Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.110 views

Berlipat Ganda Nikmat Setelah Bersyukur

Sahabat VOA-Islam...

Sebelum menuju topik utama, pertama kita bahas dahulu apa yang dimaksud dengan bersyukur?

Pengertian Bersyukur

Bersyukur adalah suatu perbuatan atau tindakan dengan tujuan untuk berterima kasih atas segala nikmat  dari Allah SWT yang telah diberikan kepada kita.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Ibrahim:7 yang artinya : "Barang siapa yang bersyukur atas nikmat ku, niscaya aku akan menambah nikmat itu, dan barang siapa yang kufur atas nikmat ku, maka azab ku sangatlah pedih"

Kita sebagai hamba yang lemah, sudah seharusnya kita selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Bukan hanya bersyukur atas nikmat senang, akan tetapi kita juga harus bersyukur atas ujian yang Allah beri.

Karena hakikatnya, apapun yang Allah berikan kepada kita maka itulah yang terbaik untuk kita. Dan semua yang Allah berikan pasti ada hikmah yang indah didalamnya.

Lalu Mengapa Kita Sulit Untuk Bersyukur?

Sulitnya bersyukur bisa disebabkan beberapa hal seperti:

- Lemahnya iman dalam diri kita

Iman disini diartikan pada rasa percaya kepada Allah SWT. Karena jika kita beriman kepada Allah, serta percaya kepadaNya, maka kita pasti meyakini Firman Allah yang membahas tentang bertambahnya nikmat setelah bersyukur. Karena lemahnya iman kita tersebut, menyebabkan kita sulit untuk bersyukur.

 - Sombong

Sesungguhnya sombong adalah perilaku syaitan dan sangat di benci oleh Allah swt.

Buta hati dan fikirannya terhadap nikmat Allah menyebabkan kita menjadi manusia yang sombong. Sombong, sama dengan mengakui bahwa yang ia dapat adalah hasilnya sendiri dan bukan semata-mata karena Allah swt.

 - Selalu Merasa Kurang

Manusia memang tidak ada yang sempurna, yang menyebabkan kita selalu saja merasa kurang atas apa yang sudah di dapat, sehingga kita lupa untuk bersyukur.

Ada banyak sekali hal-hal yg kita anggap sepele yang membuat kita sering mengeluh dan tidak bersyukur, padahal terdapat limpahan nikmat didalamnya seperti

  1. Nikmat Sehat

Seringkali manusia merasa bahwa rezeki itu hanyalah uang atau harta,padahal sehat itu rezeki dari Allah yang mahal harganya. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat sehat yang selalu Allah beri kepada kita. Karna dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan segala aktivitas yang harus kita kerjakan.

  1. Nikmat Sakit

Biasanya kebanyakan orang sakit yang selalu mengeluh akan sakit yang menimpanya. Padahal jika kita tahu, setiap rasa sakit itu adalah perantara untuk menggugurkan dosa-dosa kita. Jika kita sakit, perbanyaklah Dzikir, ibadah, memohon ampunan kepada Allah agar diangkat penyakitnya sekaligus digugurkan dosa-dosa kita.

  3.Tertimpa Musibah

Saat tertimpa musibah kebanyakan dari kita tidak bersyukur atau bahkan tidak pernah bersyukur. Padahal, musibah yang Allah beri adalah ujian, dan jika kita bersyukur dan sabar dalam menghadapinya maka derajat kita naik dimata Allah Swt.

Sebagaimana Allah berfirman dalam salah satu ayatnya yang artinya : "Karena sesungguhnya,sesudah kesulitan itu ada kemudahan".

Bersyukur memiliki banyak sekali manfaat. Disini hanya dituliskan 10 manfaat Bersyukur, yang beberapa diantaranya adalah:

1.Berlipat ganda nikmat.

2.Gugurnya Dosa-dosa.

3.Keimanannya terhadap Allah tak diragukan.

4.Taat terhadap salah satu perintah Allah.

5.Hati Menjadi tenang.

6.Mendapat banyak kebaikan.

7.Merasa senang dan bahagia.

8.Diberkahi Allah Swt.

9.Di lapangakan Rezekinya

10.Di permudah segala urusannya.

Prasangka Allah sesuai dengan prasangka hambanya terhadapNya. Jika kita percaya akan nikmat Allah yang berlipat ganda setelah bersyukur maka kita akan mendapatkannya, Begitupun sebaliknya.

Maka sudahkah kita bersyukur hari ini??

Mulai dari sekarang, marilah kita bersyukur dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu dan perlahan akan meningkat. Agar kita selalu ditambah nikmat nya oleh Allah Swt.

Sekian, semoga bermanfaat dan, jangan lupa bersyukur disetiap waktu. Wassalamualaikum wr.wb. 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X