Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
40.978 views

Taliban Ancam Tingkatkan Serangan Ke Pasukan Asing Jika AS Ingkar Janji Mundur Dari Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban mengancam akan melanjutkan serangan terhadap pasukan asing pimpinan AS di Afghanistan menyusul pernyataan Presiden Joe Biden bahwa ia dapat memperpanjang kehadiran militer AS melampaui batas waktu 1 Mei.

Taliban mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jika Washington gagal memenuhi tenggat waktu - yang ditetapkan dalam kesepakatan damai yang dinegosiasikan oleh mantan presiden Donald Trump - kelompok itu akan "dipaksa" untuk melanjutkan "perjuangan bersenjata melawan pasukan asing untuk membebaskan negaranya."

Ancaman oleh kelompok jihadis tersebut- yang terus menguasai sebagian besar Afghanistan meskipun kehadiran pasukan pimpinan AS dalam jumlah besar - terjadi setelah Biden mengatakan pada Kamis bahwa akan sulit untuk menarik pasukan Amerika yang tersisa pada 1 Mei.

“Bukan niat saya untuk tinggal di sana untuk waktu yang lama,” kata Biden. "Kami akan pergi. Pertanyaannya adalah kapan kita pergi. ”

Ketika ditanya apakah pasukan AS akan tetap berada di Afghanistan tahun depan, Biden secara samar-samar menegaskan, "Saya tidak bisa membayangkan itu yang terjadi."

Biden lebih lanjut menunjuk pada diskusi yang sedang berlangsung di Afghanistan, termasuk pertemuan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dengan sekutu NATO yang memiliki pasukan di negara yang dilanda perang itu.

"Dan jika kami pergi, kami akan melakukannya dengan cara yang aman dan tertib," katanya.

Pernyataan Taliban menggarisbawahi bahwa kelompok itu berkomitmen pada perjanjian, yang digambarkannya sebagai "jalan paling masuk akal dan terpendek" untuk mengakhiri konflik.

Tanggung jawab untuk perpanjangannya "akan berada di pundak mereka yang melakukan pelanggaran ini," tambahnya.

"Jika ada yang melanggar perjanjian Doha dan mengambil jalan perang, rakyat Afghanistan memiliki sejarah panjang dalam memberikan pengorbanan untuk kebebasan negara mereka dan dapat mengusir pasukan asing dengan paksa," kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid seperti dikutip.

“Tidak ada yang harus mencoba keinginan rakyat Afghanistan dalam hal ini. . . dan semua pasukan asing harus meninggalkan Afghanistan pada waktu yang ditentukan karena warga Afghanistan memiliki hak untuk memutuskan negara mereka. Siapa pun yang ingin memperpanjang 20 tahun perang akan lebih menderita kerugian finansial dan manusia,” tambahnya.

Di bawah kesepakatan "damai" Februari 2020 antara Taliban dan pemerintahan Trump, Washington berjanji untuk menarik 2.500 tentara AS yang tersisa di Afghanistan. Sebagai imbalannya, Taliban berjanji untuk menghentikan serangan terhadap pasukan AS.

Namun, serangan terus melanda negara Asia Selatan itu, termasuk meningkatnya pembunuhan jurnalis, pekerja bantuan dan pegawai pemerintah baru-baru ini.

Pernyataan Biden muncul menjelang konferensi yang disponsori AS tentang "proses perdamaian" Afghanistan di Turki, di mana para negosiator diperkirakan akan membahas pembentukan pemerintahan sementara di Afghanistan dalam beberapa minggu mendatang yang akan melibatkan perwakilan Taliban - sebuah gagasan yang ditentang oleh Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Ghani, yang pemerintahannya dikesampingkan dari pembicaraan AS-Taliban di Doha tahun lalu, telah menuntut agar pasukan asing tetap di Afghanistan selama beberapa tahun lagi dan agar pemerintahan Biden meninjau kembali kesepakatan Trump dengan Taliban. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X