Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.367 views

Umiyati Kembali 'ke Kampung Halaman untuk Berdakwah

JAKARTA (voa-islam.com) - ‘’Terima kasih. Saya mau pulang kampung untuk berdakwah di sana. Doakan juga saya mendapat suami muslim,’’ kata Umiyati Nenohai, usai menerima bantuan biaya transportasi di kantor LAZIS Dewan Dakwah, Jakarta Pusat, Kamis (31/3).

Umiyati pemudi dari Desa Belle, Kecamatan Amanuban Timur, Kab Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Sejak kecil ia galau dengan kehidupan di kampungnya.

Di desanya, jumlah keluarga muslim secara statistik memang mencapai 50% (sekitar 45 KK). Tapi, mereka kurang terbina agamanya. Sholat misalnya, hanya ada waktu sholat Jumat

Di desanya, jumlah keluarga muslim secara statistik memang mencapai 50% (sekitar 45 KK). Tapi, mereka kurang terbina agamanya. Sholat misalnya, hanya ada waktu sholat Jumat.

Karena itu, Umiyati bersemangat ketika mendapat beasiswa nyantri di Pondok Pesantren Miftahuddin Oe-Ekam, Amanuban Timur.

Pesantren ini didirikan pada 1993 oleh tokoh dakwah NTT seperti M Tamrin Manu, M Akhyar Liunokas, Ali Tatang Sone, Ali Yudha, dan Usman Sole. 

Lahirnya Pesantren Miftahuddin diawali dengan berdirinya Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Timor pada tahun l982 di Bandung, Jawa Barat. Setahun kemudian organisasi ini ditingkatkan statusnya menjadi Yayasan Kesejahteraan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Timor (IPMAT). Sepuluh tahun kemudian, yayasan ini membuka Pesantren Miftahuddin Oe-Ekam.

Selepas mondok di Miftahuddin, Umiyati melanjutkan ke Tarbiyatul Muallimin Al-Islamiyyah 4 (Putri) Pesantren Husnayain Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat. TMI 4 Husnayain ini didirikan oleh KH Ahmad Cholil Ridwan Lc, pimpinan Pesantren Husnayain, pada 1989.

Alumni Pesantren Putri Husnayain ini diharapkan menjadi ibu rumah tangga yang ustadzah, da’iyah, sholehah, dan mukhlishoh.

Tamat dari TMI Husnayain, Umiyati Nenohai kuliah di Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah, Institut Pembina Rohani Islam Jakarta (IPRIJA).

Iprija didirikan pada 1973 oleh Kolonel H. Abjan Solaeman (almarhum), yang saat itu Kepala Dinas Rawatan Rohani Islam Angkatan Darat (Disrohis AD). Pendirian direstui Kepala Staf Angkatan Darat waktu itu yang sekaligus menjadi pembimbing utama.

Iprija semula bernama Akademi Ilmu Dinas Rohani (Aidri) yang bernaung di bawah Yayasan Kesejahteraan Disrohis AD atau Yakadi. Selanjutnya mulai 29 Januari 1973, nama Aidri diubah menjadi Akademi Pembina Rohani Islam Jakarta.

Sejak 1975 Akprija mendapat status terdaftar untuk Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Ilmu Agama, tingkat Sarjana Muda.

Akprija bertujuan mencetak sarjana muslim yang memiliki kemantapan akidah, menguasai ilmu dan teknologi, berakhlak mulia, dan dewasa dalam bersikap. Juga sarjana muslim yang berwawasan luas dan sanggup mengabdi pada masyarakat sesuai dengan profesinya.

Kini, setelah diwisuda dari Akprija, Umiyati ingin segera pulang kampung untuk mengabdikan diri di sana. Sasaran dakwah pertamanya adalah keluarganya sendiri.

‘’Emak saya sudah bertahun-tahun jadi muslimah, tapi belum bisa baca Qur’an. Bukankah saya harus mengajarinya,’’ tutur Umiyati sendu.

Ia juga mengisahkan ketiga saudara perempuannya yang sudah berpaling keyakinan. ‘’Saudara-saudara saya menikah dengan pria lain agama, dan mereka akhirnya ikut agama suami,’’ ungkapnya sambil menahan tangis.

Tak heran jika gadis ini sangat mohon do’a agar dipertemukan jodoh yang muslim, lebih-lebih yang punya semangat berdakwah. [nurbowo/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X