Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
21.010 views

Pentingnya Peran Seorang Ibu dalam Membangunan Peradaban Islam

Sahabat VOA-Islam yang Shalihah...

Nama Nusaibah Binti Ka’ab sudah tidah asing lagi ditelinga kita. Beliau adalah seorang muslimah tangguh yang merelakan dirinya untuk ikut berjuang dalam peperangan demi tegaknya Islam didunia. Beliau merelakan suaminya menjadi seorang mujahid yang rela mati di medan perang demi membela Islam. Tidak cukup sampai disitu, beliau pun sangat bersungguh-sungguh mendidik putra-putranya untuk menjadi para pejuang islam yang  berada dibarisan terdepan untuk menolong agama Allah.

Di samping ketangguhannya dalam berperang dan merelakan keluarganya untuk berjihad, ternyata beliau pun dikenal sbagai wanita yang sangat sabar dan selalu mendahulukan kepentigan oang lain. Ketika beliau mendengar kebar bahwa salah seorang putranya telah meninggal di medan perang, beliau menerimanya dengan penuh kesabaran, kerelaan dan keyakinan bahwa putranya telah mendapatkan kedudukan tinggi disisi Allah SWT. Sosok inilah yang patut kita jadikan sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Kisah di atas menggambarkan bahwa seorang muslimah yang melaksanakan syariah islam dengan penuh keyakinan dapat menjadi seorang wanita yang memiliki kepribadian yang luar biasa tangguh. Dia dapat mengoptimalkan segala kemampuan yang dia miliki sekaligus dapat menjadi seorang istri dan ibu yang baik bagi anak-anaknya. Hal ini dapat kita lihat dari kualitas putra-putra Nusaibah yang memiliki kemampuan dalam berperang serta memiliki keimanan yang kokoh kepada Allah SWT. Anak yang luar biasa ini tidak tiba-tiba saja ada, namum dibutuhkan proses pendidikan dan penanaman aqidah islam dalam diri mereka sejak kecil. Peran inilah yang dilakukan oleh Nusaibah sebagai seorang ibu dalam mendidik anak-anaknya.

Ibu merupakan sekolah pertama bagi anak-anaknya. Seorang ibu mampu melahirkan generasi-generasi yang cerdas, kuat dan shalih/salihah asalkan mendidik mereka dengan menanamkan aqidah islam sejak dini. Ibu yang memiliki keimanan kepada Allah SWT akan mencetak generasi yang memiliki keimanan kepada Allah SWT juga. Sejarah kenabian pun menegaskan hal tersebut.

Sebagai contoh, anak-anak Nabi Nuh tumbuh menjadi anak pembangkang perintah ayahnya. Sang ibu ternyata seorang pembangkang pula sehingga wajar jika anak-anaknya pun menjadi seorang pembangkag. Sebuah ungkapan kata mutiara pun  mengatakan bahwa wanita adalah tiang negara, jika wanitanya baik maka negarapun baik jika wanitanya rusak maka negarapun rusak. M. Nashih Ulwan, penulis buku pendidikan anak dalam Islam menyatakanIbu adalah sekolah yang jika engkau telah mempersiapkannya berarti engkau telah mempersiapkan suatu bangsa yang mempunyai akar-akar yang baik.

Ibu merupakan sekolah pertama bagi anak-anaknya. Seorang ibu mampu melahirkan generasi-generasi yang cerdas, kuat dan shalih/salihah asalkan mendidik mereka dengan menanamkan aqidah islam sejak dini

 

Ungkapan tersebut memang benar adanya. Wanita adalah calon ibu atau seorang ibu yang akan memberikan contoh pada anak-anaknya jika ibu banyak melanggar hukum-hukum Allah maka perilakunya akan ditiru oleh anak-anak mereka. Anak merupakan cikal bakal sebuah negara, merekalah yang akan menjadi pemimpin negara kelak. Jika anak dididik dengan terbiasa melanggar aturan Allah, maka kelak ketika mereka memimpin negara akan melanggar aturan Allah pula. Hal ini yang kita rasakan sekarang. Pemimpin dan aparatur negara kita dapati berperilaku keluar dari aturan Islam. Ada yang berzina, minum minuman keras, korupsi hingga memberikan kebijakan-kebijakan yang menyengsarakan rakyat.

Potret kaum ibu saat ini memang sangat memprihatinkan. Tak sedikit para ibu yang tergiur dengan asiknya dunia hiburan, bergaya sosialita, pamer harta, terbawa arus dunia malam, berdandan tabaruj hingga memamerkan aurat mereka. Tak sedikit pula kaum ibu yang bekerja hanya untuk eksistensi diri semata. Mereka rela bekerja hanya untuk bisa membeli peralatan make up, belanja, makan diluar, hingga jalan-jalan ke luar negeri.

Konsekuensi dari ini semua mereka harus rela meninggalkan anak-anak mereka dirumah dengan baby sitter, asisten rumah tangga atau mereka menitipkan anak mereka pada orang tua. Mereka rela melepaskan kewajiban untuk merawat dan mendidik anak-anak dengan alasan uang yang mereka cari pun untuk anak-anak juga. Jika hanya mengandalkan gaji suami tentu tidak akan cukup untuk memenuhi keinginan pribadi mereka. Kita pun tidak dapat menapikkan memang ada para ibu yang rela bekerja siang dan malam untuk mencukupi kebutuhan keluarganya dikarenakan beberapa faktor. Apa penyebab dari bergesernya peran ibu? Ibu yang seharusnya di rumah menjadi pendidik generasi sekarang lebih memilih pergi ke luar rumah dengan berbagai alasan.

Sistem Kapitalis-liberalis lah yang menjadi penyebab utama bergesernya peran ibu yang sangat mulia. Sistem kapitalis adalah sebuah peratutan hidup yang lahir dari ide sekularis (pemisahan agama dari kehidupan), sistem ini sangat berorientasi pada materi (uang, harta, dll) dan menjadikan ide liberal (kebebasan) sebagai pijakan kehidupan. Banyak kaum ibu secara tidak sadar terjebak dalam ide ini.

Hal mudah yang dapat kita lihat dari ide ini adalah ketika materi dijadikan standar hidup. Ingin punya uang yang banyak agar bisa beli rumah, kendaraan, hp terbaru, makan di restoran mewah, shopping, sekolah diluar negeri/di sekolah-sekolah elit dll. Senbenarnya sangat manusiawi jika kita menginginkan itu semua namun yang perlu diingat semua itu bukan tujuan hidup kita. Kita tidak boleh melepaskan kewajiban-kewajiban sebagai ibu yang memiliki peran penting dalam mengurus dan mendidik anak-anak kita. Selain itu seorang wanita pun memiliki kewajiban untuk taat pada suami sekaligus pengatur urusan rumah tangga.

Semua itu tidak dapat terlaksana dengan baik jika kaum wanita harus pergi keluar rumah untuk mencari uang. Jikalau seorang suami tidak dapat memenuhi kebutuhan rumahtangga padahal suami sudah bekerja keras mengoptimalkan segala kemampuannya maka seorang istri boleh membantu suami untuk memenuhi kehidupan rumahtangga. Namun tetap peran istri sebagai ibu dan pengatr urusan rumahtangga harus berjalan. Oleh karenya seorang istri dapat memilih pekerjaan yang tidak menyita waktu mereka, misalnya membuka warung di rumah, menjadi guru privat, dsb.

Negara pun seharusnya ikut andil dalam mengurusi permasalahan rakyatnya. Tidak dibenarkan jika pemerintah berlepas tangan membiarkan warganya dalam himpitan ekonomi sedangkan negara mampu memberikan bantuan dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang ada. Jika kita perhatikan sumber daya alam Indonesia yang sangat melimpah, rasanya tidak mungkin didapati rakyatnya yang terkena busung lapar.

Namun pada faktanya busung lapar bagaikan wabah yang menjalar, banyak masyarakat yang harus tidur di kolong jembatan bahkan di pinggir sungai karena mereka tidak memiliki tempat tinggal. Banyak  masyarakat yang memilih memulung makanan atau sayur-sayuran untuk bisa makan. Tak sedikit pula masyarakat yang harus meregang nyawa tanpa bisa berobat karena mahalnya biaya rumah sakit. Sungguh sangat menyedihkan sekali nasib bangsa ini. Maka tak heran jika kaum wanita menjadi korban. Semua masalah ini bersumber dari kapitalisme-liberalisme yang diterapkan oleh negara.

Kekayaan alam yang dimiliki negara seharusnya diperguakan untuk menyejahterakan rakyat bukannya dijual ke asing untuk menyejahterakan para pemilik modal dan oknum-oknum pemerintah yang tidak bertanggungjawab. Jika pengelolaan sumberdaya alam kita benar, dari satu summber daya alam tambang emas di Papua, masyarakat bisa mendapatkan pendidikan dan kesehatan gratis, apalagi jika seluruh sumber daya alam dikelola dengan baik. Saat ini yang terjadi malah sumber daya alam kita dikeruk habis oleh para pemilik modal dengan mengatasnamakan izin pemerintah. Sumber daya alam kita hanya dinikmati oleh segelintir orang saja, masyarakat hanya mendapat imbasnya. Kerusakan lahan akibat ekplorasi sember daya alam, banjir, longsor dan kekeringan yang kita terima.

Sudah saatnya kita mencampakkan sistem kapitalis-sekuler dan mengembalikan peranan ibu sebagai pencentak generasi tangguh penerus bangsa. Para ibu yang memegang aturan Allah akan mendidik anak-anaknya agar taat kepada Allah pula. Kelak ketika mereka menjadi pemimpi negara, mereka pun akan menerapkan hukum-hukum Allah dalam kehidupan sehari-hari maupun bernegara.

Oleh karenanya marilah kita bersama-sama mnegoptimalkan peran kita sebagai ibu seperti Nusaibah binti Ka’ab. Tak lupa kita menghadiri majelis-majelis ilmu agar semakin bertambah wawasan kita dalam mendidik anak-anak terutama majelis Islam agar pemahaman dan keimanan kita semakin kuat. Wallahu’alam. [syahid/voa-islam.com]   

             

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?