Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.573 views

Militer Filipina Klaim Duduki Markas MILF di Zamboanga Sibugay

ZAMBOANGA SIBUGAY (voa-islam.com) - Pasukan Filipina mengklaim telah menduduki basis pejuang Muslim di provinsi selatan Zamboanga Sibugay menyusul beberapa hari pertempuran sengit yang menewaskan dan melukai puluhan orang dari kedua belah pihak, para pejabat mengatakan kepada Mindanao Examiner, Kamis.

Para pejabat mengatakan tentara Filipina telah menemukan kembali senapan mesin M60 yang dirampas oleh pasukan MILF di bawah pimpinan Wanning Abdusalam, yang dituduh pemerintah berada di balik serentetan penculikan dan terorisme di Pulau Mindanao.

Tapi tidak ada tanda-tanda Abdusalam atau kelompoknya, meskipun komandan militer pada Kamis bersikeras bahwa pemimpin pejuang Islam Moro tersebut telah terluka dalam pertempuran dengan pasukan keamanan.

Jenderal Raymundo Ferrer, komandan pasukan militer di Mindanao, mengatakan mereka telah menghancurkan basis Abdusalam setelah memeriksa daerah tersebut pada Kamis.

Tentara juga mencari senjata-senjata yang dilaporkan disembunyikan oleh pejuang Moro di rawa kota selama mundur dari wilayah tersebut.

"Kami telah menduduki benteng Wanning Abdusalam dan fokus kami sekarang adalah membersihkan daerah tersebut dari ranjau yang tidak meledak dan mencari hutan bakau di mana dilaporkan mereka menyimpan senjata. Beberapa upaya juga sedang diberikan untuk menemukan pejuang Moro yang terluka yang mungkin telah menyelinap ke barisan polisi pada malam hari, "katanya.

Ferrer mengatakan pasukan militer menyisir basis pejuang Islam untuk mencari ranjau dan bahan peledak lainnya yang ditanam oleh pejuang Moro dan bahwa sebuah kuburan ditemukan pada hari Kamis di mana 15 jenazah pejuang Islam Moro dikuburkan.

..Kami telah menduduki benteng Wanning Abdusalam dan fokus kami sekarang adalah membersihkan daerah tersebut dari ranjau yang tidak meledak dan mencari hutan bakau di mana dilaporkan mereka menyimpan senjata..

Militer sebelumnya mengatakan bahwa dua tentara dan enam pejuang Moro gugur dalam bentrokan itu dan 40 anggota MILF dan empat tentara juga terluka dalam tiga hari pertempuran di daerah tersebut.

Tidak ada laporan tentang Abdusalam tetapi para pejabat keamanan lainnya mengatakan bisa jadi masih di kota.

"Kami tidak bisa bergerak bebas (dalam kamp) sebelum tim EOD (penjinak bom) memberikan tanda daerah aman di mana kita dapat lewati. Daerah ini begitu dipertahankan dan dilapisi dengan banyak ranjau."

"Surga persembunyian operasi penculikan dan kegiatan teroristik di Zamboanga Sibugay telah jatuh. Kami telah membangun kembali kekuasaan kami di bagian Payao ini, dan kami berutang kepada pasukan gabungan angkatan udara, angkatan laut dan polisi - yang berjuang lama dan keras, "katanya.

MILF memprotes serangan pemerintah terhadap kamp mereka dan menuduh militer melanggar gencatan senjata yang rapuh. Kelompok pejuang Islam tersebut mengatakan bahwa serangan pemerintah di kota Payao ditujukan kepada MILF menyusul serangan udara oleh militer pada Markas Komando ke-113 dari Angkatan Bersenjata Islam Bangsamoro (BIAF). Pertempuran memaksa ribuan penduduk desa meninggalkan rumah mereka untuk keselamatan karena takut mereka akan terjebak dalam baku tembak atau ditahan sebagai sandera. (st/me)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X