Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.050 views

Syaikh Umar Abdurrahman: Ulama Mujahid yang Disandera Amerika

VOA-ISLAM.COM - Syaikh Usamah bin Ladin -rahimahullah- di akhir kitab Taujihat Manhajiyah menyampaikan sebuah doa agar Allah Ta’ala membebaskan kaum muslimin yang saat itu ditawan di penjara-penjara thaghut Amerika Serikat. Salah satu doa tersebut diantaranya beliau tujukan untuk Syaikh Umar Abdurrahman.

ونسأل الله سبحانه وتعالى أن يفك أسرانا من يد الأميركيين وعملائهم وعلى رأسهم الشيخان؛ عمر عبد الرحمن، وسعيد بن زعير وإخواننا في "جوانتانامو"، وأن يثبت المجاهدين في فلسطين وينصرهم وباقي بلاد الإسلام، وأن ينصرنا على عدونا

“Dan kami memohon kepada Allah Ta’ala agar membebaskan saudara-saudara kita yang ditawan orang-orang Amerika dan antek-anteknya, terutama Syaikh Umar bin Abdur Rohman  dan Syaikh Sa’id bin Za’ir serta saudara-saudara kami di Guantanamo dan agar memperkokoh para mujahidin di Palestina dan menolongnya dan juga di negeri-negeri Islam yang lain, semoga Allah memenangkan kita atas musuh-musuh kita.”

Begitu pula salah seorang diantara sembilan belas pahlawan yang berhasil melakukan serangan di New York dan Washington pada hari selasa 11 September 2001 M, As Syahid (insya Allah) Ibnu Jarroh al Ghomidy Ahmad al Haznawy, menyebut-nyebut nama Syaikh Umar Abdurrahman dalam wasiatnya sebelum penyerangan yang penuh berkah 9/11.

أخواننا بل ومشايخنا ما زالوا في معتقلات الدول الكافرة وكل يوم نسمع بأن دول الكفر تأسر مجموعة من أخواننا وأبنائنا ويتعين الجهاد لفك أسرهم وأنتم أيها العلماء تقولون هذا وتقرونه فكم من السنوات مضت فكم من السنوات مضت وشيخنا عمر ابن عبد الرحمن – فك الله أسره – لا يزال في سجون أمريكا ومعتقلاتها وهو مثال وغيره كثير ومع ذلك ما سمعنا منكم من نادى حي على الجهاد

“Saudara, ulama-ulama kita masih ditahan oleh negara-negara kafir dan setiap hari kita dengar negara-negara kafir itu menangkapi saudara-saudara kita dan anak-anak kita, sedang membebaskan mereka adalah fardhu ‘ain. Dan kamu wahai ulama telah mengatakan hal ini dan menyepakatinya, maka sudah berapa tahun berlalu? Sedang Syaikh kita Umar Abdurrahman –semoga Allah membebaskannya- masih ditahan di penjara Amerika, itu hanya contoh dan masih banyak lagi ulama-ulama kita yang senasib, akan tetapi kami tidak mendengar panggilan jihad darimu (ulama).”

Lantas siapakah sosok Syaikh Umar Abdurrahman yang disebut-sebut itu? Sebagian kaum muslimin yang mencermati dunia pergerakan Islam tentu tak asing lagi mendengarnya karena beliau adalah pimpinan Jamaah Islamiyah Mesir. Namun agar sosok beliau lebih dikenal umat, kami sajikan sekelumit biografi beliau yang dikutip dari catatan kaki kitab Taujihat Manhajiyah jilid II yang ditulis oleh Syaikh Usamah bin Ladin -rahimahullah-.

Syaikh Mujahid Umar bin Abdur Rohman dilahirkan di Al Jamaliyah Mesir pada tahun 1938 M. Beliau buta setelah berumur 10 tahun dan beliau telah hafal Al Qur’an pada umur 11 tahun, lalu beliau melanjutkan ke ma’had di Dimyath, beliau belajar di sana selama 4 tahun dan mendapatkan ijazah sekolah dasar Al Azhar.

Lalu beliau melanjutkan ke ma’had Al Manshuroh sampai beliau mendapatkan ijazah Tsanawiyah (setingkat SMU) pada tahun 1960. Beliau melanjutkan kuliah di fakultas Ushulud Din di (Al Azhar) Kairo dan beliau belajar sampai lulus pada tahun 1965, dengan nilai Summa Comlaude.

Kemudian beliau diangkat sebagai imam oleh kementrian wakaf di sebuah desa di Al Fuyum, kemudian beliau mendapatkan gelar MA. Beliau bekerja sebagai seorang asisten dosen di kuliah tersebut dengan terus berkhutbah secara sukarela (tanpa digaji), hingga beliau diberhentikan dari pekerjaan beliau di kuliah tersebut pada tahun 1969.

Pada akhir tahun yang sama beliau di bebaskan dari hukuman, akan tetapi beliau di pindahkan dari universitas tersebut, yang sebelumnya sebagai asisten dosen di universitas tersebut ke kantor administrasi Al Azhar dengan tanpa pekerjaan.

Tekanan itu belanjut sampai beliau di penjara pada 13/9/1970, setelah kematian musuh Allah Jamal ‘Abdun Nashir pada bulan sebtember tahun 1970, karena beliau ketika itu berdiri di atas mimbar dan beliau mengatakan tidak boleh menyolatkannya. Beliau dipenjara selama 8 bulan dan beliau bebas pada tanggal 10/6/1971.

Meskipun beliau mendapat tekanan setelah keluar penjara, namun hal itu tidak menghalangi beliau untuk meneruskan belajar. Sampai akhirnya beliau meraih gelar Doktor, dengan desertasi yang berjudul Mauqiful Qur-aan Min Khushuumihi Kamaa Tushowwiruhu Suurotut Taubah (Kedudukan Al-Qur'an Dari Musuh-Musuhnya Sebagaiman Yang Tergambar Dalam Surat At-Taubah) dan beliau meraih Risalah ‘Alamiyah dengan nilai Summa Comlaude, namun beliau dilarang untuk diwisuda.

Larangan itu terus berlanjut sampai musim panas tahun 1973. Pada waktu itu beliau dipanggil oleh universitas dan diberitahu bahwa ada lowongan kerja di perkuliahan wanita dan Ushulud Din, namun beliau memilih di Asyuth dan tinggal di sana 4 tahun sampai pada tahun 1977, kemudian beliau dipinjamkan ke kuliah wanita di Riyadl sampai tahun 1980, kemudian beliau kembali ke Mesir.

Pada bulan September 1981 beliau ditangkap, lalu beliau berhasil meloloskan diri sampai beliau tertangkap lagi pada bulan Oktober 1981 dan beliau diadili untuk perkara pembunuhan (Anwar) Sadat di depan pengadilan militer dan pengadilan keamanan tertinggi negara.

Beliau bebas pada dua perkara tersebut dan keluar dari tahanan pada tanggal 2/10/1984. Beliau terus hidup dalam kondisi seperti ini, antara tekanan, pengusiran dan penjara. Beliau bersabar di atas pengorbanan, dakwah, ta’lim dan jihad.

Beliau memberi nasihat kepada umat dan mengobarkan semangat para pemuda untuk menempuh jalan tauhid dan besi (jihad), sampai akhirnya perjalanan beliau berakhir di penjara Amerika, sejak tahun 1993, setelah beliau mendapat 4 tuduhan; Pertama, berkonspirasi dan memprovokasi untuk menggulingkan pemerintah Amerika serikat. Kedua, berkonspirasi dan memprovokasi untuk membunuh Husni Mubarak. Ketiga, berkonspirasi untuk meledakkan pangkalan-pangkalan militer. Keempat,  berkonspirasi dan merencanakan untuk mengadakan perang kota melawan Amerika Serikat.

Dan beliau -semoga Alloh  membebaskannya- tetap bersabar dan ikhlas, semoga Alloh Ta’ala membalas beliau dengan Firdaus yang tertinggi karena kesabaran dan jihad beliau. [Ahmed Widad/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Mujahid Profile lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X