Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.169 views

Berkisah, Metode Efektif Membangun Konsep Diri, Akidah dan Akhlak

Oleh: Widya

Pernahkah kita mendengar kasus anak-anak yang sakit, matanya rusak akibat kecanduan gadget atau game online?

Pernahkah kita membaca anak-anak yang melakukan unjuk rasa di negeri sana, meminta para ibu mereka, ayah mereka tidak hanya menyentuh dan memperhatikan makhluk kecil bernama Handphone? 

Saya sebagai ibu dengan anak batita merasa sedih dan pilu mendengar cerita-cerita tersebut. Di era digital ini seolah semakin berat saja beban yang dipikul seorang ibu dalam mendidik anak-anak. Kalau bukan karena pertolongan Allah SWT mungkin saja saya pun terjebak seperti para orang tua lainnya,  yang membiarkan anaknya duduk manis dengan gadgetnya.

Tahun lalu, pada tanggal 2 April 2018 bertepatan dengan Hari Buku Anak sedunia, saya dan rekan saya pemilik salah satu yayasan home schooling di Bandung mendirikan sebuah komunitas bernama Bandung Storytellingclub.  Rasa empati kami terhadap para orangtua yang mengeluhkan anak-anak mereka "mager" (males gerak) jika sedang libur sekolah mendorong kami untuk membuat komunitas ini.  Di sini anak-anak dibangun semangat untuk mampu bercerita baik dari apa yang mereka rasakan atau dari apa yang mereka baca.

Perbedaan antara Storytellingclub yang kami dirikan dengan komunitas sejenis lainnya terletak pada metode bercerita yang akan dibawakan oleh anak-anak. Jika sebagian besar komunitas sejenis menerapkan metode mendongeng maka yang kami terapkan ialah metode berkisah untuk membangun konsep diri, aqidah dan akhlak anak.

Mengapa berkisah?

Dari berbagai kajian Ustadz Budi Ashari LC, pendiri Kuttab Al- Fatih,  beliau menuturkan bahwa salah satu rahasia mengapa sepertiga Al-Qur’an berisi kisah-kisah, karena metode berkisah pengaruhnya sangat dalam bagi jiwa, nasihat dan inspirasi yang mudah dikenang, pelajaran yang mudah diingat, teguran yang tidak menyakiti, dan bisa menjadi motivasi yang mudah dihadirkan kapan saja.

Kisah umat terdahulu banyak terdapat dalam Al-Qur’an pada periode Mekkah. Asy-Syaikh Manna’ bin Khalil Al-Qaththan dalam bukunya Mabahits fi ‘Ulumil Qur’an mengatakan bahwa salah satu ciri surat-surat Makkiyyah ialah setiap surat yang di dalamnya terdapat kisah para nabi dan umat terdahulu, kecuali surat Al-Baqarah. Hal ini mengandung arti bahwa fase Makkiyyah selama 13 tahun sangat banyak mengandung kisah.

Kurikulum Makkiyyah adalah fase pembentukan pondasi umat, yakni penanaman akidah dan akhlak. Dan kisah adalah metode yang efektif untuk menanamkan akidah dan akhlak. Di samping itu, sebagian besar persoalan di Mekkah, salah satu panduannya dengan kisah yang mengandung hikmah. Dengan demikian, pondasi awal generasi sahabat kebanyakan dibangun menggunakan metode kisah.

Kisah dapat dilihat dari dua sisi, yaitu: isi dan metode. Kisah sebagai isi, artinya bahwa kisah yang disampaikan adalah sejarah yang memang benar-benar terjadi yang kemudian diambil hikmahnya untuk kehidupan saat ini. Sedangkan kisah sebagai metode, artinya ilmu yang hendak diajarkan bisa disampaikan melalui metode kisah.

Ada beberapa fungsi kisah dalam Al-Qur’an dan Hadits, antara lain:

Sebagai hikmah dan pelajaran (‘ibrah), meneguhkan hati, penghibur jiwa-jiwa yang sedih, menguatkan keimanan, menjelaskan suatu perkara, menghidupkan sejarah, membenarkan risalah para nabi terdahulu, menguatkan risalah Nabi Muhammad, serta mempelajari gaya bahasa dan nilai sastra.

Sebuah kisah ataupun sejarah bisa berfungsi jika terpenuhi dua syarat yakni mau berpikir dan menggunakan akalnya (ulul albab) serta beriman kepada Allah dan hari akhir.

Maka dengan demikian  kisah adalah salah satu cara yang efektif dalam menyam-paikan sebuah pelajaran, sehingga mudah diterima oleh pendengar. Bukan hanya anak-anak yang menyukai kisah, tetapi kisah juga disukai oleh orang dewasa dan orangtua, tanpa memandang usia. Oleh karena itulah, Allah menjadikan Al-Qur’an yang diturunkan untuk umat manusia sepertiga isinya berupa kisah-kisah sejarah.

Allah SWT menjadikan sepertiga Al-Qur’an berisi kisah, tentu ada hikmah besar di dalamnya, bukan hanya materi kisah yang bisa dijadikan pelajaran, tetapi juga metode, gaya penuturan, serta berbagai aspek kisah dalam Al-Qur’an sarat dengan hikmah dan pelajaran yang sangat bermakna bagi kehidupan manusia.

Dalam pengaplikasiannya, kami sebagai fasilitator didalam komunitas Storytelling ini berusaha menumbuhkan dan terus meningkatkan minat membaca anak terhadap Al-Quran sebagai panduan utama.  Selain itu anak-anak juga dimotivasi untuk meningkatkan kecintaan mereka terhadap buku-buku islam baik saat dibacakan atau pada saat mereka sendiri yang membacakan/bercerita.

Saat fasilitator berkisah di hadapan anak-anak  pun  hendaknya  dibuat kisah tersebut menarik dan hidup, sehingga anak-anak  tidak merasa bosan, bahkan semakin masuk ke dalam alur kisah seolah-olah berada dalam latar kisah tersebut. Dengan demikian, kisah tersebut lebih berkesan pada diri anak-anak. Sebaiknya kisah yang disampaikan adalah kisah sejarah yang memang benar-benar terjadi, bukan kisah fiktif yang dibuat-buat berdasarkan imajinasi belaka ataupun cerita-cerita rakyat yang tidak masuk akal. Agar semuanya tetap berada dalam kerangka syariat islam yang hakiki. 

Semoga di hari buku anak sedunia tahun ini, anak-anak semakin mencintai Al-Quran dan buku-buku islam yang dapat membentuk kerangka berpikir tentang visi misi hidup yang benar. Yaitu Menggapai Ridho Allah sebagai hamba yang shalih/shalihah. Wallahu'alam Bish shawab.

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Bermodal kaki palsu Abu Rahman keliling Kota Solo menjajakan minuman 'es kapal' untuk menafkahi keluarga. Kini ia tak bisa bekerja lagi karena kaki palsunya jebol tak bisa diperbaiki.Ayo Bantu.!!...

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Latest News
Pemberontak Syi'ah Houtsi dan Pemerintah Yaman Lanjutkan Pembicaraan Pertukaran Tahanan

Pemberontak Syi'ah Houtsi dan Pemerintah Yaman Lanjutkan Pembicaraan Pertukaran Tahanan

Ahad, 24 Jan 2021 22:05

Pria AS Ditangkap Karena Gunakan Dana Bantuan Virus Corona Untuk Membeli Mobil dan Rumah Mewah

Pria AS Ditangkap Karena Gunakan Dana Bantuan Virus Corona Untuk Membeli Mobil dan Rumah Mewah

Ahad, 24 Jan 2021 20:30

Perpres No. 7/2021 Sangat Berbahaya

Perpres No. 7/2021 Sangat Berbahaya

Ahad, 24 Jan 2021 19:59

Erick Thohir Dipilih Jadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah, Ini Pesan dan Harapan Anis Byarwati

Erick Thohir Dipilih Jadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah, Ini Pesan dan Harapan Anis Byarwati

Ahad, 24 Jan 2021 19:46

Sukamta Minta Pemerintah Atasi Ekstremisme Tanpa Timbulkan Perpecahan

Sukamta Minta Pemerintah Atasi Ekstremisme Tanpa Timbulkan Perpecahan

Ahad, 24 Jan 2021 19:22

11 Milisi Syi'ah Dukungan Iran Tewas Dalam Penyergapan Pejuang Islamic State di Tikrit Irak

11 Milisi Syi'ah Dukungan Iran Tewas Dalam Penyergapan Pejuang Islamic State di Tikrit Irak

Ahad, 24 Jan 2021 19:21

Italia Perintahkan TikTok Blokir Akun Pengguna Setelah Kematian Bocah Berusia 10 Tahun

Italia Perintahkan TikTok Blokir Akun Pengguna Setelah Kematian Bocah Berusia 10 Tahun

Sabtu, 23 Jan 2021 21:30

Cina Beri Wewenang Penjaga Pantai Untuk Menembak Dan Menghancurkan Kapal Asing

Cina Beri Wewenang Penjaga Pantai Untuk Menembak Dan Menghancurkan Kapal Asing

Sabtu, 23 Jan 2021 20:15

Putra Pengusaha Suriah Yang Terkait Ledakan Beirut Selamat Dari Upaya Pembunuhan

Putra Pengusaha Suriah Yang Terkait Ledakan Beirut Selamat Dari Upaya Pembunuhan

Sabtu, 23 Jan 2021 19:45

Pemerintahan Biden Akan Tinjau Kesepakatan Perjanjian Dengan Taliban

Pemerintahan Biden Akan Tinjau Kesepakatan Perjanjian Dengan Taliban

Sabtu, 23 Jan 2021 18:15

Ketua Komnas HAM Bagaikan Merangkap Ketua Tim Pembela Polisi

Ketua Komnas HAM Bagaikan Merangkap Ketua Tim Pembela Polisi

Sabtu, 23 Jan 2021 17:55

Cerita Syekh Palestina Selesaikan Hafalan Quran Bersanad di Pengungsian

Cerita Syekh Palestina Selesaikan Hafalan Quran Bersanad di Pengungsian

Sabtu, 23 Jan 2021 17:50

Anis: Indonesia Mengulang Kondisi Krisis Ekonomi 1998

Anis: Indonesia Mengulang Kondisi Krisis Ekonomi 1998

Sabtu, 23 Jan 2021 17:26

Muadzin Baca Shalawat Setelah Adzan Dengan Keras, Bolehkah?

Muadzin Baca Shalawat Setelah Adzan Dengan Keras, Bolehkah?

Sabtu, 23 Jan 2021 14:00

12 Pengungsi Tewas Dibunuh Di Kamp Timur Laut Suriah Tempat Anggota Keluarga IS Ditahan

12 Pengungsi Tewas Dibunuh Di Kamp Timur Laut Suriah Tempat Anggota Keluarga IS Ditahan

Jum'at, 22 Jan 2021 23:16

Tahanan Palestina di Penjara Israel Meninggal Setelah Menerima Vaksin Virus Corona

Tahanan Palestina di Penjara Israel Meninggal Setelah Menerima Vaksin Virus Corona

Jum'at, 22 Jan 2021 22:37

Pantaskah Menuduh Curah Hujan Menjadi Penyebab Bencana Banjir?

Pantaskah Menuduh Curah Hujan Menjadi Penyebab Bencana Banjir?

Jum'at, 22 Jan 2021 19:42

Suami Menyusu ke Istrinya, Ini Pandangan Syaikh Bin Bazz!

Suami Menyusu ke Istrinya, Ini Pandangan Syaikh Bin Bazz!

Jum'at, 22 Jan 2021 17:08

Anggota DPR Ingatkan Penanggungjawab Penanganan Covid-19 Ada Dipundak Presiden Jokowi

Anggota DPR Ingatkan Penanggungjawab Penanganan Covid-19 Ada Dipundak Presiden Jokowi

Jum'at, 22 Jan 2021 12:38

Banjir Kalsel Akibat Kerusakan Lingkungan, Netty: Pemerintah Jangan Lepas Tangan!

Banjir Kalsel Akibat Kerusakan Lingkungan, Netty: Pemerintah Jangan Lepas Tangan!

Jum'at, 22 Jan 2021 08:43


MUI

Must Read!
X