Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.240 views

Mantan Tahanan Guantanamo Pimpin Mujahidin Daulah Islam di Helmand Afghanistan

HELMAND, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Seorang mantan tahanan Guantanamo, Mullah Raouf Khadim, dilaporkan memimpin kontingen mujahidin Daulah Islam (IS) di provinsi Helmand selatan Afghanistan, The Long War Journal melaporkan peran Khadim mengutip The Wall Street Journal dan Associated Press (AP).

Raouf pernah menjabat sebagai pemimpin militer Taliban sampai ia dan sekutu-sekutunya kehilangan kekuasaan internal, membuka jalan baginya untuk beralih kesetiaan.

"Sejumlah pemimpin suku, komandan jihad dan beberapa ulama serta orang lain telah menghubungi saya untuk memberitahu saya bahwa Mullah Raouf telah menghubungi mereka dan mengundang mereka untuk bergabung dengannya," AP mengutip perkataan Jenderal Mahmood Khan, seorang pejabat militer Afghanistan.

Para anggota Raouf ini telah dilaporkan terlibat dalam pertempuran dengan rekan-rekan mereka di kelompok Taliban. Taliban berusaha untuk menggagalkan upaya perekrutan Raouf atas nama IS.

Tidak jelas apakah Raouf telah mengembangkan hubungan operasional untuk Daulah Islam Abu Bakr al Baghdadi , atau jika kesetiaannya lebih daripada aspiratif. Daulah Islam telah mencoba untuk memperluas pengaruh di benteng Taliban dan Al-Qaidah di wilayah tersebut sejak tahun lalu, ketika Al-Qaidah secara resmi tidak mengakui IS.

Pernyataan tentang peran Raouf datang hanya beberapa hari sebelum puncak komandan militer AS di Afghanistan memperingatkan upaya perekrutan oleh Daulah Islam. "Kami melihat laporan dari beberapa rekrutan" atas nama IS, Jenderal John Campbell mengatakan kepada Army Times.

"Ada beberapa surat yang diletakkan pada malam hari, ada laporan tentang orang yang mencoba untuk merekrut baik di Afghanistan dan Pakistan, secara terus terang." Jenderal Campbell mengklaim bahwa Daulah Islam memiliki "pesan yang sulit untuk dijual" di Afghanistan.

"Taliban memiliki kesetiaan mereka kepada Mullah Omar dan sebuah filosofi dan ideologi yang berbeda dari (IS), tapi, berpotensi, ada orang-orang yang tidak puas dengan Taliban, mereka tidak melihat (Komandan Taliban) Mullah Omar bertahun-tahun, atau mereka ingin pergi dengan cara yang berbeda, "kata Campbell.

Secara terpisah, Ariana TV di Kabul mengutip Campbell mengatakan bahwa para anggota "muda Taliban" dapat dibujuk ke dalam jajaran Daulah Islam. Raouf menyembunyikan perannya di Taliban sementara ditahan di Guantanamo Raouf menghabiskan beberapa tahun di Guantanamo, tapi dipindahkan ke Afghanistan pada tahun 2007.

AP mengutip seorang pejabat Afghanistan yang mencatat bahwa Raouf "adalah seorang komandan korps pada pemerintah Taliban 1996-2001" di Afghanistan. Tapi selama sidang di Guantanamo, bagaimanapun, Raouf menyembunyikan peran nya tersebut. "Saya bukan anggota Taliban," kata Raouf selama pengadilan review Status kombatan nya (CSRT) di Guantanamo.

Selama dengar pendapat dengan dewan peninjau (ARB), Raouf juga membantah menerima pelatihan senjata atau berjuang untuk Taliban. Dia mengatakan bahwa ia hanya melayani memberi makanan dari toko roti terdekat untuk tentara Taliban.

"Saya berharap ada cara bagi saya bisa membuktikan kepada Anda bahwa saya tidak akan menjadi bahaya lagi," kata Raouf kepara para pejabat militer.

Ia mengatakan ia ingin bekerja dengan pemerintah Karzai, yang kemudian berkuasa. "Jika mereka tidak keberatan, saya ingin pergi ke sana dan membantu mereka keluar dengan pemerintah baru dan bekerja untuk mereka."

Menurut bocoran penilaian ancaman 26 Oktober 2004 yang ditulis oleh Joint Task Force - Guantanamo (JTF-GTMO), Raouf memberi informasi secara akurat identitas beberapa pemimpin tingkat tinggi Taliban dan "mengakui keterlibatan dalam produksi dan penjualan opium, serta hubungan unsur-unsur pidana dengan kelompok Taliban dan Aliansi Utara.

" Raouf "secara umum kooperatif" selama interogasi atau brifing, tapi ia "tidak kooperatif dalam hal membahas keterlibatan penuh dirinya dengan Taliban dan perdagangan opium." Dia tetap "tidak jelas dan tidak konsisten ketika ditanya tentang pemimpin Taliban tingkat tinggi atau topik yang bersifat sensitif." Raouf juga "menghindari menjawab pertanyaan tentang perannya dan kepemimpinan dalam Taliban." Tim JTF-GTMO bagaimanapun mencurigai, bahwa ada lebih banyak cerita tentang Raouf.

Dia dianggap sebagai ancaman menengah bagi kepentingan Amerika Serikat, dan sekutu. Dan JTF-GTMO merekomendasikan bahwa ia ditransfer untuk pengawasan di negara lain untuk melanjutkan penahanan.

Hubungan dengan apa yang disebut "Taliban Five" Penilaian ancaman JTF-GTMO menghubungkan Raouf setidaknya dengan dua anggota yang disebut "Taliban Five," atau sekelompok pejabat senior Taliban yang ditukar Sersan Bowe Bergdahl. Bocoran file itu mencatat bahwa Raouf itu "berhubungan" dengan Mohammad Fazl, yang menjabat sebagai kepala staf Taliban dan mengkomando beberapa ribu pejuang.

Komandan senior Taliban lainnya yang diidentifikasi Raouf selama waktu mereka dalam tahanan di Guantanamo adalah Mullah Khairullah. Khairkhwa mengidentifikasi Raouf sebagai "kemungkinan pemimpin militer, komandan militer, atau bahkan mungkin sebagai walikota Khost," Afghanistan tetapi tampaknya tidak pernah menjelaskan peran sebenarnya dari Raouf. Baik Fazl dan Khairkwa adalah anggota dari "Taliban Lima" dan dipindahkan ke Qatar tahun lalu.

Raouf telah bekerja sama dengan pemimpin senior Taliban yang dikenal sebagai Mullah Abdul Qayoum Zakir. Seperti Raouf, Zakir pernah ditahan di Guantanamo dan berusaha untuk menyembunyikan tingkat sebenarnya dari perannya dalam Taliban saat dalam tahanan. Setelah dipindahkan ke Afghanistan, baik Raouf dan Zakir cepat muncul sebagai komandan atas Taliban sekali lagi.

Pada satu titik, Zakir memimpin upaya Taliban untuk melawan gelombang koalisi pasukan di Afghanistan selatan. Namun, baik Raouf dan Zakir dipindahkan dari posisi kepemimpinan senior yang mereka pegang dalam Taliban setelah meninggalkan Guantanamo.

Pada bulan April 2014, Taliban mengumumkan bahwa Zakir telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala komisi militer Taliban karena "sakit." Hari ini, Raouf mengaku setia kepada Khalifah Daulah Islam Syaikh Abu Bakar Al-Baghdadi.

Dan dia bukan satu-satunya mantan tahanan Guantanamo yang mencoba untuk memperluas pengaruh Daulah Islam ke Afghanistan dan Pakistan. Muslim Dost, yang juga pernah ditahan di Kuba, telah membantu organisasi Baghdadi dengan merekrut dan menyebarkan propaganda di seluruh wilayah itu. (aa/tlwj)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X