Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
35.233 views

Waspada Modus Penipuan Umroh 'Asal Murah' & 'Asal Berangkat'

Sahabat Voa Islam

Innlillahi wa inna ilaihi rojiun...

Sebelas jamaah umroh asal Perumnas 2 Bekasi yang juga kerabat di sekitar rumah awak redaksi Voa Islam tertipu oknum travel agent umroh. Lebih dari tiga hari terlantar di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan kemudian ketika dihubungi sang suami sudah berada di Kuala Lumpur. Sepekan tak kunjung sampai Mekkah ternyata ketika dihubungi malah terdampar di negeri jiran.

Pilihan yang ada adalah tak lain geram dan pasrah atas terlunta-luntanya jadwal keberangkatan dan terancam pulang ke tanah air. Bahkan seorang jamaah umroh telah dijemput suami ke Indonesia.

Modus operandinya adalah asal murah, tanpa memperhitungkan biaya yang semakin meningkat akibat imbas kenaikan nilai tukar dollar atas rupiah.

Jadi memang harga tak bisa dibohongi, dengan biaya pantas maka akan mendapatkan fasilitas nyaman, bebas penipuan, dan tentunya semakin khusyu beribadah di tanah suci Mekkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawarah.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika di Indonesia jamaah akan bilang asal berangkat saja dan murah, namun ketika sampai di penginapan kelas melati di Mekkah akan banyak keluhan yang timbul, seperti kasurnya tidak nyaman, ruangan tidak bersih, AC-nya berisik, kamar mandinya bau dan sebagainya.

Walhasil travel agent tidak akan khusyu membimbing beribadah umroh karena harus menerima keluhan sepanjang perjalanan akibat paket umroh asal murah saja, padahal di tanah air calon jamaah sudah bilang 'yang penting murah dan berangkat saja.."Nah ketika dihadapkan pada kondisi yang tak nyaman mereka akan menanggung akibat ketidaknyamanan tersebut dan mereka bilang tak apalah bayar lebih asal nyaman dna khusyu karena beribadah ke tanah suci adalah panggilan Allah dan momen prestisius menjadi tamu Allah.

Pantangan buat Kami, ROYAL ISLAM INDONESIA Travel Agent yang berafiliasi dengan VOA ISLAM. Adalah faktor utama dan penting kenyamanan selama beribadah, dengan sedikit menambah biaya maka akan mendapatkan pelayanan prima hotel bintang 4 di Mekkah dan Madinah, kualitas ruangan super aman dan nyaman dan yang tak kalah penting beribadah fokus dan khusyu selama 9 hari tanpa perlu menerima keluhan yang bertubi-tubi dan kami jamin keberangkatan yang lebih pasti -tentu dengan izin Allah- ke tanah suci.

Latar Belakang Penipuan Umrah

Banyak yang melatar belakangi maraknya penipuan umrah,

  1. Antrean Ibadah Haji Reguler sudah mencapai hampir 15 tahun atau bahkan di beberapa daerah lebih dari itu. Sebagian orang yang sudah mentehaui cara kerja SISKOHAT tentu akan pasang badan manakala ada seseorang yang menawarkan jasa mengajukan antrean haji (karena ini TIDAK MUNGKIN). Maka Umrahlah yang menjadi akar manakala rotan tidak didapat. berarti ini motifnya “memperdaya orang yang terburu-buru”
  2. Dari banyaknya peminat umrah ini sebagian diantara mereka tentu ingin ketika ditawari umrah dengan membayar hanya 1/3 harga atau 1/2 dari harga wajar. kita masukkan ini sebagai kategori “Motif Ekonomi” mencari yang lebih murah.

Modus yang Digunakan dalam Penipuan Umrah

Modus penipuannya yang paling banyak beredar adalah menawarkan umrah dengan hanya membayar murah 15 juta rupiah atau sekitar $ 1500 (USD).

Atau juga modus lain dengan menitipkan uang tersebut selama 3 tahun maka anda sudah dapat menjalankan ibadah umrah. Siapa yang tidak tertarik? ini adalah modus yang paling banyak beredar dengan hanya mengeluarkan biaya tak lebih dari $2000 sudah berangkat. Sedangkan harga wajar adalah US$ 1800 - $ 2000 tergantung fasilitas dan kenyamanan yang diperoleh.

Sasaran Penipuan Umrah

Umumnya masyarakat yang kurang terpelajar yang berada di daerah pedesaan dan kota kecil. Mengingat di daerahnya informasi mengenai umrah sangat terbatas, kerabat atau tetangga yang sudah menjalankan ibadah umrah pun terbatas, modus penipuan umrah di daerah seperti ini sangat marak.

Namun dikota besar seperti Jakarta dan Bekasi pun tidak luput dari target penipuan.

Pelaku Penipuan Umrah

Mahfumnya, pelakunya justru mengatakan pelaku penipuan kadang tidak paham kalau dia sedang menipu. lho kok bisa?

Karena agen umrah hanya memasarkan produk dari kantor pusat saja, setiap mendapatkan seorang jamaah umrah, otomatis dia akan mendapatkan fee sejumlah (misalkan) $ 50. padahal dia tidak tahu kalau ternyata kantor pusatnya lah yang nakal. naah, ini sekaligus himbauan bagi anda para agen, berhati-hatilah jika anda memasarkan produk macam itu.

Di ROYAL ISLAM INDONESIA kami menjamin bahkan menampung biro haji lain yang menemui masalah dengan ticket pesawat dan kenyamanan hotel karena sudah di booking selama setahun penuh, sehingga tantangannya adalah meyakinkan jamaah agar percaya dengan fasilitas ROYAL ISLAM INDONESIA karena jaringan kami setiap bulan mengantarkan 500 - 1000 orang jamaah dari seluruh Indonesia. Insya Allah terpercaya dan kami siap membantu biro travel agent kecil di daerah-daerah.

Cara Mewaspadai Penipuan Umrah

Untuk mewaspadainya saya akan berikan beberapa tips:

1. Ikuti travel umrah yang bonafide. ciri-cirinya apa? ada kantornya (bukan sekedar agent), pengurus yang aktif di dalamnya anda kenal (misalkan ustadz fulan, atau pak fulan), diberangkatkan dari daerah anda (jadi status jamaahnya bukan sebatas titipan)

2. Pastikan bukan MLM, karena kalau MLM anda tidak akan pernah tahu kepada siapa harus komplain. dan kerap downline terlalu pandai merayu padahal si upline tidak pernah menjanjikan fasilitas yang muluk-muluk

3. Harganya wajar (anda bisa membandingkan dengan travel lainnya dengan fasilitas yang sama) sekitar $ 2000

4. ada uang ada pelayanan, jadi bukannya bayar sekarang 1/2 harga tapi bayarnya 2 atau 3 tahun lagi.

SOLUSI KAMI [ROYAL ISLAM INDONESIA]

Pengalaman beribadah akan semakin sempurna karena VOA ISLAM hanya menjalankan prosesi ibadah yang sahih-sahih saja.

Apa saja tuntunan ibadah haji dan umroh yang sahih? berikut beberapa petunjuk sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW, yaitu :

1. Miqat ditempatnya sesuai sunnah

2. Tarwiyah di Mina

3. Wuquf, meninggalkan Arafah setelah matahari terbenam

4. Mabit di Mudzdalifah dan bertolak darinya sebelum matahari terbit

5. Thawaful Ifadah pada waktunya

6. Mabit di Mina pada hari-hari tasyrik

7. Thawaful Wadaa’ pada waktunya

Insya Allah dengan mengikuti aturan dan urutan sesuai sunnah Nabi Muhammad akan membuat ibadah dapat meraih Haji dan Umroh yang mabrur dan diterima oleh Allah Subhanahu Wa ta'ala...

Tentu dengan syarat yang tak kalah utama adalah kita ikhlaskan semua ibadah hanya untuk mengharap ridho dan ampunan Allah semata 

Hubungi ROYAL - VOA ISLAM TOUR

 

1) Ustadz M. Hijrah Dachlan [Jakarta]

     Hp & WhatsApp: 08 111 777 824

---------------------------------------------

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X