Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.626 views

Pemimpin Pejuang Muslim Patani Meninggal di Malaysia

Thailand Selatan (Voa-Islam.com) - Salah seorang pemimpin kelompok pejuang Muslim Thailand selatan yang tinggal di pengasingan meninggal dunia di rumah sakit Malaysia pada Rabu (10/02) kata seorang juru bicara militer pada kamis (11/02) kemarin.

Romli Uttarasin, 67, yang meninggal dunia akibat serangan jantung adalah seorang pemimpin pejuang Muslim Thailand selatan yang berasal dari kelompok Barisan Revolusi Nasional (BRN). Dia merupakan salah seorang yang sangat dicari oleh Departemen Investigasi Khusus (DSI). Dia pergi dan menetap di Malaysia setelah DSI mengeluarkan surat penangkapan dengan tuduhan bahwa ia terlibat dalam tindak kekerasan di selatan Thailand. DSI menawarkan hadiah dari 2 juta Baht untuk informasi mengarah pada penangkapan Romli.

..kakaknya tidak bersalah atas tuduhan pemberontakan dan kekerasan yang selama ini dialamatkan kepadanya..

Rolmi juga merupakann kakak dari Areepen Uttarasin, seorang anggota parlemen dari Partai Matuphum, Narathiwat, partai yang dipimpin oleh mantan Panglima Angkatan Bersenjata Thailand, Jendral Shonti Sonthi Boonyaratkalin, yang menjatuhkan mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra dari kekuasaannya lewat sebuah kudeta militer tak berdarah di tahun 2006 lalu.

Areepen kemarin menyatakan bahwa kakaknya tidak bersalah atas tuduhan pemberontakan dan kekerasan yang selama ini dialamatkan kepadanya.

Dia mengatakan telah bertahun-tahun membujuk kakaknya untuk kembali ke Thailand untuk melawan tuduhan pemerintah, namun Romli menolaknya.

Areepen juga menyatakan bahwa ia tidak yakin aparat keamanan akan melindungi kakaknya jika ia kembali ke Thailand untuk diadili

Pada Kamis pagi, tubuh Romli dibawa dari Malaysia melintasi perbatasan di distrik Sungai Kolok oleh keluarganya dan dibawa ke rumah sakit Sungai Kolok Narathiwat untuk otopsi, kata sumber tersebut.

Mayat Romli kemudian dibawa ke rumahnya desa di Tambon Paluru di distrik Sungai Padi untuk dimakamkan.

..Bom yang dikubur di bawah jalan tersebut diledakkan oleh pejuang Patani ketika mereka tengah melintas di jalan Talo Sada..

Sementara itu, dua orang tentara Thailand terluka parah dalam sebuah ledakan bom di distrik Raman provinsi Yala Kamis (11/02) pagi, laporan polisi meyebutkan.

Mereka di identifikasi sebagai Prajurit Che Dahari Che-awae, 23, yang terpotong kakinya dan Prajurit Hamdilah Hama, yang terluka di tangan kanannya. mereka berdua merupakan merupakan bagian dari Pasukan Gugus Tugas ke 12 Yala.

Kedua prajurit tersebut merupakan anggota dari satu unit pasukan yang terdiri dari 8 tentara dan sedang berpatroli jalan kaki dekat desa Talao Sada di Tambon Arsong. Bom yang dikubur di bawah jalan tersebut diledakkan oleh pejuang Patani ketika mereka tengah melintas di jalan Talo Sada. (aa/bp)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X