Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
34.535 views

Mengapa Pengidap Diabetes Tiba-tiba Alami Kebutaan?

Oleh:dr. Marfuatus S

Bagi Anda penderita penyakit diabetes, kunjungan rutin ke dokter mata adalah saran kami karena menghindari ujian penting untuk masalah mata. Penelitian menunjukkan bahwa Darah tinggi gula (glukosa) meningkatkan resiko diabetes masalah mata. Bahkan, diabetes adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa usia 20-74.

Kami sarankan juga bagi Anda yang memiliki masalah mata dan menderita diabetes, janganlah membeli sepasang kacamata baru bila Anda menyadari Anda memiliki penglihatan kabur.Kenapa? karena sesungguhnya hal ini disebabkan oleh berkembang dengan cepatnya diabetes Anda dan disebabkan oleh tingginya kadar gula darah Anda.

Dan perlu diketahui pula, bahwa Gula darah tinggi pada diabetes menyebabkan lensa mata membengkak, yang mengubah kemampuan mata Anda untuk melihat.

Untuk menghadapi masalah mata semacam ini, Anda perlu mendapatkan informasi tentang gula darah Anda dan memastikan ke target rentang (90-130 miligram per desiliter atau mg/dL sebelum makan, dan kurang dari 180 mg / dL satu sampai dua jam setelah makan).

Mungkin hal ini akan memakan waktu selama tiga bulan setelah gula darah Anda terkontrol dengan baik sehingga Anda untuk sepenuhnya kembali normal. Penglihatan kabur juga merupakan gejala awal dari masalah mata yang lebih serius ketimbang diabetes. Tiga masalah mata besar bahwa orang dengan diabetes dapat mengembangkan dan harus menyadari adalah katarak, glaukoma, dan retinopati.

Katarak dan Diabetes

Katarak adalah suatu kondisi mengaburnya atau pengasapan dari lensa mata yang biasanya jelas . Lensa memungkinkan kita untuk melihat dan fokus pada gambar seperti kamera. Memang semua orang bisa mendapatkan katarak, namun pada penderita diabetes bisa mendapatkan masalah mata ini pada usia yang lebih muda daripada yang lain dan dalam kondisi berkembang yang lebih cepat dibandingkan orang tanpa diabetes.

Jika Anda memiliki katarak dengan diabetes, mata Anda tidak dapat mengatur fokus cahaya dan visi Anda terganggu. Gejala pada masalah mata ini penderita diabetes ini termasuk penglihatan kabur atau mata melotot keluar.

Jika gejala ini terjadi biasanya dilakukan Perawatan melalui pembedahan yang diikuti dengan penempatan dari sebuah lensa implan, dengan kacamata atau lensa kontak yang diperlukan untuk lebih lanjut visi penglihatan yang benar.

Gambar Katarak pada Mata


Diabetic Glaukoma

Ketika cairan mata tidak mengalir dengan baik dari penumpukan tekanan yang diterima oleh mata, maka hal ini akan menjadikan masalah mata lain yang juga berhubungan dengan diabetes, gejala ini disebut dengan glaukoma. Perlu diperhatikan bahwa tekanan kerusakan saraf dan pembuluh darah di mata bisa menyebabkan perubahan dalam penglihatan Anda.

Dalam bentuk yang paling umum, glaukoma mungkin tidak disertai dengan gejala yang bermasalah sama sekali, sampai penyakit ini perubahannya sangat cepat sehingga menyebabkan kehilangan penglihatan yang signifikan. Dalam bentuk yang kurang umum glukomai disertai gejala awal yang menyebabkan sakit kepala, nyeri atau sakit mata, penglihatan kabur, mata berair, lingkaran cahaya di sekitar lampu, dan kehilangan penglihatan.

Pada penderita diabetes, pengobatan mata ini bisa dilakukan dengan tetes mata khusus, dengan penggunaan laser, obat-obatan, hingga operasi.Kami sarankan pada penderita diabetes untuk mencegah penyakit mata serius ini dengan melakukan pemeriksaan glaukoma tahunan pada dokter mata Anda.

Diabetic Retinopathy

Retina adalah sekelompok sel-sel khusus yang mengkonversi cahaya saat memasuki olah lensa ke gambar. Selanjutnya saraf mata atau saraf optik mentransmisikan informasi visual ke otak.

Diabetes retinopathy merupakan salah satu vaskular (pembuluh darah yang berhubungan) komplikasi yang berhubungan dengan diabetes. Masalah mata pada penderita Diabetes ini diakibatkan kerusakan pembuluh darah kecil dan disebut sebagai "mikrovaskuler komplikasi." Penyakit ginjal dan kerusakan saraf akibat diabetes juga disebabkan oleh rusaknya mikrovaskuler komplikasi. Kerusakan pembuluh darah besar (juga disebut macrovascular komplikasi) meliputi komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Dalam berbagai penelitian, Komplikasi yang disebabkan oleh rusaknya mikrovaskuler terbukti berkaitan dengan kadar gula darah tinggi. Sehingga Kami sarankan bagi anda penderita diabetes komplikasi agar Anda mengurangi resiko pada masalah mata ini dengan meningkatkan pengendalian gula darah Anda.

Retinopathy diabetes adalah penyebab utama kebutaan ireversibel di negara-negara industri. Durasi diabetes adalah risiko terpenting untuk mengembangkan retinopathy. Jadi semakin lama Anda memiliki diabetes, semakin besar risiko masalah mata yang sangat serius ini. Jika gejala ini tidak ditemukan retinopati awal atau tidak diobati maka ini akan menyebabkan kebutaan.

Pada Orang dengan diabetes tipe 1 jarang mengembangkan retinopathy sebelum mengalami pubertas. Pada orang dewasa dengan diabetes tipe 1, itu juga jarang ditemukan retinopati sebelum lima tahun lamanya mengidap diabetes. Risiko kerusakan retina meningkat dengan durasi yang sangat cepat pada penderita diabetes.

Kami sarankan agar anda intensif dalam mengkontrol kadar gula darah anda karena hal ini akan mengurangi risiko retinopati Anda berkembang. DCCT, sebuah kelompok studi terhadap orang pengidap diabetes tipe 1 menunjukkan bahwa penderita diabetes yang mencapai kontrol ketat gula darah adalah mereka yang secara baik mengontrol darah mereka dengan memompa insulin atau beberapa suntikan insulin setiap hari. Hal ini bisa mengakibatkan 50% -75% lebih kecil untuk mengembangkan retinopati, nefropati ( penyakit ginjal), atau kerusakan saraf (semua mikrovaskuler komplikasi).

Orang dengan diabetes tipe 2 biasanya memiliki tanda-tanda masalah mata ketika didiagnosa diabetes. Dalam kasus ini, kontrol gula darah, tekanan darah, dan kolesterol darah dengan diabetes memiliki peran penting dalam memperlambat perkembangan retinopati dan masalah mata lainnya.

Jenis Retinopathy pada penderita Diabetes:

- Retinopathy tingkat awal. Kadang-kadang ada kerusakan pembuluh darah, tetapi tidak ada masalah visi penglihatan. Ini disebut retinopathy tingkat awal. Bagi Anda penderita Diabetes Kami sarankan agar sangat berhati-hati dalam mengendalikan diabetes Anda pada tahap ini sebagai tahap pencegahan retinopati tingkat awal berkembang menjadi penyakit mata yang lebih serius.

- Maculopathy. Dalam penyakit maculopathy, terjadi karena perkembangan kerusakan di daerah kritis yang disebut makula. Karena ini terjadi di daerah yang sangat penting untuk visi penglihatan, gangguan mata jenis ini dapat secara signifikan mengurangi masalah visi penglihatan.

- Proliferatif retinopati. Gejala awal penyakit ini adalah pembuluh darah mulai tumbuh di bagian belakang mata. Karena mikrovaskuler retinopathy adalah komplikasi diabetes, penyakit pembuluh darah kecil. Retinopati jenis ini berkembang karena semakin kurangnya oksigen ke mata dari penyakit vaskular.mata yang menipis dan tersumbat akan mulai mengubah bentuk.

Gambar Mata pada Diabetic Retinopathy

Di sini, Kami menyarankan untuk mengatasi faktor-faktor risiko yang dapat memperburuk pembuluh darah tersumbat. Berhenti merokok, mengontrol tekanan darah tinggi, Manajemen kolesterol. Pengendalian gula darah dapat dilakukan untuk menghentikan perkembangan pembentukan pembuluh darah baru ke dalam orbit mata. Ini adalah kapal yang rapuh bisa mengalami perdarahan dan akhirnya menyebabkan gumpalan terbentuk dalam orbit, dan luka dapat menyebabkan detasemen retina. Ini akhirnya menyebabkan kehilangan penglihatan karena dibalikkan.

Pengobatan pada diabetes retinopathy sangat mungkin melibatkan penggunaan prosedur laser atau pembedahan. Dalam sebuah studi tentang penderita diabetes dengan retinopathy dini, terapi laser dapat menghasilkan 50% pengurangan kebutaan.


Untuk mencegah retinopati diabetes, konsultasi ke dokter dan memiliki gambar layar mata Anda setiap tahun adalah Kami sarankan. Wanita dengan diabetes yang kemudian menjadi hamil harus memeriksa mata secara komprehensif selama trimester pertama dan menindaklanjuti dengan dokter mata selama sisa kehamilan mereka untuk menghindari masalah mata serius dengan diabetes. (Rekomendasi ini tidak berlaku untuk perempuan yang mengembangkan gestational diabetes, karena mereka tidak berisiko untuk retinopathy.) (MDw/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X