Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.293 views

Hambatan di Balik Kontak Mata Anak dan Orang Tua

Oleh: Wage Setia Budi (Pemerhati Komunikasi Anak)

Acapkali orang tua melakukan kontak mata dengan anak hanya ketika marah, memerintah atau mengancam. Perlu diketahui, inilah faktor penghambat komunikasi orang tua dengan anak. Ketika orang tua kurang memperhatikan kontak mata dengan sang buah hati setiap kali berbicara, maka orang tua telah memutus ikatan emosional dengan sang anak.

Kontak mata penting bagi sang anak. Bahkan sejak kehadiran sang buah hati di rumah kita. Ketika terjadi kontak antara orang tua dan anak, maka di balik gerakan mata anak terjadi proses perkembangan sel saraf mata dan kemampuan komunikasi. Pada umumnya usia anak dapat melakukan kontak mata sekitar usia 6-8 minggu setelah kelahiran. Kemampuan kontak mata jauh mendahului kemampuan anak dalam hal berbicara.

Dengan adanya keterbatasan kemampuan komunikasi anak, orang tua harus menempatkan posisi tubuh anda sejajar dan setinggi anak ketika berbicara. Hal ini acapkali terlihat, misalnya, ketika Pangeran William berbicara dengan anak pertamanya. Menurut Pakar Perkembangan Anak dan Penulis buku A Moving Child is a Learning Child, Gill Connel, cara ini membuat anak merasa aman dan dimengerti. Agar kontak mata lebih efektif biasanya, hal ini disertai dengan ekspresi emosional positif beserta bahasa tubuh, seperti anggukan, ucapan singkat yang mudah dimengerti, tersenyum atau komunikasi nonverbal lainmya.

Kemudian, orang tua harus lebih mengutamakan komunikasi visual ketika berbicara dengan anak. Komunikasi visual lebih menekankan pada pesan komunikasi berbentuk tanda, gambar, lambang, simbol warna yang konkrit dan dapat dicerna indra penglihatan. Semua hal ini dimaksudkan untuk menjaga kontak mata dengan anak. Hal ini ditunjang dengan pernyataan orang tua dengan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana.

Terlihat di atas kontak mata merupakan bagian penting komunikasi tatap muka. Selain mengumpulkan informasi visual dari dunia luar, mata mengekspresikan emosi dan perasaan. Ekspresi emosi dan perasaan juga ditunjang dengan ekspresi wajah.

Melalui kontak mata yang disertai bahasa tubuh, para pakar perkembangan anak menyebutkan bahwa orang tua sedang membangun attachment bond dengan anak. Attachment bond semacam ikatan emosional nonverbal antara orang tua dan anak. Respons emosional orang tua berupa gerakan, isyarat dan suara kepada sang anak sangatlah bermakna. Sebaliknya, melalui kontak mata sang anak melakukan interaksi, komunikasi dan relasi.

Dengan terjadinya attachment bond antara orang tua dan anak, maka anak sedang membangun keinginan untuk belajar, kepercayaan, kesadaran diri yang sehat, bersikap ramah terhadap orang lain. Sebaliknya, apabila attachment bond tidak terbangun, sang anak tidak mendapatkan rasa aman dan pengertian dari orang lain, kebingunan dalam identitas diri dan kesulitan belajar dan berinteraksi dengan orang lain di masa depannya.

Terlihat jelas di atas, kontak mata sangatlah dahsyat. Apa yang diucapkan orang tua dapat mudah tertanam. Dr. Albert Mehrabian, penulis buku Silent Messages, menyatakan jumlah persentase kontak mata dan bahasa tubuh mencapai 93% dari satu pesan komunikasi. Inilah yang tidak disadari sebagian besar orang tua. Kontak mata adalah bagian penting bahasa tubuh orang tua.

Dengan kontak mata, orang tua memperhatikan ekspresi emosional anak. Selain verbal, sebagian besar ekspresi emosional anak dilakukan dalam bentuk bahasa tubuh dan gerakan. Lebih khusus lagi karena ekspresi emosional anak dilakukan secara spontan. Dengan kontak mata, orang tua dapat memenuhi kebutuhan emosional anak. Anak terlihat dicintanya, dihargai, dibuat merasa aman dan kompeten. Ketika terpenuhinya kebutuhan emosional anak, hal ini melahirkan perilaku anak yang santun di masa depan (Woolfson, 2005:8).

Bila begitu dahsyat pengaruhnya, tetapi mengapa sebagian besar orang tua mengabaikan kontak mata. Misalnya, ketika berbicara dengan sang buah hati, banyak ibu masih memakai purdah atau niqab. Padahal ketika purdah atau niqab dibuka, anak dapat melakukan kontak mata dan melihat ekspresi wajah sang ibu. Bila sejak kehadiran buah hati di dalam rumah tangga hingga dewasa, sang ibu selalu berbicara dengan sang anak di balik purdah atau niqab, maka hal ini sama saja dengan memutus ikatan emosional orang tua dan anak. Lebih buruk lagi, perkembangan anak terutama otak tengah anak akan terganggu.

Di lain pihak, banyak orang tua acapkali mengabaikan kontak mata. Pengabaian kontak mata orang tua berarti orang tua tidak peduli kehadiran sang anak. Ini terlihat dari penempatan posisi tubuh anda yang tidak fokus ke anak, bersilang tangan dan menopang dagu atau sibuk dengan urusan anda sendiri, seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga, chatting atau lainnya.

Perilaku anak merupakan hasil peniruan anak terhadap perilaku orang tua. Anak adalah makhluk yang belum memiliki kemampuan yang cukup memadai untuk merespons semua kemauan orang tua dengan benar. Kemampuan anak hanyalah meniru perilaku orang dewasa termasuk perilaku orang tua termasuk dalam berkomunikasi. Pendidikan orang tua lah menentukan macam apa perilaku anak di masa depan..

Keluhan orang tua bahwa anak tidak mendengar perintahnya haruslah diakhiri. Sebaiknya orang tua mengintrospeksi diri. Ketika anak tidak patuh, orang tua acapkali melakukan kontak mata hanya ketika menegur, melarang atau memberi ancaman. Rubahlah!

Orang tua yang mengembangkan komunikasi ancaman, perintah, teguran dan marah akan melahirkan anak yang suka mengganggu temannya, memberontak dan sukar dikendalikan. Ketika hal ini terjadi, berarti ikatan emosional (attachment bond) antara orang tua dan anak telah putus.

Oleh karena itu, kontak mata anak dan orang tua akan melahirkan ikatan emosional (attachment bond). Sebaliknya, anak yang tidak melakukan kontak mata adalah anak yang kemungkinan besar menghadapi masalah perkembangan dirinya, seperti menderita autisme. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha 11,5 Juta Rupiah, Ayo Bantu!!!

Keluarga Muallaf dan Yatim Dhuafa Butuh Modal Usaha 11,5 Juta Rupiah, Ayo Bantu!!!

Dalam iman, rumah tangga muallaf ini sangat bahagia. Namun dalam hal ekonomi, pasangan pengamen dan tukang ojek yang memiliki 3 yatim ini sangat dhuafa dan memprihatinkan....

Mushalla di Pelosok Butuh Biaya Renovasi 20 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Mushalla di Pelosok Butuh Biaya Renovasi 20 Juta Rupiah. Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini sudah sangat rapuh dan tidak layak, harus direnovasi total. Mari sisihkan harta, amal jariyah, pahalanya terus mengalir tak terbatas umur, bonus property abadi di Surga...

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Sudah 9 hari bayi Tazkia kritis terinfeksi toxoplasma. Sang ayah, Ustadz Yusron pengasuh pesantren Tahfizh Al-Qur'an Sukoharjo terbentur biaya yang sudah mencapai 31 juta rupiah...

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Mujahid Dakwah ini mengalami kecelakaan hebat: rahangnya bergeser harus dioperasi; bibir atas sobek hingga hidung; tulang pinggul retak. Ayo bantu supaya bisa beraktivitas dakwah lagi....

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Tak berselang lama setelah berikrar masuk Islam bersama seluruh keluarganya, Ganda Korwa wafat meninggalkan istri dan 6 anak yatim. Kondisi mereka sangat mengenaskan....

Latest News
VIDEO : Utang Hampir Rp4.000 Triliun. How High Can You Go?

VIDEO : Utang Hampir Rp4.000 Triliun. How High Can You Go?

Senin, 11 Dec 2017 21:06

Ustadz Abdul Somad Disebut Mendapat Perlakuan Tidak Manusiawi, Kemana Polisi?

Ustadz Abdul Somad Disebut Mendapat Perlakuan Tidak Manusiawi, Kemana Polisi?

Senin, 11 Dec 2017 20:33

Mendadak Ganti Panglima TNI, Pengamanan Agenda 2019?

Mendadak Ganti Panglima TNI, Pengamanan Agenda 2019?

Senin, 11 Dec 2017 19:41

Bedanya Izin Proyek Perumahan Meikarta Dibongkar Wagub Jawa Barat

Bedanya Izin Proyek Perumahan Meikarta Dibongkar Wagub Jawa Barat

Senin, 11 Dec 2017 19:33

Dianggap Kotori Halaman Twitter-nya, Mahfud MD Akhiri Debat Soal Khilafah

Dianggap Kotori Halaman Twitter-nya, Mahfud MD Akhiri Debat Soal Khilafah

Senin, 11 Dec 2017 18:33

DSKS: Putuskan Hubungan Diplomatik dengan AS

DSKS: Putuskan Hubungan Diplomatik dengan AS

Senin, 11 Dec 2017 18:22

Tokoh Islam Alami Persekusi? DPR: Serangan kepada NKRI

Tokoh Islam Alami Persekusi? DPR: Serangan kepada NKRI

Senin, 11 Dec 2017 17:33

FPI: Indonesia Harus Berperan Aktif Bebaskan Al Quds

FPI: Indonesia Harus Berperan Aktif Bebaskan Al Quds

Senin, 11 Dec 2017 17:26

Shalat Kurang Satu Rakaat; Cara Meyempurnakannya?

Shalat Kurang Satu Rakaat; Cara Meyempurnakannya?

Senin, 11 Dec 2017 17:24

(Video) Jawara Betawi Injak-injak Serta Bakar Bendera AS dan Israel di Depan Kedubes AS

(Video) Jawara Betawi Injak-injak Serta Bakar Bendera AS dan Israel di Depan Kedubes AS

Senin, 11 Dec 2017 17:17

Pesilat Pagar Nusa Siap Jihad ke Palestina

Pesilat Pagar Nusa Siap Jihad ke Palestina

Senin, 11 Dec 2017 17:13

GOPAC: Korupsi adalah Penyimpangan, Dananya Diambil dari Masyarakat Kelas Bawah

GOPAC: Korupsi adalah Penyimpangan, Dananya Diambil dari Masyarakat Kelas Bawah

Senin, 11 Dec 2017 16:33

Makin Tajamya Tudingan Pemerintahan Jokowi Bergaya Neolib

Makin Tajamya Tudingan Pemerintahan Jokowi Bergaya Neolib

Senin, 11 Dec 2017 15:33

Tidak Kompetennya Menteri Jokowi dalam Menanggulangi Langkanya Gas

Tidak Kompetennya Menteri Jokowi dalam Menanggulangi Langkanya Gas

Senin, 11 Dec 2017 14:33

Terkait Langkanya Gas, antara Jokowi dan Megawati

Terkait Langkanya Gas, antara Jokowi dan Megawati

Senin, 11 Dec 2017 13:33

Mantan Ibu Mertua Adalah Mahram; Boleh Bersalaman Dengannya!

Mantan Ibu Mertua Adalah Mahram; Boleh Bersalaman Dengannya!

Senin, 11 Dec 2017 13:32

Festival Huffazh: Pelatihan Menghafal Surat Al Mulk Berhadiah Jutaan Rupiah

Festival Huffazh: Pelatihan Menghafal Surat Al Mulk Berhadiah Jutaan Rupiah

Senin, 11 Dec 2017 12:58

Pelarangan Penceramah adalah Kekalahan

Pelarangan Penceramah adalah Kekalahan

Senin, 11 Dec 2017 12:35

Pemberontak Syi'ah Houtsi Awasi Dengan Ketat Penguburan Mantan Presiden Yaman Abdullah Saleh

Pemberontak Syi'ah Houtsi Awasi Dengan Ketat Penguburan Mantan Presiden Yaman Abdullah Saleh

Senin, 11 Dec 2017 11:45

VIDEO: Polisi Turut Kecam Donald Trump

VIDEO: Polisi Turut Kecam Donald Trump

Senin, 11 Dec 2017 10:01


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Sabtu, 09/12/2017 22:22

Esensi Maulid Nabi SAW