Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.025 views

Mengenal Ummu Yahya, Seorang Pemimpin, Perawat dan Mujahidah asal Ghouta Timur Suriah

GHOUTA TIMUR, SURIAH (voa-islam.com) - 'Ibu para Pemberontak', itulah julukan yang diberikan oleh para aktivis kepada Ummu Yahya, seorang mujahidah yang pernah bekerja sebagai perawat, ketika Pasukan rezim mulai menembaki demonstran damai di Ghouta timur, meskipun dia juga terutama bekerja sebagai ibu yang merawat keempat anaknya di kota Tura di distrik Jobar.

Dia mengatakan keponakannya memintanya untuk membantu para pejuang oposisi dengan merawat orang-orang yang terluka karena pengalamannya sebagai perawat. Saat itu, ia membuka rumah sakit lapangan kecil di rumahnya dengan bantuan suami dan anak-anaknya.

Suatu hari di tahun 2012 saat dia membawa seorang wanita hamil dari Ghouta Timur ke salah satu rumah sakit di Damaskus, dia ditangkap dengan tuduhan membantu istri seorang teroris (baca;pejuang oposisi). Dia ditahan selama tiga bulan dimana dia mengalami berbagai jenis penyiksaan dan penghinaan sebelum pasukan keamanan rezim melemparkannya, pingsan, di alun-alun al-Abbasiyin.

Berbicara kepada Zaman al-Wasl, dia menjelaskan bahwa setelah dia mendapatkan kembali kesehatannya, dia sekali lagi memulai pekerjaan sebagai perawat. Dia berhasil mendirikan sebuah rumah sakit lapangan besar di daerah Ein Tirma di Ghouta Timur yang disebut sebagai Rumah Sakit al-Hajja Ummu al-Thawar. Selain di rumah sakit, dia mendirikan beberapa titik medis di distrik Jobar. Ummu Yahya menjelaskan bahwa dia buru-buru membuat titik darurat medis setiap kali pejuang oposiis menyerbu sebuah kota atau daerah di Ghouta Timur. Dia menambahkan bahwa rezim berulang kali menargetkan titik-titik medis  tersebut dan dia kehilangan banyak anggota staf medisnya karena pemboman rezim.

Berbicara kepada Zaman al-Wasl, Ummu Yahya menegaskan bahwa pada bulan Juni 2016, pasukan rezim menargetkan salah satu titik medisnya di lingkungan Jobar yang menghancurkannya sepenuhnya.

Serangan tersebut menghancurkan titik medis dan ambulans serta membunuh staf medis dan orang-orang yang terluka yang datang untuk mendapatkan bantuan medis.

Dia menambahkan bahwa pasukan rezim terbiasa menarget sebuah wilayah, terutama titik-titik medis, dua kali untuk menimbulkan jumlah korban lebih banyak.

Ketika pasukan rezim mulai maju di daerah tersebut dan membunuh lebih banyak warga sipil, Ummu Yahya memutuskan untuk terjun langsung memanggul senjara dan bergabung dengan Brigade Haroon al-Rashid. Ummu Yahya, bersama beberapa wanita lain yang juga mantan tahanan, bertindak sebagai penyidik ​​dan berkontribusi untuk membeli senjata bagi para pejuang oposisi saat mereka membentuk Brigade Martir Yasin Mahanayet.

Menurut Ummu Yahya, pada saat inilah dia beralih untuk membentuk brigade bersenjata wanita bernama Pembebasan Ghouta Timur yang terdiri dari 50 wanita yang terlatih sebagai penembak jitu hingga menggunakan peluncur roket RPG. Semua anggota brigade ini dilatih untuk membawa senjata dan berperang.

Membahas gagasan di balik pembentukan brigade tersebut, Ummu Yahya menjelaskan bahwa tujuan utamanya adalah untuk membangunkan manusia dari masa tidur mereka dan membuktikan peran penting yang dimainkan wanita di Ghouta Timur, yang tidak kalah pentingnya dari peran pria. (st/ZAW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X