Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
24.242 views

Jilbab, Sejarah Yang Belum Pernah Terjadi Pada Parlemen Turki

Istambul (voa-islam.com) Jangan bermimpi sepuluh tahun lalu, dapat melihat anggota parlemen Turki menggunakan hijab (jilbab). Turki sejak berdirinya Republik yang menggantikan Khilafah Otsmani itu, tak  pernah mentolelir semua yang berbentuk atau berbau Islam.

Sejak Khilafah Otsmaniyah dihancurkan oleh Jendral Kemal At-Turk, yang dikenal dengan "Young At-turk" itu, sejak tahun 1924, menghancurkan segala yang berbentuk dan berbau Islam. Kekhilalahan diganti dengan republik. Bahasa Arab diganti dengan bahasa Turki.

Semua ulama dibuang keluar negeri, dan tidak boleh kembali ke Turki. Banyak yang meninggal di luar negeri, dan tidak boleh mengajarkan Islam di negeri itu. Hukum Islam diganti dengan hukum sekuler, buatan Eropa. Agama Islam dijauhkan dari semua institusi negara. 

Selebihnya, militer memiliki kekuasaan berdasarkan konstitusi yang ada di Turki, dapat membubarkan partai politik, dan pemerintahan yang akan berusaha membelokkan Turki kepada sistem dan prinsip Islam. Itu sepuluh tahun lalu.

Sekarang Turki sudah lain. Sekalipun, konstitusi tetap sekuler, tetapi negeri berada di tangan para  pemimpin yang memiliki komitmen kepada nilai dan prinsip Islam. Sehingga, sejak Turki dibawah Partai AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) yang dipimpin Perdana Menteri Recep Tayyeb Erdogan, sekalipun Turki tetap sekuler, sekarang mengadopsi nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam.

Sepertinya belum lama ini terjadi, di mana dikalangan mahasiswi, pegawai pemerintah, dan bahkan anggota parlemen Turki diizinkan menggunakan hijab masuk di perlemen.

Selanjutnya, dalam sebuah pertemuan parlemen Turki, Presiden Turki Abdullah Gul, menyatkan  berterima kasih kepada anggota  parlemen Turki, yang digambarkan sebagai kehancuran segala yang lama ditabukan oleh negara itu. Seperti empat anggota parlemen mengikuti sidang parelemen dengan menggunakan hijab.

"Seperti yang anda lihat, semua orang menjadi bahagia. Saya ingin berterima kasih kepada semua pihak yang memberikan kontribusi terjadinya kehidpan yang normali ini, " kata Gul kepada wartawan sebelum berangkat ke Edinburgh menghadiri pertemuan  Forum Turki - Inggris .

Parlemen Turki bertahap membolehkan anggota perlemen menggunakan hijab, dan ini membuat kita semua menjadi berbahagia", ujar Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan, usai shalat Jumat.

Erdogan mengatakan, tidak ada yang berhak  mencegah hak-hak yang diberikan oleh negara, dan ia menambahkan , " Saya mengevaluasi proses penggunaan hijab bagi wanita, sebagai salah satu langkah normalisasi yang paling penting bagi proses demokratisasi Turki", tegas Erdogan.

Erdogan, berharap suasana yang sama di masa depan Parlemen Turki, Erdogan menekankan , " Jika Parlemen Turki akan mempertahankan proses yang sama atas hak dasar dan kebebasan, proses demokratisasi , dan kepentingan masa depan bangsa, tidak ada halangan Turki tidak bisa diatasi", tambahnya.

Kedatangan empat anggota parlemen dalam sidang yang menggunakan hijab itu, Sevde Beyazit, Gulay Samanci, Nurcan Darbulak dan Gonul Bekin Sahkulubey, semua anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan ( AK ) yang dipimpin Erdogan, dan ini peristiwa baru sesudah empat belas tahun. Jilbab sekarang diperbolehkan di semua jabatan publik kecuali dalam peradilan dan militer.

Mantan anggota parlemen Turki,  Merve Kavakci dipaksa meninggalkan majelis pada hari pertamanya sebagai parlemen, saat berlangsung tepuk tangan pada tanggal 2 Mei 1999. Karena Merve menggunakan hijab saat berlangsung sidang parlemen Turki.

Sekarang di Turki sudah mulai ramai Muslimah menggunakan hijab, seperti di Jakarta. Kantor, kampus, sekolah, aktivitas di kota-kota besar di Turki, sudah banyak Muslimah yang menggunakan hijab di negeri yang penduduk 89 juta jiwa, dan 99 persen Muslim.

Istana Turki dan rumah Perdana Menteri pun, sekrang diisi oleh Ibu Negara dan Ibu Perdana Menteri yang keduanya menggunakan hijab, dan ini belum pernah terjadi sejak Turki menjadi Republik, di tahun l924. Baru sekarang   ini Turki ada Ibu Negara dan Ibu Perdana Menteri yang menggunakan hijab. af/hh

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X