Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.424 views

Sakinah Bersamamu

Oleh: Siti Rahmah

ROBBANA HAB LANA MIN AZWAJINA WA DZURRIYATINA QURROTA A’YUN, WAJ’ALNA LILMUTTAQINA IMAMAA.”

(Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa)" (QS. Al Furqon:74)

Surat Al Fuqon ayat 74 ini adalah surat sekaligus doa yang senantiasa diucapkan setiap selesai sholat oleh orang-orang beriman. Doa inipula yang senantiasa dilantunkan oleh nabi Ibrahim as. Mendapat istri yang menjadi penyejuk mata, mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah adalah harapan setiap insan. Bahkan lebih dari itu, doa ini juga menggambarkan pengharapan lahirnya keluarga sakinah yang mampu menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa.  

Hanya saja lahirnya profile keluarga sholihah juga harus sesuai dengan ketentuan yang digambarkan dalam Al Quran. Misalnya dalam surat Ar Rum ayat 21, Al Quran begitu jelas menggambarkan keluarga sholihah yang harus menjadi acuan keluarga muslim untuk mampu mewujudkannya. Allah berfirman:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir". (QS. Ar Rum 21)

Dalam ayat ini ditemukan ciri-ciri yang menjadikan sebuah keluarga layak disebut keluarga sholihah. Yaitu dengan terwujudnya sakinah, mawadah dan rahmah (samara). Ciri tersebut bahkan menjadi tujuan dari pernikahan. Sehingga tidak heran dalam setiap momen pernikahan kalimat ini (samara) sering dilantunkan sebagai doa untuk kedua mempelai. Pada hakikatnya sakinah, mawadah dan rahmah dalam pernikahan memiliki makna yang mendalam. Sehingga satu sama lain saling terikat. Ketika sakinah terwujud maka mawadah dan rahmah akan senantiasa mengikuti, begitupun sebaliknya.

Para mufasir mengartikan surat Ar Rum ayat 21 ini sebagai penjelas dari surat Al Furqon ayat 74. Karena  keluarga sholihah akan terwujud ketika sakinah, mawadah dan rahmah ini terwujud.

 

Sebaik-baik Wanita

Jika dirinci maka sakinah itu adalah hak suami yang tentu saja menjadi kewajiban istri. Istri dalam memainkan perannya harus mampu mewujudkan sakinah atau ketenangan dan ketentraman untuk suaminya. Tenang dan tentram dalam masalah apa? Tentu dalam semua hal. Tenang syahwatnya, tenang dalam  kehidupannya dirumah dan tenang ketika meninggalkan rumah.

Hal ini sebagaimana yang digambarkan Rasululloh dalam sebuah hadits. "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; Siapakah wanita yang paling baik? Beliau menjawab: “Yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, taat jika diperintah suaminya dan tidak menyelisihi suami dalam diri dan hartanya dengan apa yang dibenci suaminya.” (HR. An Nasa’i).

Dalam hadits tersebut disebutkan tiga hal yang menjadikan wanita mampu menduduki kemuliaan tertingginya sebagai istri sholihah atau sebaik-baik istri. Tiga hal itu juga yang mampu menjadikan istri menjalankan kewajibannya dengan sempurna dan memberikan hak suaminya dengan sempurna pula. Tiga hal itu juga yang jika dilakukan oleh istri maka sakinah dalam keluarga bisa tercipta.

Yang pertama yang menjadikan wanita mampu menjadi istri sholihah atau wanita terbaik adalah yang meyenangkan jika dipandang. Tentu ini bukan hal mudah, karena tidak semua wanita sholihah bisa menjadi istri sholihah. Tapi jika ada keseriusan untuk menjalankan perintah Rasulhlloh wanita akan senantiasa berjuang untuk mewujudkan hingga mampu menjadi istri yang sholihah. Istri yang sholihah itu, ketika di rumah dia harus pandai berdandan sesuai selera suaminya, menjadi wanita penggoda untuk suaminya dan senantiasa berpenampilan menarik juga berperangai baik. Inilah yang makna menyenangkan jika dipandang yang disebutkan dalam hadits di atas.

Setelah seharian penat di tempat kerja, pulang kerumah istri dalam kondisi berantakan, kumal dan bau badan yang menyengat tentu hal ini akan mengganggu pola hubungan suami istri. Sebaliknya selelah apapun di tempat kerja, tapi ketika pulang kerumah disambut oleh istri yang rapih, cantik dan perangainya baik maka rasa lelah pun akan segera sirna. Ketentraman dan ketenangan akan merayap kerelung sukma. Begitulah peran istri sholihah dalam mewujudkan sakinah di rumahnya.

Hal yang kedua yang mampu mengantarkan wanita menjadi istri sholihah adalah ketika dia mampu mentaati suaminya. Ketaatan istri terhadap suami adalah ketaatan yang mutlak. Mencakup segala hal kecuali jika suami memerintahkan bermaksiat kepada Allah. Maka hal itu haram untuk ditaati. Dalam hadits Rashlulloh saw memberikan gambaran seperti apa posisi suami dihadapan istri. Rasululloh saw bersabda. "Seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya.” (HR. At Tirmidzi).

Inilah keutamaan suami yang disebutkan dalam hadits. Sehinga dengan posisinya sebagai istri, Allah mewajibkan mentaati suaminya dalam segala hal. Jika dia mampu melaksanakannya maka inilah gambaran istri sholihah yang Allah halalkan untuk masuk surga dari pintu mana saja. Sebagai mana sabda Rasululloh saw:

Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad).

Yang ketiga adalah tidak menyelisihi suaminya atau dalam hadits lain disebutkan istri sholihah adalah yang mampu menjaga diri dan harta suaminya ketika suaminya tidak di rumah. Menjaga Diri dan harta bisa bermakna juga menjaga kehormatan suami. Sehingga istri sholihah tidak akan membuka aib suaminya didapan umum. Baik membuka secara langsung ataupun via media sosial. Karena sebagimana sabda Rasululloh bahwasanya istri adalah pakaian bagi suminya dan sebaliknya suami adalah pakaian bagi istrinya. Dalam hal ini tentu konteknya pakaian sebagai pelindung, sebagai penjaga aurat. Dalam keluarga pun sama istri berfungsi menutupi aib-aib suaminya dan sebaliknya suami juga penutup aib istrinya.

Ketika hal ini dilaksanakan secara maksimal dan sempurna  maka wanita tersebut layak menyandang predikat sebagai sebaik-baik istri dialah istri sholihah. Istri sholihah inilah yang akan mempu mewujudkan ketenangan dan ketentraman dalam keluarga. Dia mampu mmenuhi semua kewajibanbya dan mampu memastikan hak bagi suaminya. Sehingga sakinah akan mampu dia wujudkan ketika dia mampu mengamalkan anjuran Nabi dalam hadits tersebut. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

Di dalam harta kita terdapat hak orang lain, maka wajib hukumnya bagi umat Islam untuk mengeluarkan zakat. Di dalam zakat itu ada senyum masa depan fakir miskin yatim dan dhuafa....

Ayo Dukung Reuni 212 Bela Islam, Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Ayo Dukung Reuni 212 Bela Islam, Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Reuni Akbar Mujahid 212 akan digelar di Monas, Jakarta Pusat. Relawan IDC yang sejak awal membersamai Aksi Bela Islam 212, insya Allah kembali turun ke gelanggang dengan menerjunkan Tim Medis...

Dukung Reuni 212 Bela Islam, Ayo Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Dukung Reuni 212 Bela Islam, Ayo Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Reuni Akbar Mujahid 212 akan digelar di Monas Jakarta Pusat. Relawan IDC yang sejak awal membersamai Aksi Bela Islam 212, insya Allah kembali turun ke gelanggang dengan menerjunkan Tim Medis...

Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Robohhhh Diterjang Banjir. Ayo Bantu..!!!

Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Robohhhh Diterjang Banjir. Ayo Bantu..!!!

Diterjang banjir bandang, rumah sekaligus markas pengajian Ustadz Wahyudin roboh. Taklim diliburkan, puluhan santri berduka. Dibutuhkan dana Rp 60 juta untuk membangunnya dengan tembok permanen....

IDC Santuni Anak Yatim Kru TV Muhammadiyah Korban Pembunuhan Sadis

IDC Santuni Anak Yatim Kru TV Muhammadiyah Korban Pembunuhan Sadis

Relawan IDC, menunaikan amanah para donatur menyerahkan bantuan untuk anak-anak yatim Abdullah Fitri Setiawan atau yang akrab disapa Dufi....

Latest News
Kenapa e-KTP Kelebihan Cetak? Ada Penggelembungan Data?

Kenapa e-KTP Kelebihan Cetak? Ada Penggelembungan Data?

Rabu, 12 Dec 2018 22:31

Berkali-kali Kasus Tercecernya e-KTP

Berkali-kali Kasus Tercecernya e-KTP

Rabu, 12 Dec 2018 21:31

31 Juta DPT, Politisi: Pemilu 2019 Terduga tidak Jujur

31 Juta DPT, Politisi: Pemilu 2019 Terduga tidak Jujur

Rabu, 12 Dec 2018 20:31

Seorang Pengacara di Mesir Ditangkap Karena Kenakan 'Rompi Kuning' yang Dilarang

Seorang Pengacara di Mesir Ditangkap Karena Kenakan 'Rompi Kuning' yang Dilarang

Rabu, 12 Dec 2018 19:00

Pemberontak Syi'ah Houtsi dan Pemerintah Yaman Setujui Pertukaran 15.000 Lebih Tahanan

Pemberontak Syi'ah Houtsi dan Pemerintah Yaman Setujui Pertukaran 15.000 Lebih Tahanan

Rabu, 12 Dec 2018 18:15

Laporan: UEA Gelontorkan Uang dalam Jumlah Besar untuk Memata-matai Warganya

Laporan: UEA Gelontorkan Uang dalam Jumlah Besar untuk Memata-matai Warganya

Rabu, 12 Dec 2018 17:15

Jaksa Malaysia Ajukan Tuduhan Korupsi Baru pada Mantan PM Najib Razak

Jaksa Malaysia Ajukan Tuduhan Korupsi Baru pada Mantan PM Najib Razak

Rabu, 12 Dec 2018 16:15

Serangan Taliban ke Pemerintah Afghanistan Tidak Kendor Meski Meningkatnya Tekanan dari AS

Serangan Taliban ke Pemerintah Afghanistan Tidak Kendor Meski Meningkatnya Tekanan dari AS

Rabu, 12 Dec 2018 15:20

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

Rabu, 12 Dec 2018 11:46

Reuni 212, Sejarah, dan Gagapnya Pers Kita

Reuni 212, Sejarah, dan Gagapnya Pers Kita

Selasa, 11 Dec 2018 22:22

Reuni 212 dan Tsunami Media

Reuni 212 dan Tsunami Media

Selasa, 11 Dec 2018 22:21

Mesir Larang Penjualan Rompi Kuning, Takut Protes Gilets Jaunes di Prancis Ditiru

Mesir Larang Penjualan Rompi Kuning, Takut Protes Gilets Jaunes di Prancis Ditiru

Selasa, 11 Dec 2018 22:15

DDII Ajak Pengurus dan Keluarga Besar Pilih Capres & Cawapres Hasil Pilihan Ijtima Ulama

DDII Ajak Pengurus dan Keluarga Besar Pilih Capres & Cawapres Hasil Pilihan Ijtima Ulama

Selasa, 11 Dec 2018 21:29

Enough Pak Jokowi!

Enough Pak Jokowi!

Selasa, 11 Dec 2018 21:20

Toleransi Salah Kaprah

Toleransi Salah Kaprah

Selasa, 11 Dec 2018 20:18

Raja Kodok dan Ular

Raja Kodok dan Ular

Selasa, 11 Dec 2018 19:17

Tahun Kegelapan Media

Tahun Kegelapan Media

Selasa, 11 Dec 2018 18:49

4 Orang Tewas dalam Serangan Bom yang Menargetkan Konvoi Intelijen Afghanistan

4 Orang Tewas dalam Serangan Bom yang Menargetkan Konvoi Intelijen Afghanistan

Selasa, 11 Dec 2018 17:18

Liga Arab Kecam Rencana Presiden Terpilih Brazil untuk Memindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Liga Arab Kecam Rencana Presiden Terpilih Brazil untuk Memindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Selasa, 11 Dec 2018 16:15

Dapat Remisi Natal, Ahok Sang Penista Agama akan Bebas pada 24 Januari 2019

Dapat Remisi Natal, Ahok Sang Penista Agama akan Bebas pada 24 Januari 2019

Selasa, 11 Dec 2018 14:17


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X