Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
33.763 views

Jangan Kriminalisasi Institusi Warisan Nabi!

 

Oleh: Hana Annisa Afriliani, S.S
(Aktivis Dakwah, Penulis Buku, dan Editor)

Narasi radikalisme tak pernah sepi disuarakan ke telinga umat. Tak luput pula narasi tersebut disandingkan dengan institusi Nabi bernama Khilafah, yang kemudian disebut sebagai ideologi Ormas tertentu yang dicap radikal. Demikianlah tudingan miring terhadap Khilafah terus digaungkan, sehingga masyarakat awam terjangkiti islamofobia, bahkan membatasi diri dengan kegiatan-kegiatan pengajian yang terindikasi menyampaikan ajaran Khilafah. Bahkan beberapa waktu lalu, muncul rilis nama-nama penceramah yang terkategori radikal dan layak diwaspadai, tersebar luas di media sosial. Parahnya, salah satu indikator yang menjadikan mereka dilabeli radikal adalah menyerukan Khilafah dalam ceramahnya. Sungguh memprihatinkan!

Demikianlah dahsyatnya stigma negatif yang dibangun tentang Khilafah. Menjadikan islamofobia di tengah umat terus bertumbuh. Akhirnya pengemban dakwah yang menyuarakan Khilafah dikriminalisasi bahkan dipersekusi. Menteri Agama pun membuat regulasi yang sangat berpotensi memecah belah umat Islam, yakni sertifikasi ulama. Seolah para ulama akan terkotak-kotakan menjadi ulama pelat merah dan ulama pelat hitam.

Ulama yang mendapat sertifikat tentu saja yang lolos seleksi sesuai standar penguasa. Dan standar tersebut tidak jauh dari proyek moderasi beragama, yakni wajib menempatkan ajaran Islam dengan penuh toleransi terhadap nilai-nilai Barat, tidak anti-Pancasila, dan menjunjung tinggi NKRI. 

Perjuangan Institusi Ini Bukan Ideologi

Sejatinya tudingan bahwa Khilafah adalah ideologi merupakan kesalahan fatal yang perlu diluruskan. Khilafah bukanlah ideologi, melainkan ajaran Islam. Khilafah merupakan institusi warisan Rasulullah saw. Sedangkan Rasulullah adalah suri teladan bagi umat manusia. Segala perkataan, amalnya, bahkan diamnya bersumber dari wahyu.

Allah Swt berfirman:
“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” (QS Al-Ahzab : 21)

Salah satu wasiat Rasulullah saw menjelang wafatnya adalah,  "Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya." (Hadits Shahih Lighairihi, H.R. Malik; al-Hakim, al-Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm. Dishahihkan oleh Syaikh Salim al-Hilali di dalam At Ta’zhim wal Minnah fil Intisharis Sunnah, hlm. 12-13).

Hadis tersebut menunjukkan bahwa Al-Qur'an dan As-Sunnah akan membawa keselamatan kepada kita, selama kita berpegang teguh kepada keduanya. Adapun berpegang teguh pada keduanya tak  hanya mampu dilaksanakan dalam skala individu saja, melainkan juga butuh peran negara untuk mengimplementasikan syariat Islam secara kaffah sebagaimana yang termaktub di dalam Al-Qur'an.

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara kaffah (keseluruhan) dan janganlah ikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu." (TQS.Al-Baqarah: 208)

Oleh karena itulah, Rasulullah saw menegakkan daulah Islam di Madinah. Di bawah naungannyalah, syariat Islam diberlakukan kepada seluruh rakyatnya. Dengan pengaturan berlandaskan pada Al-Qur'an dan As-Sunnah, Daulah Islam mampu menjalankan fungsinya sebagai pemelihara urusan rakyat secara adil dan mampu menciptakan kesejahteraan yang merata, baik kepada muslim maupun nonmuslim. Lebih daripada itu, Daulah Islam mampu menciptakan suasana kehidupan yang diliputi ketakwaan kepada Allah Sang Pencipta Semesta.

Sementara itu, pasca wafatnya Rasulullah, ada banyak para Khalifah. Sedangkan institusinya disebut Khilafah yang artinya pengganti. Khilafah sering juga disebut imamah. Para Sahabat Rasulullah saw, yakni para Khulafaur Rasyidin adalah para Khalifah yang menjalankan roda pemerintahan di bawah naungan institusi Khilafah.

Setelah masa itu, hadir para Khalifah lainnya yang dibaiat oleh kaum muslimin untuk menjalankan syariat Islam secara kaffah, mulai dari masa Kekhilafahan Bani Umayah, Bani Abassiyah, hingga Bani Utsmaniyah yang beribu kota di Istambul, Turki. Selama kurun 1300 tahun itulah, umat Islam memiliki kekuatan karena adanya junnah (perisai). Keberadaan umat Islam begitu disegani di segala penjuru negeri, karena memiliki institusi yang memancarkan keagungan dan kekuatan ke seluruh dunia.

Dengan demikian, keberadaan institusi Islam, yakni Khilafah, wajib adanya. Karena hanya dengan Khilafahlah, syariat Islam secara kaffah dapat diterapkan secara sempurna. Jelaslah bahwa Khilafah merupakan ajaran Islam, bukan ideologi Ormas tertentu sebagaimana yang dituduhkan.

Kriminalisasi Institusi Nabi Bagian dari Proyek Global

Upaya mengkriminalisasi Khilafah merupakan bagian dari proyek global mengadang kebangkitan Islam. Sebagaimana diketahui bahwasannya Barat memiliki agenda besar 'war on terorism' yang kemudian menjelma menjadi 'war on radikalism'. Agenda ini kemudian menjadikan proyek moderasi beragama yang dimasifkan ke tengah umat, satu wujudnya adalah menstigmanegatifkan ajaran Islam, seperti Khilafah dan jihad.

Oleh karena itu, umat harus waspada terhadap proyek moderasi beragama ini, karena akan memelintir kebenaran dan menjauhkan umat dari pemahaman Islam yang kaffah. Umat digiring untuk berislam ala Barat, yakni ramah terhadap nilai-nilai liberal dan mendistorsi Islam sebatas ibadah ritual semata. Jadi, umat Islam harus memiliki prinsip yang kokoh sebagai muslim. Jangan mudah terbawa arus yang sengaja dicipatakan Barat untuk memecah belah dan membendung kebangkitan Islam. Bagaimana pun, Khilafah adalah institusi warisan Nabi, layak diperjuangkan sampai mati. Wallahu'alam bis shawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X