Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.044 views

Presiden Turki Recep Tayyeb Erdogan : Tragedi Mina, Jangan Menyalahkan Arab Saudi

ANKARA (voa-islam.com) - Traged di Mina yang mengakibatkan meninggalnya 753 orang jamaah haji, dan lebih 900 orang jamaah haji luka-luka, menimbulkan berbagai pendapat, duka-cita, simpati, dan keceman yang keras terhadap pemeritah Arab Saudi.

Sekjen PBB, Ban Kii-moon, menyampaikan duka dan bersimpati atas para korban. Begitu pula Presiden Amerika, Barack Obama menyampaikan duka kepada Raja Salman, dan Paus Fransiskus, saat berada di New York bertepatan dengan lawatannya ke Amerika, ikut menyampaikan  duka.

Perdana Inggris David Cameron, ikut menyampaikan duka. Pemimpin Afrika Selatan dan sejumlah pemimipin dunia lainnya, juga menyampaikan pernyataan bela sungkawa kepada Raja Salman. Tapi, tidak sedikit yang mengecam dan menuduh pemerintah Arab Saudi tidak dapat melindungi keselamatan para jamaah haji.

Dibagian lain, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan sangat tidak benar menyalahkan Arab Saudi dalam tragedi desak-desakan di Jembatan Jamarat. "Saya tidak bisa mengatakan Arab Saudi salah," ujar Erdogan kepada wartawan.

"Selama haji dan umrah, saya berpartisipasi mengamati dari dekat. Saya tahu tingkat kepekaan petugas dan organisasi penyelenggara ibadah haji," lanjutnya.

Sedikitnya, menurut kantor berita Anadolu Agency, 753 tewas dan 900 lainnya luka-luka dalam tragedi itu. Korban tewas terbanyak adalah jamaah asal Iran, dengan 131. Maroko di tempat kedua dengan 89 jamaah.

Media Iran Menuduh Keluarga Kerajaan Penyebab Musibah?

Sejumlah media Iran, mengutip sumber tak jelas memberitakan bencana terjadi karena aparat keamanan Arab Saudi menutup salah satu jalur, untuk memberi ruang bagi keluarga Kerajaan Arab Saudi mencapai lokasi lempar jumrah.

Arab Saudi sejauh ini belum menanggapi pemberitaan sulit dikonfirmasi itu. Yang pasti, ada jalur khusus di bawah tanah untuk keluarga Kerajaan Arab Saudi dan orang-orang penting mancanegara yang menunaikan ibadah haji. Sangat tidak mungkin keluarga Kerajaan Arab Saudi melewati Jalan 204, atau jalur lainnya, untuk sampai ke lokasi jumrah.

Pers Iran juga menggelembungkan jumlah korban. PressTV melaporkan jumlah korban mencapai lebih 2.000. Namun, tidak ada konfirmasi dari pejabat Arab Saudi. Sejauh ini, pers Arab Saudi dan negara-negara Teluk juga tidak berusaha membantah berita itu.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Khaled Al-Falih mengatakan penyebab bencana adalah jamaah tidak menghormati instruksi. Jamaah tidak boleh datang dan pulang ke lokasi melempar jumrah di jalur yang sama.

Dibagian lain, DR.Shaleh Abu Thalib, dalam  khutbah Jum'at, menyindir Iran yang berpura-pura meratap atas terjadinya musibah di Mina, dan bahkan pemimpin tertinggi umat Syiah Iran, Ayatullah Ali Khamenei,  mengecam keras atas terjadinya tragedi di MIna.

Namun, berbagai kemungkinan bisa terjadi, termasuk skenario yang memang diciptakan Iran membuat kekacauan di Mina. Dengan mengorbankan jamaahnya. Tujuannya untuk membuat kekacauat saat berlansugnya ibadah haji.

Arab Saudi dan Iran terlibat berbagai masalah regional, seperti perang di Suriah dan Yaman. Iran juga pernah membuat kekacauan, melangsugnkan demonstrasi di Makkah, dan menimbulkan banyak korban, usai revolusi. (sasa/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X