Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
50.609 views

Archery Equipment : Arrow

Anak panah merupakan salah satu bagian dari kelengkapan senjata panah, selain busur tentunya.

Anak panah terdiri atas 5 bagian dasar:

Kepala Panah / Arrow Head

Merupakan bagian yang menabrak target dan juga merusak, bentuknya selalu runcing dan banyak di antaranya terbuat dari logam.

Sisipan masuk-keluar / Insert-Outsert Arrow

Merupakan bagian dimana anak panah dan mata panah di ikat/gabung.

Batang / Shafts

Merupakan badan dari panah,panjangnya berkisar antara 65 cm sampai 200 cm, tergantung dari daerah mana asal panah tersebut, panah modern atau tradisional.

Fletching

Ini dalah bulu-bulu yang menjaga jalannya anak panah tetap stabil di udara bila di luncurkan dari busur. Biasanya terbuat dari bulu unggas atau juga bahan lainnya

Nock

Ini adalah bagian yang menahan panah pada tali busur

 

Batang Panah / Arrow Shafts

Saat ini di dunia internasional ada 4 bahan utama yang di gunakan untuk bagian badan atau bodi panah, Yaitu: kayu, fiber glass, alumunium, carbon atau grafite.


Bodi Panah Kayu / Wood Arrow Shaft

Kayu adalah bahan asli yang di gunakan untuk membuat anak panah. Bodi kayu di gunakan oleh pemburu dahulu dan mereka juga menggunakannya sebagai senjata. Menemukan kayu panah yang berkualitas sekarang  ini bisa jadi sangat sulit, jika anda ingin menggunakan panah kayu, maka anda butuh  belajar tentang berat,urat kayu, batang dan kelurusannya. Kayu panah akan sangat berpengaruh dalam menghubungkan dari satu bagian panah dengan bagian yang lain. Kayu, bagaimanapun sebuah bahan yang sangat tahan lama untuk menembak dari sebuah busur.

Bodi Panah Fiberglass / Fiberglass Aroow Shaft


Ringan, tepat sekali, mudah disiapkan untuk tarikan panjang dan berat, sulit untuk di dapatkan, besar kemungkinan mengenai sasaran

Bodi Panah Alumunium / Aluminum Arrow Shaft

Ukuran jangkauan tembak bagus, bobot  ringan, lebih tepat sasaran, kepala panah dapat di ganti-ganti.  Panah Alumunium di gunakan oleh mayoritas pemburu dan penembak target hari ini. Panah alumunium pertama di kembangkan oleh Doug Easton (Panah Easton). Panah Alumunium sangat konsisten dalam hal ukuran berat, bodi, dan kelurusannya. Panah Alumunium sangat tahan lama kecuali kalau di salah gunakan. Fletching atau baling-balingnya sangat mudah di ganti ketika terjadi kerusakan. Panah ini tersedia lebih dari 4 lusin ukuran. Alasan untuk banyaknya ukuran (berat) adalah bahwa setiap busur (dan pemanah) memerlukan berat dan panjang anak panah tertentu untuk mendapatkan kecepatan maksimum dan efesiensi. Selain itu, berat Panah Almunium yang lebih ringan, normalnya di gunakan untuk menembak target dan kecepatan. Anak panah yang lebih berat, kebanyakan, biasanya digunakan oleh pemburu.

Bodi Panah Karbon / Carbon Arrow Shaft (Grafite)

Tahan lama,lebih tepat sasaran, ringan, dapat dengan mudah mengganti bagian kepala panah. Panah karbon sedang meningkat poplaritasnya saat ini. Ada 2 atau 3 macam bodi panah karbon, yaitu: pultrued dan yang di bungkus silang. Bodi Pultrude mempunyai urat yang melintasi panjang panah. Jenis ini di haruskan  penggunaannya mula-mula untuk mencegah pemisahan dimana dasar titik sasaran di tembakan. Bodi pultrude, dimana merupakan jenis pertama panah karbon dan mempunyai sebuah reputasi untuk memecah ketika mengahantam sebuah objek keras seperti batu, pohon atau tulang. panah karbon yang di bungkus silang sedikt lebih besar diameternya tetapi masih kurang dari 5/16hs dalam diameter inchi. secara umum, panah karbon sangat ringan beratnya. Panah karbon yang di bungkus silang lebih kuat dari pultruded. Tidak pula dapat di tekuk secara permanen.

 

Panah Tradisional

Untuk panah tradisional, setiap daerah atau Negara juga memiliki  ukuran dan bentuk anak panah yang berbeda-beda antara daerah yang satu dan daerah yang lainnya. termasuk di Indonesia.

Di pulau Jawa anak panah pada umumnya berukuran panjang 55-75 cm, ujung mata panahnya pipih dan runcing, terbuat dari logam. Batang panahnya selain dari bambu kadang-kadang juga terbuat dari sejenis batang gelagah, atau kayu. Agar mata panah itu melayang stabil saat di luncurkan, kadang-kadang di depan mata panah di beri pemberat yang terbuat dari timah atau kuningan ,di tindikan ke batang panah itu, sedangkan bulu panahnya di buat dari bulu itik manila atau angsa.

Di pulau Bali, bentuk panahnya hampir sama dengan di pulau jawa,tapi di sana tidak  akan di temukan batang panah yang terbuat dari rotan atau gelagah, karena mereka membuat batang panah dari kayu atau bambu, sedangkan buntutnya dari bulu ayam.

Di pulau Sumatra, suku-suku yang tinggal di daerah pinggiran pantai, bentuk panahnya serupa dengan panah buatan dari pulau Jawa, kecuali mata panahnya saja, karena anak panahnya bulat, bukan pipih dan juga mata panahnya terbuat dari besi atau kuningan seperti anak  panah dari pulau Bintan.

Di pulau Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, ukuran anak panahnya berkisar antara 80-120 cm, mata panahnya sebagian terbuat dari logam, sebagian lagi dari kayu keras yang di runcingkan. Pada leher batang panahnya, seringkali di beri rumbai- rumbai terbuat dari benang warna warni.

Di Maluku Tenggara dan Papua, anak panah umumnya panjang, ada yang panjangnya sampai lebih dari 2 meter, dan hampir tidak ada panah yang ukuranya kurang dari 1 meter. Selain untuk berburu, di daerah tersebut anak panah juga di gunakan untuk berperang. Dan hampir tidak ada panah yang terbuat dari logam di daerah ini.



Mata Panah

Mata panah merupakan bagian paling ujung dari sebuah anak panah. Bagian ini selain runcing juga sering kali di bentuk menjadi semacam kait atau gerigi.

Di tinjau dari bahan pembuatannya, mata panah ada dua macam, yakni yang langsung merupakan ujung panah itu sendiri, hanya di raut sedemikian rupa sehingga runcing atau bergerigi, atau terbuat dari bahan logam. Yang ini kemudian di sambungakan pada ujung anak panah. Di pedalaman Kalimantan, Papua dan beberapa daerah lain, mata panah sering kali di beri racun yang terbuat dari ramuan bisa binatabg dan racun tumbuh-tumbuhan. Racun ini gunanya untuk melumpuhkan binatang buruan.

Khusus pulau Jawa, Bali dan Sulawesi Selatan, pada masa silam, sebagian mata panah terbuat dari besi dan baja. Mata panah yang baik harus runcing pada ujungnya, keras dan ringan, karena itu mata panah yang terbuat dari logam tidak di buat terlalu tebal.(aa/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Jihad Fie Sabilillah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Gara-gara Benur, Gerindra Babak Belur

Sabtu, 28 Nov 2020 12:05

Bulu Kucing Najis?

Bulu Kucing Najis?

Sabtu, 28 Nov 2020 11:15

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Legislator: Utang Pemerintah Makin Mengkhawatirkan

Sabtu, 28 Nov 2020 09:27

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Bupati dan Gabungan Ormas Islam Halau Pengikut Syiah di Takalar

Sabtu, 28 Nov 2020 08:59

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

WHO: Orang Dewasa dan Anak Harus Banyak Gerak Saat Pandemi

Sabtu, 28 Nov 2020 07:53

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

PKS Harus Tetap Berada di Garda Terdepan Memperjuangkan Keadilan dan Kesejahteraan

Jum'at, 27 Nov 2020 23:06

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Menag Ajak Masyarakat Dukung Pendidikan Tahfizh Melalui Zakat, Infak dan Wakaf

Jum'at, 27 Nov 2020 22:38

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Pemerintah Israel Instruksikan Militernya Bersiap Untuk Kemungkinan Serangan AS Terhadap Iran

Jum'at, 27 Nov 2020 21:45

Gus Aam Harap PKS Bisa Wujudkan Nilai-nilai Islam di Pemerintahan dan Masyarakat Luas

Gus Aam Harap PKS Bisa Wujudkan Nilai-nilai Islam di Pemerintahan dan Masyarakat Luas

Jum'at, 27 Nov 2020 21:14

Teh Jahe dapat Turunkan Berat Badan

Teh Jahe dapat Turunkan Berat Badan

Jum'at, 27 Nov 2020 21:05

Kemenag Alokasikan 5,7 Triliun Bantuan Pemulihan Ekonomi untuk Pendidikan Agama

Kemenag Alokasikan 5,7 Triliun Bantuan Pemulihan Ekonomi untuk Pendidikan Agama

Jum'at, 27 Nov 2020 21:00

Menlu Saudi: Pemberontak Syi'ah Houtsi Dukungan Iran Di Balik Permasalahan di Yaman

Menlu Saudi: Pemberontak Syi'ah Houtsi Dukungan Iran Di Balik Permasalahan di Yaman

Jum'at, 27 Nov 2020 20:46

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Pengadilan Banding Potong Hukuman Penjara Penembak Mati 6 Jamaah di Masjid Quebec Jadi 25 Tahun

Jum'at, 27 Nov 2020 19:00

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Parlemen Azerbaijan Serukan Prancis Dikeluarkan Dari Kelompok Mediasi Nagorno-Karabakh

Jum'at, 27 Nov 2020 16:45

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

RUU Minol Diharapkan Basmi Miras Oplosan

Jum'at, 27 Nov 2020 11:39

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Lewat Program Satu Desa Satu Hafizh, Wagub Jabar Minta Santri Belajar Multidisplin

Jum'at, 27 Nov 2020 10:36

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Anis Sarankan Pemerintah Gandeng Koperasi Salurkan Dana PEN untuk UMKM

Jum'at, 27 Nov 2020 09:21

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

Jum'at, 27 Nov 2020 08:25

Pemerintah Aktifkan Calling Visa Israel, FPKS: Bentuk Penghianatan UUD 1945

Pemerintah Aktifkan Calling Visa Israel, FPKS: Bentuk Penghianatan UUD 1945

Jum'at, 27 Nov 2020 07:16

Guru di Indonesia, Pahlawan tanpa Kesejahteraan?

Guru di Indonesia, Pahlawan tanpa Kesejahteraan?

Jum'at, 27 Nov 2020 05:32


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Kamis, 26/11/2020 06:37

Harta, Tahta, Oppa