Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.272 views

MILF:Jika Filipina Tidak Ingin Damai, Kekerasan Akan Makin Meningkat

Mindanao (Voa-Islam.com) - Pemimpin Front Pembebasan Islam Moro Senin (09/08) mengisyaratkan lebih banyak kekerasan pada masa depan di pulau Mindanao Filipina selatan jika tidak ada perjanjian damai yang  ditandatangani dengan pemerintah.

Ketua MILF Al Haj Murad Ibrahim mengatakan kepada wartawan asing dalam forum yang diselenggarakan di kamp administrasi MILF di provinsi Mindanao bahwa mereka "takut dan khawatir" tentang "radikalisasi" dari generasi saat ini dari Muslim Filipina karena terkena "kekerasan dan penderitaan perang yang disebabkan oleh tidak adanya perjanjian damai.

"Sekarang, ada kekhawatiran bahwa generasi berikutnya bisa lebih militan dan lebih radikal karena mereka terkena kekerasan. Dan kita dapat merasakan ini di kalangan generasi muda bangsa kita." Kata Ibrahim.

Pembicaraan perdamaian antara pemerintah dan MILF, yang mengklaim memiliki sekitar 80.000 pejuang bersenjata, rusak pada tahun 2008 setelah pemerintah Filipina menarik kembali penandatanganan nota kesepakatan tentang tanah leluhur Muslim Filipina, sebuah dokumen yang kemudian dinyatakan inkonstitusional oleh Mahkamah Agung.

..Sekarang, ada kekhawatiran bahwa generasi berikutnya bisa lebih militan dan lebih radikal karena mereka terkena kekerasan. Dan kita dapat merasakan ini di kalangan generasi muda bangsa kita

kebuntuan itu memicu kekerasan di Mindanao pusat ketika para anggota MILF memprotes pembatalan tersebut, yang menyebabkan 80 orang tewas dan 300.000 mengungsi, menurut versi pemerintah.

Pada bulan Juli tahun lalu, panel perdamaian kedua belah pihak bertemu lagi di Malaysia, yang merupakan perantara negosiasi. Pada bulan Juni tahun ini, mereka lebih menegaskan keinginan mereka untuk melanjutkan perundingan ketika pemerintahan baru akan berjalan.

Presiden Benigno Aquino III, yang memangku kekuasaan pada tanggal 30 Juni telah memerintahkan review dari "perjanjian masa lalu, rekaman pembicaraan, dan pertukaran dokumen oleh dua panel."

Ibrahim, bagaimanapun, mengatakan dia tidak terkesan dengan pernyataan awal pemerintahan baru Filipina mengenai masalah ini, mengutip, misalnya, deskripsi Aquino tentang masalah di Mindanao sebagai situasi "belaka," dan sarannya dari pemecahan masalah dengan mendorong "Moro (Muslim), Lumad (Suku pribumi), dan Kristen "untuk berbicara satu sama lain.

"Itu membuat kita merasa bahwa presiden, baik sengaja atau tidak sengaja, salah membaca masalah sebenarnya, karena masalahnya bukan hanya masalah sosial, karena ini merupakan perjuangan untuk kebebasan dan penentuan nasib sendiri rakyat Bangsamoro," kata Ebrahim.

..Ini adalah harapan tegas kami bahwa pertanyaan orang Moro dan konflik bersenjata di Mindanao akan diselesaikan sekarang atau di masa hidup kita. Jika tidak, perjuangan ini, dari masyarakat Moro untuk kebebasan dan hak untuk menentukan nasib sendiri akan berlarut-larut dari generasi ke generasi..

Dia menyatakan harapan bahwa pemerintah Aquino akan mengadopsi pendekatan "pemecahan masalah" dalam masa jabatannya enam tahun kedepan, bukan hanya "mengelola situasi di Mindanao."

"Ini adalah harapan tegas kami bahwa pertanyaan orang Moro dan konflik bersenjata di Mindanao akan diselesaikan sekarang atau di masa hidup kita. Jika tidak, perjuangan ini, dari masyarakat Moro untuk kebebasan dan hak untuk menentukan nasib sendiri akan berlarut-larut dari generasi ke generasi," kata Ibrahim .

Yhoung Siddique, penduduk dari kamp administrasi MILF, mengatakan kepada Kyodo News bahwa tanpa perjanjian perdamaian, maka itu akan menjadikan warga sipil sebagai orang yang akan menderita setiap kali pertempuran meletus antara MILF dan pasukan pemerintah.

"Saya berharap proses perdamaian akan berlanjut karena kita, warga sipil, yang terkena imbasnya. Jika sengketa berlanjut dan pertempuran terjadi, kita terjebak di tengah-tengah," kata petani 51 tahun itu.

Berjuang lebih dari 40 tahun, Ebrahim mengatakan MILF selalu bertekad untuk terus melaksanakan perang "berlarut-larut" untuk peningkatan tujuan.

..Bagi MILF, perjanjian damai yang nantinya akan memungkinkan pembentukan negara-sub Islam, dan bukan sesuatu yang mirip dengan Daerah Otonom Muslim Mindanao yang ada saat ini, adalah satu-satunya solusi untuk masalah di Mindanao, kata Ebrahim.

Ia mengatakan mereka telah melatih sekitar 120.000 pejuang sejak mereka membentuk kekuatan militer mereka pada tahun 1982, dengan sedikitnya 84.000 orang dari mereka dilengkapi dengan senjata api saat ini. Namun pemerintah Filipina memperkirakan jumlah tidak lebih dari 11.000 orang.

Ibrahim mengatakan MILF tidak menerima dukungan keuangan langsung dari organisasi-organisasi atau negara asing, kecuali untuk proyek-proyek dan program yang dilaksanakan di daerah mereka dengan kelompok-kelompok seperti Japan International Cooperation Agency.

Bagi MILF, perjanjian damai yang nantinya akan memungkinkan pembentukan negara-sub Islam, dan bukan sesuatu yang mirip dengan Daerah Otonom Muslim Mindanao yang ada saat ini, adalah satu-satunya solusi untuk masalah di Mindanao, kata Ebrahim.

Dia mengatakan mereka sadar ini akan memerlukan perubahan konstitusi Filipina, jadi Aquino harus siap untuk menghadapi tantangan ini.

"Tantangan terbesar bagi proses perdamaian adalah apakah saat ini, presiden memiliki kemauan politik untuk mengatasi segala hambatan dan oposisi termasuk gangguan mengakar saat pembicaraan perdamaian dimulai atau ketika suatu persetujuan akan ditandatangani," kata Ibrahim. (beitbart)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X