Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.649 views

Ketika Rumah Tangga Hanya Saling Menuntut

PERNIKAHAN adalah ikatan suci yang Allah ajarkan perkaranya didalam firman-Nya yang agung. Ikatan tersebut adalah sebuah komitmen diantara komitmen-komitmen yang berat karena ia akan terikat selama hidupnya.

Allah mengajarkan banyak hal tentang pernikahan. Allah ajarkan hak dan kewajiban satu sama lain. Allah pun mengajarkan bagaimana seseorang suami adalah qowam atau pemimpin dan istri adalah bagian dari sang suami untuk saling melengkapi.

Namun kadang, masih banyak orang yang keliru memandang pernikahan. Diantara mereka ada yang tidak peduli dengan semua hak dan kewajiban tersebut. Hingga mereka mengatasnamakan cinta untuk melakukan segalanya. Diantara merekapun ada yang terlalu keras memegang ikatan pernikahan hanya sebagai keadaan saling menguntungkan dan memenuhi hak dan kewajiban mereka. Saat itu maka hilanglah keindahan sebuah pernikahan.

Namun, sepasang kekasih yang saling menuntut hanya akan membuat ikatan mereka meleleh bersama waktu..."

Dalam nasehat yang termaktub dalam kitab Az Zauzan Ar’fi Khaiman as Sa’adah yang ditulis oleh Syaikh Abdurrahman Al Qar’awi dijelaskan bahwa pernikahan tidaklah indah ketika sepasang suami istri hanya memperhatikan dan menuntut hak dan kewajiban saja.

Dalam nasehat yang panjang tersebut, Syaikh Abdurrahman menejelaskan betapa indahnya perkara rumah tangga seorang muslim, karena mereka menjaga diri mereka dengan melaksanakan ketaatan berupa hak dan kewajiban mereka dalam pernikahan. Namun, sepasang kekasih yang saling menuntut hanya akan membuat ikatan mereka meleleh bersama waktu. Cintanya akan tergerus bersama tuntutan yang menghujam satu sama lain.

Bukankah Allah pun tidak menuntut seseorang melebihi kadar kemampuannnya? Hal ini dijelaskan Firman Allah لا يكلف الله نفساً إلا وسعها , bahwa Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya (Al-Baqarah: 286) adalah penjelasan yang menguatkan prinsip tersebut.

Pelaksanaan hak dan kewajiban tidaklah menafikan kemampuan seseorang melakukan hal tersebut.

Dalam penjelasannya Syaikh melanjutkan,”Manakala keduanya memandang hidup berumahtangga itu juga merupakan kewajiban-kewajiban yang harus ditunaikan, kemudian dia menantikan pihak lain menunaikan hak-hak baginya, maka suami istri telah menempatkan suatu jalan pintas untuk mewujudkan kebahagiaan rumah tangga.”

Hal ini menurut Syaikh, akan mengikis kegersangan dalam berumah tangga. Menjalankan kewajiban dengan harapan munculnya kesadaran adalah jalan terindah membangun rumah tangga yang bahagia. Membiarkannya muncul seperti tunas dan memberikan hak nya sedikit demi sedikit adalah cara terampuh untuk membiarkan kebahagiaan tumbuh bersemi dalam rumah tangga.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa menjalankan kewajiban dalam rumah tangga bukanlah untuk diri kita. Tapi untuk membuktikan kepada Allah bahwa kita telah berusaha menjadi hamba yang taat kepada-Nya.* [Sendia/Syaf/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X