tahunan mereka di ibukota negara itu.

Lebih 3,600 orang terbunuh dalam pertempuran sejak kelompok pejuang Muslim memulai kembali perlawanan bersenjata mereka pada Januari 2004 untuk mendapatkan kemerdekaan bagi  Patani, Narathiwat dan Yala yang bersebelahan dengan Malaysia.

Lebih 3,600 orang terbunuh dalam pertempuran sejak kelompok pejuang Muslim memulai kembali perlawanan bersenjata mereka pada Januari 2004 untuk  mendapatkan kemerdekaan bagi  provinsi Patani, Narathiwat dan Yala yang bersebelahan dengan Malaysia.

Bangkok, yang telah mengerahkan lebih 60,000 tentara ke wilayah bersangkutan, mengatakan bahwa terorisme telah menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tetapi insiden pengeboman dan penembakan masih tetap berlangsung.

Mengenai rencana kunjungan presiden partai oposisi, Partai Puea Thai dan bekas Perdana Menteri Chavalit Yongchaiyudh ke Malaysia dan mempromosikan tawarannya bagi otonomi 'Kota Patani', Suthep berkata, beliau tidak ragu karena itu merupakan isu domestik.

"kami akan meneruskan prinsip-prinsip kami," katanya.

Chavalit berkata, beliau telah meminta untuk mengadakan pertemuan dengan pejabat Malaysia saat kunjungan ke negara tersebut Minggu depan untuk membicarakan beberapa isu kepentingan bersama, termasuk masalah di Selatan Thailand. (aa,sn/UMP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X