Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
51.544 views

Archery Equipment : Arrow

Anak panah merupakan salah satu bagian dari kelengkapan senjata panah, selain busur tentunya.

Anak panah terdiri atas 5 bagian dasar:

Kepala Panah / Arrow Head

Merupakan bagian yang menabrak target dan juga merusak, bentuknya selalu runcing dan banyak di antaranya terbuat dari logam.

Sisipan masuk-keluar / Insert-Outsert Arrow

Merupakan bagian dimana anak panah dan mata panah di ikat/gabung.

Batang / Shafts

Merupakan badan dari panah,panjangnya berkisar antara 65 cm sampai 200 cm, tergantung dari daerah mana asal panah tersebut, panah modern atau tradisional.

Fletching

Ini dalah bulu-bulu yang menjaga jalannya anak panah tetap stabil di udara bila di luncurkan dari busur. Biasanya terbuat dari bulu unggas atau juga bahan lainnya

Nock

Ini adalah bagian yang menahan panah pada tali busur

 

Batang Panah / Arrow Shafts

Saat ini di dunia internasional ada 4 bahan utama yang di gunakan untuk bagian badan atau bodi panah, Yaitu: kayu, fiber glass, alumunium, carbon atau grafite.


Bodi Panah Kayu / Wood Arrow Shaft

Kayu adalah bahan asli yang di gunakan untuk membuat anak panah. Bodi kayu di gunakan oleh pemburu dahulu dan mereka juga menggunakannya sebagai senjata. Menemukan kayu panah yang berkualitas sekarang  ini bisa jadi sangat sulit, jika anda ingin menggunakan panah kayu, maka anda butuh  belajar tentang berat,urat kayu, batang dan kelurusannya. Kayu panah akan sangat berpengaruh dalam menghubungkan dari satu bagian panah dengan bagian yang lain. Kayu, bagaimanapun sebuah bahan yang sangat tahan lama untuk menembak dari sebuah busur.

Bodi Panah Fiberglass / Fiberglass Aroow Shaft


Ringan, tepat sekali, mudah disiapkan untuk tarikan panjang dan berat, sulit untuk di dapatkan, besar kemungkinan mengenai sasaran

Bodi Panah Alumunium / Aluminum Arrow Shaft

Ukuran jangkauan tembak bagus, bobot  ringan, lebih tepat sasaran, kepala panah dapat di ganti-ganti.  Panah Alumunium di gunakan oleh mayoritas pemburu dan penembak target hari ini. Panah alumunium pertama di kembangkan oleh Doug Easton (Panah Easton). Panah Alumunium sangat konsisten dalam hal ukuran berat, bodi, dan kelurusannya. Panah Alumunium sangat tahan lama kecuali kalau di salah gunakan. Fletching atau baling-balingnya sangat mudah di ganti ketika terjadi kerusakan. Panah ini tersedia lebih dari 4 lusin ukuran. Alasan untuk banyaknya ukuran (berat) adalah bahwa setiap busur (dan pemanah) memerlukan berat dan panjang anak panah tertentu untuk mendapatkan kecepatan maksimum dan efesiensi. Selain itu, berat Panah Almunium yang lebih ringan, normalnya di gunakan untuk menembak target dan kecepatan. Anak panah yang lebih berat, kebanyakan, biasanya digunakan oleh pemburu.

Bodi Panah Karbon / Carbon Arrow Shaft (Grafite)

Tahan lama,lebih tepat sasaran, ringan, dapat dengan mudah mengganti bagian kepala panah. Panah karbon sedang meningkat poplaritasnya saat ini. Ada 2 atau 3 macam bodi panah karbon, yaitu: pultrued dan yang di bungkus silang. Bodi Pultrude mempunyai urat yang melintasi panjang panah. Jenis ini di haruskan  penggunaannya mula-mula untuk mencegah pemisahan dimana dasar titik sasaran di tembakan. Bodi pultrude, dimana merupakan jenis pertama panah karbon dan mempunyai sebuah reputasi untuk memecah ketika mengahantam sebuah objek keras seperti batu, pohon atau tulang. panah karbon yang di bungkus silang sedikt lebih besar diameternya tetapi masih kurang dari 5/16hs dalam diameter inchi. secara umum, panah karbon sangat ringan beratnya. Panah karbon yang di bungkus silang lebih kuat dari pultruded. Tidak pula dapat di tekuk secara permanen.

 

Panah Tradisional

Untuk panah tradisional, setiap daerah atau Negara juga memiliki  ukuran dan bentuk anak panah yang berbeda-beda antara daerah yang satu dan daerah yang lainnya. termasuk di Indonesia.

Di pulau Jawa anak panah pada umumnya berukuran panjang 55-75 cm, ujung mata panahnya pipih dan runcing, terbuat dari logam. Batang panahnya selain dari bambu kadang-kadang juga terbuat dari sejenis batang gelagah, atau kayu. Agar mata panah itu melayang stabil saat di luncurkan, kadang-kadang di depan mata panah di beri pemberat yang terbuat dari timah atau kuningan ,di tindikan ke batang panah itu, sedangkan bulu panahnya di buat dari bulu itik manila atau angsa.

Di pulau Bali, bentuk panahnya hampir sama dengan di pulau jawa,tapi di sana tidak  akan di temukan batang panah yang terbuat dari rotan atau gelagah, karena mereka membuat batang panah dari kayu atau bambu, sedangkan buntutnya dari bulu ayam.

Di pulau Sumatra, suku-suku yang tinggal di daerah pinggiran pantai, bentuk panahnya serupa dengan panah buatan dari pulau Jawa, kecuali mata panahnya saja, karena anak panahnya bulat, bukan pipih dan juga mata panahnya terbuat dari besi atau kuningan seperti anak  panah dari pulau Bintan.

Di pulau Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, ukuran anak panahnya berkisar antara 80-120 cm, mata panahnya sebagian terbuat dari logam, sebagian lagi dari kayu keras yang di runcingkan. Pada leher batang panahnya, seringkali di beri rumbai- rumbai terbuat dari benang warna warni.

Di Maluku Tenggara dan Papua, anak panah umumnya panjang, ada yang panjangnya sampai lebih dari 2 meter, dan hampir tidak ada panah yang ukuranya kurang dari 1 meter. Selain untuk berburu, di daerah tersebut anak panah juga di gunakan untuk berperang. Dan hampir tidak ada panah yang terbuat dari logam di daerah ini.



Mata Panah

Mata panah merupakan bagian paling ujung dari sebuah anak panah. Bagian ini selain runcing juga sering kali di bentuk menjadi semacam kait atau gerigi.

Di tinjau dari bahan pembuatannya, mata panah ada dua macam, yakni yang langsung merupakan ujung panah itu sendiri, hanya di raut sedemikian rupa sehingga runcing atau bergerigi, atau terbuat dari bahan logam. Yang ini kemudian di sambungakan pada ujung anak panah. Di pedalaman Kalimantan, Papua dan beberapa daerah lain, mata panah sering kali di beri racun yang terbuat dari ramuan bisa binatabg dan racun tumbuh-tumbuhan. Racun ini gunanya untuk melumpuhkan binatang buruan.

Khusus pulau Jawa, Bali dan Sulawesi Selatan, pada masa silam, sebagian mata panah terbuat dari besi dan baja. Mata panah yang baik harus runcing pada ujungnya, keras dan ringan, karena itu mata panah yang terbuat dari logam tidak di buat terlalu tebal.(aa/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Jihad Fie Sabilillah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wakaf. Semoga menjadi pahala yang berlipat-lipat dan terus mengalir tak terbatas umur, seiring banyaknya warga yang memanfaatkan wakaf tersebut untuk kemaslahatan...

Latest News
Pengacara: Israel Siksa Pejuang Pelestina Yang Ditangkap Kembali Setelah Kebur Dari Penjara Gilboa

Pengacara: Israel Siksa Pejuang Pelestina Yang Ditangkap Kembali Setelah Kebur Dari Penjara Gilboa

Kamis, 16 Sep 2021 22:16

Semarak Muktamar IV, Tiga DPW Wahdah Islamiyah Gelar Tablig Akbar Undang Sandiaga Uno

Semarak Muktamar IV, Tiga DPW Wahdah Islamiyah Gelar Tablig Akbar Undang Sandiaga Uno

Kamis, 16 Sep 2021 21:28

Media Sosial Perlu Dimanfaatkan untuk Sebar Pesan Wasathi

Media Sosial Perlu Dimanfaatkan untuk Sebar Pesan Wasathi

Kamis, 16 Sep 2021 20:59

Pembina Wasathi: Umat Islam Indonesia Harus Menjadi Role Model Pelopor Toleransi

Pembina Wasathi: Umat Islam Indonesia Harus Menjadi Role Model Pelopor Toleransi

Kamis, 16 Sep 2021 20:19

Laporan: Saudi Pertimbangkan Beli Sistem Pertahanan Udara Israel

Laporan: Saudi Pertimbangkan Beli Sistem Pertahanan Udara Israel

Kamis, 16 Sep 2021 15:55

Emmanuel Macron Klaim Tentara Prancis Bunuh Pemimpin ISIS Di Sahara Barat

Emmanuel Macron Klaim Tentara Prancis Bunuh Pemimpin ISIS Di Sahara Barat

Kamis, 16 Sep 2021 14:27

Legislator Dukung Kebijakan Gubernur Anies Menutup Etalase Rokok di Minimarket

Legislator Dukung Kebijakan Gubernur Anies Menutup Etalase Rokok di Minimarket

Kamis, 16 Sep 2021 10:56

Pandemi Momentum Reformasi Total Sisdiknas, Anis Matta: Pendidikan Sudah Bisa Gratis

Pandemi Momentum Reformasi Total Sisdiknas, Anis Matta: Pendidikan Sudah Bisa Gratis

Kamis, 16 Sep 2021 09:46

Bullying terhadap Para Hafidz, Siapa Intoleran?

Bullying terhadap Para Hafidz, Siapa Intoleran?

Kamis, 16 Sep 2021 08:56

Langgar Kedaulatan, Legislator Minta Menhan dan Menko Marves Amankan Natuna dari China

Langgar Kedaulatan, Legislator Minta Menhan dan Menko Marves Amankan Natuna dari China

Kamis, 16 Sep 2021 08:26

Tangisan Mega

Tangisan Mega

Rabu, 15 Sep 2021 22:55

Agar Viral Dunia Akhirat

Agar Viral Dunia Akhirat

Rabu, 15 Sep 2021 22:43

Khawatir Tertular Covid, 83 Persen Masyarakat Batalkan Rencana Bepergian

Khawatir Tertular Covid, 83 Persen Masyarakat Batalkan Rencana Bepergian

Rabu, 15 Sep 2021 22:38

2,5 Juta Warga KTP DKI Belum Divaksinasi, Ini Tanggapan Senator

2,5 Juta Warga KTP DKI Belum Divaksinasi, Ini Tanggapan Senator

Rabu, 15 Sep 2021 22:35

Alquran dan Musik Tidak Bertemu dalam Satu Hati

Alquran dan Musik Tidak Bertemu dalam Satu Hati

Rabu, 15 Sep 2021 22:09

Gerakan Nasional Sejahterakan Dai Indonesia Diluncurkan

Gerakan Nasional Sejahterakan Dai Indonesia Diluncurkan

Rabu, 15 Sep 2021 21:34

Israel Tahan Ayah Dari Anak 'Palestina Yang Terkena Kanker, 'Tanpa Ada Rasa Kemanusiaan Atau Hormat'

Israel Tahan Ayah Dari Anak 'Palestina Yang Terkena Kanker, 'Tanpa Ada Rasa Kemanusiaan Atau Hormat'

Rabu, 15 Sep 2021 21:25

Senator Republik Desak Presiden Joe Biden Tetapkan Taliban Sebagai Kelompok Teroris

Senator Republik Desak Presiden Joe Biden Tetapkan Taliban Sebagai Kelompok Teroris

Rabu, 15 Sep 2021 20:15

Tentara Pemerintah Yaman Tewaskan 80 Pemberontak Syi'ah Houtsi Dalam 2 Hari Pertempuran Di Marib

Tentara Pemerintah Yaman Tewaskan 80 Pemberontak Syi'ah Houtsi Dalam 2 Hari Pertempuran Di Marib

Rabu, 15 Sep 2021 20:00

Yunani Akan Kirim Sistem Rudal Patriot Ke Arab Saudi

Yunani Akan Kirim Sistem Rudal Patriot Ke Arab Saudi

Rabu, 15 Sep 2021 19:45


MUI

Must Read!
X