Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.046 views

Mujahidin Moro Serang Detasemen Militer Filipina di Mindanao

MAGUINDANAO, FILIPINA SELATAN (voa-islam.com) - Pejuang Islam Moro menyerang sebuah kapal tanker minyak pada Selasa (30/7/2013), ketika pertempuran baru meletus lagi di provinsi Maguindanao, Filipina selatan, kata para pejabat.

Para pejabat mengklaim tiga anggota Pejuang Kemerdekaan Islam Bangsamoro (BIFF) pimpinan Ameril Umbra Kato gugur dan sejumlah orang bersenjata masih belum ditentukan jumlahnya terluka dalam bentrokan di kota Guindulungan.

"Mereka menyerang kapal tanker minyak dan untungnya tidak ada warga sipil tewas, namun pertempuran masih terjadi di antara unsur-unsur pejuang Islam dan pasukan kami," kata Kolonel Dickson Hermoso, juru bicara Divisi Infanteri ke-6, mengatakan kepada Mindanao Examiner.

Ia mengatakan jalan raya di Maguindanao ditutup selama beberapa jam karena pertempuran, namun dibuka kembali pada sekitar siang hari setelah pasukan membersihkan area itu dari alat peledak improvisasi (IED).

"Kami telah menemukan dan meledakkan beberapa peledak improvisasi yang dirakit dari 81 bom mortir mm. Bom-bom tersebut ditanam oleh orang-orang bersenjata saat mundur, "katanya.

Hermoso mengatakan tentara juga menghentikan tim dari Pusat Aksi HAM Mindanao dan beberapa wartawan yang mencoba untuk memasuki kota tersebut untuk melindungi mereka dari bahaya.

Kelompok ini sedang dalam perjalanan ke daerah evakuasi di mana penduduk desa mengungsi akibat pertempuran yang saat ini tinggal.

Hermoso mengatakan serangan terhadap tanker minyak memicu penyebaran militer di wilayah itu.

Dia mengatakan pasukan pejuang Islam telah menyerang sasaran sipil dan militer di Maguindanao meskipun bulan suci Ramadhan.

"Mereka telah mengganggu ketenangan. Mereka menargetkan warga sipil dan sasaran militer, "klaimnya.

Pusat hak asasi manusia mengatakan bentrokan pecah di Desa Bagan dan bahwa 200 orang meninggalkan daerah itu dan beberapa kelompok juga melarikan diri dari kekerasan dari desa-desa terdekat.

Dikatakan toko perangkat keras di desa juga terkena tembakan meriam, tapi tidak ada laporan korban jiwa. Pejuang Islam juga menyerang sebuah detasemen tentara di desa Buayan di kota tetangga Datu Piang.

Pejuang Kemerdekaan Islam Bangsamoro (BIFF)

Sebagian besar anggota Pejuang Kemerdekaan Islam Bangsamoro (BIFF) yang dipimpin oleh Ameril Umbra Kato, merupakan mantan anggota dari kelompok terbesar pejuang Filipina Selatan Front Pembebasan Islam Moro (MILF), yang saat ini sedang melakukan negosiasi damai dengan pemerintah.

Kato yang dulunya merupakan salah seorang komandan di MILF berpisah dengan kelompok pimpinan Murad Ebrahim, yang ia katakan mengabaikan permintaan mereka untuk sebuah negara merdeka di Mindanao.

Kato - yang telah membentuk kelompok pejuang Islam sendiri - berjanji untuk memperjuangkan negara Muslim merdeka. Pemimpin mujahidin berusia 60 tahun telah beberapa kali mengkritik Ebrahim karena melakukan pembicaraan damai dengan pemerintah Aquino yang bersikeras hanya memberikan otonomi yang lebih luas untuk sekitar empat juta Muslim di Mindanao dan bukan negara merdeka.

Ia menuduh Ebrahim dari mengabaikan permintaan asli warga Moro untuk sebuah negara merdeka dan lebih memilih untuk bernegosiasi dengan Manila untuk sebuah wilayah otonomi Islam.

Kato menghadapi serangkaian tuduhan pidana oleh pemerintah Filipina sehubungan dengan serangkaian serangan yang dia pimpin setelah penandatanganan gagal dari kesepakatan tanah air Muslim di tahun 2008 antara MILF dan pemerintah. Mahkamah Agung menyatakan kesepakatan tersebut sebagai inkonstitusional dan kesepakatan dibatalkan secara sepihak oleh Filipina sehingga memicu serangkaian serangan mematikan oleh pasukan Kato di Mindanao. (an/me)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X