Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
19.506 views

Apakah Agama Ini Akan Digerogoti Sedangkan Aku Masih Hidup?

Oleh: Ustadz Abu Hamzah al-Bassam

Apakah agama ini akan digerogoti sedangkan aku masih hidup?? Itulah kata-kata yang diucapkan oleh Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallahu ‘anhu dalam kondisi umat Islam yang paling genting, yaitu sebagaimana komentar Urwah bin Zubair radhiyallahu ‘anhu: “Kondisi tersebut adalah seperti domba yang kehujanan ditengah malam yang gelap, karena umat Islam ketika itu sedang kehilangan Nabi mereka Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, karena jumlah mereka sedikit dan justru jumlah musuh begitu banyak”.

Abu Bakar ash-Shidiq mengucapkannya ketika sebagian kabilah menolak untuk membayar zakat sepeninggal Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Ketika itu Abu Bakar sendiri tidak habis pikir, bagaimana mungkin agama ini akan digerogoti sedangkan beliau masih hidup. Beliau mengucapkannya dengan rasa yakin bahwa setiap orang diantara kita bertanggung jawab untuk menolong agama, dan hanya orang yang peduli lagi sibuk dalam menolong agama lah yang mungkin untuk merubah situasi.

Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallahu ‘anhu kemudian berdiri seraya berkata: “Sungguh, wahyu telah terputus dan agama telah sempurna, maka apakah agama ini akan digerogoti padahal saya masih hidup?!”.

Abu Bakar tetap memerangi orang-orang murtad tanpa mengatakan bahwa kondisinya saat itu sedang sulit, para sahabat sedang bersedih dan para tentara dalam kondisi tidak fit. Justru beliau melihat bahwa kesempurnaan agama dan menjaga keutuhan syariat Ar-Rahman sebagaimana ketika diturunkan kepada Rasul adalah hal prinsip. Maka, terjadilah pertempuran melawan orang-orang murtad sehingga agama ini tetap terjaga dan kekuatan kabilah-kabilah pembangkang bisa dihancurkan.

Tetapi, kata-kata ini bukan hanya menjadi batu loncatan dalam memerangi orang-orang murtad saja, namun hal ini adalah prinsip hidup para sahabat dan tabi’in serta generasi yang mengikuti kebaikan mereka hingga hari kiamat.

Kata-kata Abu Bakar ini dikemudian hari juga menjadi slogan Imam Ahmad bin Hambal pada hari ujian dianggapnya Al-Qur’an sebagai makhluk. Beliau seorang diri tetap tegak berdiri sebagaimana Abu Bakar, sehingga Al-Hafidz Ali bin Al-Madiny berkata: “Sungguh Allah telah memuliakan agama ini dengan dua orang lelaki, dan tidak ada yang ketiga. Yaitu Abu Bakar pada waktu hari kemurtadan dan Ahmad bin Hanbal pada hari ujian (Al-Qur’an dianggap sebagai makhluk)”.

Ujian Bahwa Al-Qur’an Dianggap Makhluk

Ujian ini terjadi setelah Al-Makmun menjabat sebagai khalifah, dan terpengaruh oleh pemikiran Mu’tazilah serta mendekatkan mereka kepadanya. Akhirnya Al-Makmun pun mengadopsi aqidah yang rusak ini, yaitu beranggapan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk.

Al-Makmun memerintahkan tentaranya untuk menangkap Imam Ahmad dan Muhammad bin Nuh agar dibawa kehadapannya. Maka kedua ulama tersebut dibawa dalam keadaan dirantai pada satu onta. Dan Muhammad bin Nuh meninggal ditengah jalan di Thursus sebelum sampai tempat Al-Makmun.

Namun, ujian bagi Imam Ahmad belum berhenti. Setelah kematian Al-Makmun, diangkat Al-Mu’tashim sebagai khalifah, dan diapun berkeyakinan menyimpang seperti bapaknya. Al-Mu’tashim minta Imam Ahmad dikeluarkan dari penjara dan dibawa kehadapannya, lalu dihadapkan untuk diskusi dengan ulama penguasa. Perdebatan ini berlangsung selama 3 hari. Imam Ahmad tetap teguh dan tegas dengan ucapannya, dan beliau rahimahullah tidak takut dengan kekerasan dari penguasa.

Al-Mu’tashim memerintahkan untuk menyiksanya, dan para tentara berulang kali menyiksa dan bergantian mencambuk Imam Ahmad, lalu mengurungnya kembali, dan ketika Imam Ahmad sadar dari pingsannya, beliau dapati daging dipunggungnya berjatuhan, tulang rusuk dan tangan beliau sudah patah.

Tidaklah aneh jika ujian yang dialami Imam Ahmad kala itu akan menimpa orang-orang sholeh dan penegak syariat hari ini yang tetap komitmen dan istiqomah dalam memegang tauhid dan dengan memegang kebenaran agama Allah, meskipun mereka dijuluki teroris dan julukan lainnya.

Sebagaimana perkataan Waroqoh bin Naufal kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, “Tidak ada seorangpun yang datang membawa seperti yang engkau dakwahkan pasti akan dimusuhi”.

Sebagaimana Imam Ahmad yang teguh dengan kebenaran, maka dilain pihak ada ulama penguasa yang membungkuk ke kursi penguasa untuk menjilatnya, dan tidak pernah sepi satu zamanpun dengan tipe penguasa dan ulama penguasa seperti ini. Mereka datang dan meminta kepada Al-Mu’tashim untuk membunuh Imam Ahmad agar bisa membungkam kebenaran yang membuat mereka tidak bisa tidur karenanya. Namun kehinaan meliputi mereka ketika mereka berkata, “Kami membunuh Imam Ahmad dan darahnya ada di leher-leher kami.”

Pertanyaannya sekarang: “Apakah agama ini akan digerogoti dan engkau masih hidup?”

Sebelum engkau menjawab pertanyaan ini, ulang terus jawaban itu pada hatimu, perhatikanlah kewajibanmu terhadap agamamu, maka engkau akan mengatakan kepadaku, apa yang mungkin bisa aku perbuat??!! Sungguh Allah T’ala telah berfirman dalam kitab-Nya yang mulia,

لا تكلف إلا نفسك و حرض المؤمنين

Tidaklah dibebankan kecuali dirimu dan doronglah kaum Mukminin untuk berperang”.

Adapun dirimu diperintahkan untuk menyampaikan kebenaran dan membela dien ini, maka hendaklah engkau tolak kedzaliman dan kerusakan dengan tanganmu. Jika engkau tidak mampu menolak dengan lisanmu dan penamu, maka jelaskan kebenaran kepada manusia dan jadikanlah mereka semua tentara dibawah panji “LAA ILAAHA ILLALLAH”. Bisa jadi penjelasanmu menjadi sebab terbukanya hidayah Allah bagi orang lain sehingga menjadi dasar prinsip generasi yang akan datang dalam membebaskan umat.

Janganlah engkau meremehkan dalam menyebarkan nasehat. Imam Ahmad disiksa dan Sayyid Quthub dihukum gantung karena sebab tulisan-tulisan dan nasehatnya kepada umat, maka janganlah engkau meremehkan nasehat. [PurWD/AbuAisyah/AkhlakMulia/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Jihad Fie Sabilillah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Latest News
Informasi dan Komunikasi Soal Vaksin Harus Tegas dan Transparan

Informasi dan Komunikasi Soal Vaksin Harus Tegas dan Transparan

Sabtu, 24 Oct 2020 18:53

China Janji Blokir Penyebar Konten Amoral, Pakistan Cabut Blokir TikTok

China Janji Blokir Penyebar Konten Amoral, Pakistan Cabut Blokir TikTok

Sabtu, 24 Oct 2020 17:11

Surat Yasin Jantungnya Al-Qur’an?

Surat Yasin Jantungnya Al-Qur’an?

Sabtu, 24 Oct 2020 17:00

Presidential Threshold sebagai Akar Masalah Kekisruan Pilpres 2019

Presidential Threshold sebagai Akar Masalah Kekisruan Pilpres 2019

Jum'at, 23 Oct 2020 23:31

Ngalor Ngidul Mahfud MD

Ngalor Ngidul Mahfud MD

Jum'at, 23 Oct 2020 23:26

KAMI Itu Gerakan Moral, Bukan Makar

KAMI Itu Gerakan Moral, Bukan Makar

Jum'at, 23 Oct 2020 23:09

Forum SATHU Soroti Kewajiban Deposit Setoran Umrah di UU Omnibus Law

Forum SATHU Soroti Kewajiban Deposit Setoran Umrah di UU Omnibus Law

Jum'at, 23 Oct 2020 22:03

Dibawah Pendudukan Armenia Masjid Bersejarah di Nagorno-Karabakh Diubah Jadi Kandang Babi

Dibawah Pendudukan Armenia Masjid Bersejarah di Nagorno-Karabakh Diubah Jadi Kandang Babi

Jum'at, 23 Oct 2020 19:45

Israel Hancurkan Desa Badui Palestina di Al-Araqeb Untuk ke-179 Kali Sejak Tahun 2000

Israel Hancurkan Desa Badui Palestina di Al-Araqeb Untuk ke-179 Kali Sejak Tahun 2000

Jum'at, 23 Oct 2020 18:45

Mendadak Kadrun: Budaya Munafik

Mendadak Kadrun: Budaya Munafik

Jum'at, 23 Oct 2020 18:24

The Times: Hamas Gunakan Pangkalan Cyber War di Turki Untuk Targetkan Musuhnya

The Times: Hamas Gunakan Pangkalan Cyber War di Turki Untuk Targetkan Musuhnya

Jum'at, 23 Oct 2020 17:35

Warga UEA Sekarang Bisa Pergi Ke Israel Tanpa Visa dan Tinggal Selama 90 Hari

Warga UEA Sekarang Bisa Pergi Ke Israel Tanpa Visa dan Tinggal Selama 90 Hari

Jum'at, 23 Oct 2020 17:15

SOHR Klaim 14 Anggota Al-Qaidah Gugur dalam Serangan Drone AS di Idlib Suriah

SOHR Klaim 14 Anggota Al-Qaidah Gugur dalam Serangan Drone AS di Idlib Suriah

Jum'at, 23 Oct 2020 16:46

Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Peneliti UNEJ: Melinjo Berpotensi Jadi Suplemen Cegah Covid

Jum'at, 23 Oct 2020 14:14

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Setahun Penuh Gaduh dan Demo yang Dirindukan

Jum'at, 23 Oct 2020 13:30

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Lima Cara Agar Generasi Bisa Berkualitas

Jum'at, 23 Oct 2020 11:55

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Antisipasi Kriminalisasi, Dai Perlu Perhatikan Basis Data hingga Peraturan Perundangan

Jum'at, 23 Oct 2020 11:32

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

5 Hal Untuk Diketahui Tentang Konflik Terakhir di Nagorno-Karabakh

Jum'at, 23 Oct 2020 11:00

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Tanggapi Hasil Survey Indikator, Anis: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah

Jum'at, 23 Oct 2020 10:56

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Vaksinasi Dipercepat November, Politisi PKS Minta Seluruh Prosesnya Transparan

Jum'at, 23 Oct 2020 10:38


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X