Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
42.681 views

R4BIA Menjadi Simbol Perjuangan Muslimah Dunia

Istambul (voa-islam.com) Situs multibahasa bernama "R4BIA" yang menjadi simbol perjuangan gerakan rakyat anti kudeta militer, merupakan simbol yang paling cepat menyebar di seluruh dunia. Website yang lahir bersamaan dengan penggulingan Presiden Mohamad Mursi itu, diberi nama dengan : www.r4bia.com

Ia lahir di Rabia al-Adawiya Square, sekarang titik fokus dari perlawanan terhadap kudeta militer yang terjadi di Mesir pada 3 Juli, yang mengakibatkan penggulingan militer MohamAd MUrsi yang terpilih sebagai presiden.

Logo untuk mendaftar, menampilkan empat jari hitam pada latar belakang kuning, telah mencapai visibilitas online substansial. Jutaan orang di seluruh dunia Muslim dari Malaysia ke Maroko mulai menggunakannya sebagai gambar avatar pada profil media sosial mereka.

Sekarang tanda situs yaitu, www.r4abia.com, yang menampilkan informasi tentang bagaimana lahirnya situs dan apa dan apa artinya.

Website ini tampil dalam multibahasa, seperti bahasa Inggris, Arab dan Turki, juga berisi foto dan konten video, termasuk klip yang menunjukkan surat yang ditulis oleh senior yang pemimpin Ikhwanul Muslimin Mohamed Beltagy untuk almarhumah putrinya Asma, yang menjadi syuhada di Rabia al-Adawiya setelah ditembak oleh penembak jitu saat  berlangsung protes yang menentang kudeta.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan telah memberikan respon emosional yang kuat untuk versi Turki klip dengan tetesan air mata selama program TV disiarkan pekan lalu. Erdogan menangis mendengar saat dibacakan surat pemimpin Ikhwanul Muslimin Mohamad Beltagy, yang putrinya, Asmaa, tewas tanpa dia dapat melihat jenazahnya.

Tanda Kelahiran

Website menyambut para tamu dengan bagian dari artikel utamanya, berjudul Tidak menjelaskan asal tanda sebagai berikut "Bagaimana R4BIA muncul?": "Pemilik tanda ini tewas di Rabia al-Adawiya Square, oleh kudeta militer yang berlangsung di Mesir pada tanggal 3 Juli 2013.

"Orang-orang Mesir, yang ingin merebut kembali kepercayaan mereka, kebebasan, masa depan dan penilaian mereka bagi presiden terpilih pertama di Mesir Mohamad Mursi, melancarkan perlawanan kolektif belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah dunia, pada 28 Juni di Rabia al-Adawiya Square.

"Di sanalah mereka membuat tanda untuk pertama kalinya dengan menaikkan keempat jari mereka. Ini tidak pernah terjadi sebelumnya, dan siapa yang menemukan tanda atau yang datang dengan ide untuk itu."

Artikel itu mengatakan mereka yang menggunakan tanda empat jari itu, sejatinya yang pertama kalinya, dan kemudian akhirnya dibunuh selama intervensi militer. Ditanya tentang makna tanda, para pengunjuk rasa di Lapangan Adawiya yang dikutip mengatakan, "" Ini adalah 'Rabia,.

Tanda 'Rabia' berarti empat atau keempat dalam bahasa Arab. Nama persegi ini berasal dari Rabia al- Adawiya, seorang wanita sholihah diberkati di antara hamba-hamba Allah yang saleh. Dia menerima nama Rabia, karena dia adalah anak yang keempat dalam keluarga. Kami menggunakan tanda untuk menghargai warisannya.

"Alasan kedua mengapa tanda ini memiliki makna penting adalah kenyataan bahwa Mohamad Mursi adalah presiden keempat Mesir setelah Gamal Abdel Nasser, Anwar Sadat dan Hosni Mubarak. Kami membuat tanda untuk mengingatkan rakyat dan Muslim tentang statusnya sebagai presidenan.

"Selain itu, orang-orang yang berkumpul di Tahrir Square untuk mendukung kudeta militer lebih memilih tanda V dibuat dengan dua jari. Kita tidak sama dengan para pendukung Kudeta. Kami menggunakan dan menyebarkan tanda Rabia untuk membedakan diri dari mereka. "

Mengapa Warna Hitam dan Kuning?

Bagian mengenai asal usul tanda juga memberikan informasi tentang bagaimana sangat populer logo hitam-kuning muncul.

"Di antara berbagai logo yang dirancang untuk mewakili tanda Rabia, satu tangan dengan warna  hitam, dan warna kuning pada latar belakang dapat tertangkap lebih cepat daripada yang lain. Orang-orang mulai menggunakannya di mana-mana.

"Yang perlu diperhatikan tentang desain bahwa pencipta logo dikatakan telah menggunakan warna kuning mengacu pada kubah emas Masjid Sakhra Qubbatus di Yerusalem, yang menjadi kiblat pertama bagi Muslim, dan warna hitam untuk menandai kain hitam yang menutupi Ka'bah. "

Website menjadi milik dan tanda Muslim seluruh dunia yang menolak kekejaman militer dan tanda kebebasan dan perjuangan.

Rabia al-Adawiyah adalah simbol kebangkitan, yang lahir dari peristiwa yang sangat menggugah hati, dan  dipicu terjadinya pembantaian massal, penindasan, penindasan terhadap hak-hak politik, ekonomi dan budaya - baik di Barat dan Timur - yang menargetkan Islam dan Muslim.

"Konsep-konsep Barat seperti demokrasi, hak asasi manusia, kebebasan, kesetaraan dan hak untuk hidup, sering bersifat standar ganda, dan benar-benar runtuh di Palestina, Suriah, Bosnia dan terakhir di Mesir. Dengan semangat tanda Rabia, ini dan konsep yang sejenis akan ditafsirkan berdasarkan prinsip-prinsip Islam. "

Pada halaman lain dari situs web, pertanyaan "Apa itu R4BIA?" dijawab dengan mengacu pada sejumlah konsep dan definisi:

"R4BIA adalah simbol kebebasan,

R4BIA adalah lahirnya sebuah gerakan baru untuk kebebasan dan keadilan,

R4BIA adalah lahirnya dunia baru,

R4BIA adalah kembalinya umat Islam ke panggung dunia,

R4BIA berarti keadilan, kebebasan dan hati nurani,

R4BIA adalah tempat di mana nilai-nilai yang disebut Barat runtuh,

R4BIA berarti para pahlawan Mesir yang menjadi bebas dengan mati "

Sebuah aspek penting dari situs "www.r4bia.com" adalah kurangnya informasi yang lebih luas tentang peristiwa yang  terjadi di dalam dunia Islam, khususnya di Mesir, dan negara lainnya yang mengalami nasib yang sama. Semoga. ratna m/depok/wb.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X