Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.804 views

Nikah Muda, Why Not?

Oleh: Natasya

Sahabat muslimah voa-islam yang dirahmati Allah, kali ini kita akan membahas tentang nikah muda. Di zaman sekarang, nikah muda itu kalah vote dibandingin pacaran. Why? Karena remaja sekarang banyak yang berpikiran bahwa nikah muda itu ribet!

Yaiyalah. Kalau udah nikah, pasti bakalan repot. Apalagi kalau nikah sambil kuliah. Duh, udah harus ngladenin dosen yang galaknya minta ampun, pulang ke rumah masih harus ngelayanin suami, beres-beres rumah, ngurusin anak, ngerjain tugas kampus, dan semesta alasan ribet lainnya. Di sisi lain, kita manusia yang punya nafsu. Ada rasa suka sama lawan jenis, ketertarikan sama lawan jenis, dan lain-lain. Kalau suruh nikah, pasti nolak karena belum siap. Akhirnya pacaran menjadi solusi. Hish, ajaran siapa tuh, solusinya kok pacaran.

Di Islam kan nggak ngajarin kayak gitu. Apalagi pacaran ala zaman now itu udah nggak bisa disebut pantas, guys. Habisnya, nih, banyak banget anak-anak SD khususnya, SMP, SMA, yang kalau pacaran, tuh, anti-mainstream, deh. Dari cara manggil pasangannya aja udah berlagak dewasa. Mama, Papa, Abi, Ummi. Astaghfirullah... Kalau dari cara manggil aja udah kayak gitu, apalagi kelakuannya. Yakin, deh, bisa-bisa kebablasan, tuh. Naudzubillah.

Apa sih keuntungan dari pacaran itu sendiri? kepuasan batin? Halah, omong kosong, itu. Malah menekan batin, dan bikin stres sih, iya. Bukti? Lihat aja. Hamil duluan, yang hamilin nggak mau tanggungjawab. Yang dihamilin bingung luntang-lantung bawa perut yang membuncit sambil menangis penuh penyesalan. Bahkan nggak sedikit yang saking stresnya, nih, nekat nggugurin kandungan, and nekat bunuh diri. Duh, dosanya kan jadi berlipat-lipat. Astaghfirullah. Miris kan? Hiks.

Baru-baru ini, ada beberapa remaja SMP melakukan pernikahan dini. Salah satunya yang bikin geger, nih, dua anak remaja yang berinisial IR dan ZA. Iya, yang diundang di acara Hitam Putih itu. Awal kisah mereka adalah, ketika mereka bertemu di pasar malam. Pandangan pertama awal aku berjumpa.. lalalal... (eh, malah nyanyi. Fokus! Fokus!) Setelah itu, barulah saling Whatsapp. Dan, ternyata mereka menyatakan akan menikah. Jedder!

Alasan mereka ingin segera menikah karena ingin menghindari dosa dan perzinaan. Kata sang Ibu ZA, bahwa mereka sering ketemuan, malem-malem lagi. Ibunya udah ngelarang, tapi dua anak ABC eh, ABG, ding, nekat mau ketemu. Akhirnya neneknya saranin buat nikahin mereka berdua aja. Awalnya kedua pihak keluarga nggak setuju. Cuman, ya, mau gimana lagi, dua anak ini udah dimabuk cinta. Jadi direstuin aja, deh. Tapi walaupun pernikahan mereka akhirnya dibatalkan karena tidak disetujui oleh KUA.

Dalam acara Hitam Putih saat itu juga membahas tentang bahayanya menikah di usia dini secara kesehatan. Salah satunya, wanita usia 10-14 tahun memiliki risiko lima kali lebih besar untuk meninggal saat hamil dan persalinan daripada wanita usia 20-24 tahun. Pernikahan seharusnya dilakukan karena pasangan telah siap secara psikologis, emosional, fisik, serta finansial.

Okelah, guys. Daripada pacaran, pernikahan dini menjadi solusi agar tidak mendekati zina. Sebagaimana Allah telah ungkapkan dalam firmannya di Surat Al-Isra’ ayat 32:

 وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“ Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.”

Tapi, gusys. Nikah sih, nikah. Pertanyaannya, apakah kita sudah siap secara lahir dan batin dalam menikah? Dalam Islam emang nggak melarang kita nikah umur berapa pun. Tapi Islam memberikan tanggung jawab dalam pernikahan. Tanggung jawab sebagai Ibu yang melayani suami dan mendidik anak, dan tanggung jawab suami dalam menafkahi keluarganya. Masalahnya, sudah siapkah kita dengan semua itu? Kalau sudah siap, bagus. Silakan menikah muda. Bila belum siap, maka persiapkan dulu dengan belajar yang rajin baik ilmu agama maupun ilmu rumah tangga. 

Tahan nafsu dengan puasa dan yang pasti, tundukkan pandangan. Banyak-banyak dzikrullah agar syaitan tak punya celah untuk mengajak mendekati zina. So, bukan nikah mudanya yang bermasalah tapi sejauh mana kematangan tiap individu untuk membekali diri. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Semakin Berkah, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

Zakat Fitrah IDC: Ramadhan Semakin Berkah, Sempurnakan Ibadah Ramadhan dengan Zakat

IDC menerima zakat fitrah Rp 40.000 hingga 51.000 per-jiwa, disalurkan kepada Mustahiq dengan prioritas Muallaf dan Fakir Miskin dari kalangan yatim, aktivis Islam, dan dhuafa terdampak pandemi...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Latest News
Saudi Akan Mulai Cabut Pembatasan Pencegahan Virus Corona

Saudi Akan Mulai Cabut Pembatasan Pencegahan Virus Corona

Selasa, 26 May 2020 19:44

Taat Protokol Kesehatan, Perwujudan Kesholehan Sosial

Taat Protokol Kesehatan, Perwujudan Kesholehan Sosial

Selasa, 26 May 2020 18:57

Sulit Hidup Berdamai dengan Corona

Sulit Hidup Berdamai dengan Corona

Selasa, 26 May 2020 17:38

Muslim di Italia Ikuti Aturan Pencegahan Virus Corona Saat Rayakan Idul Fitri

Muslim di Italia Ikuti Aturan Pencegahan Virus Corona Saat Rayakan Idul Fitri

Selasa, 26 May 2020 16:56

Update 26 Mei 2020 Infografis Covid-19

Update 26 Mei 2020 Infografis Covid-19

Selasa, 26 May 2020 16:28

Gelar Halal Bihalal di Tengah Corona, IPW Minta Mendagri Tindak Tegas Rektor IPDN

Gelar Halal Bihalal di Tengah Corona, IPW Minta Mendagri Tindak Tegas Rektor IPDN

Selasa, 26 May 2020 15:06

Miris! Di Tengah Corona, Kampus IPDN Gelar Halal Bihalal Undang Penyanyi dari Jakarta

Miris! Di Tengah Corona, Kampus IPDN Gelar Halal Bihalal Undang Penyanyi dari Jakarta

Selasa, 26 May 2020 14:02

Klarifikasi MUI Soal Viral Surat Larangan Rapid Test Covid-19

Klarifikasi MUI Soal Viral Surat Larangan Rapid Test Covid-19

Selasa, 26 May 2020 13:29

PKS: Kado Pedih Lebaran, Enam ABK Indonesia Tewas di Kapal China

PKS: Kado Pedih Lebaran, Enam ABK Indonesia Tewas di Kapal China

Selasa, 26 May 2020 12:23

Berjuang, Berdoa, dan Bertawakal  Melawan Covid-19

Berjuang, Berdoa, dan Bertawakal Melawan Covid-19

Selasa, 26 May 2020 10:45

Heran Habib Bahar Digunduli, Politisi Gerindra Akan Cecar Menkumham Yasonna

Heran Habib Bahar Digunduli, Politisi Gerindra Akan Cecar Menkumham Yasonna

Selasa, 26 May 2020 09:46

Cegah Gelombang Kedua Penularan Covid-19, Anies Baswedan Perketat Pintu Masuk ke Jakarta

Cegah Gelombang Kedua Penularan Covid-19, Anies Baswedan Perketat Pintu Masuk ke Jakarta

Selasa, 26 May 2020 08:57

Aa Gym Terkena Hoaks

Aa Gym Terkena Hoaks

Selasa, 26 May 2020 07:43

Jurus Gubernur Anies Cegah Gelombang Kedua Corona di Jakarta

Jurus Gubernur Anies Cegah Gelombang Kedua Corona di Jakarta

Selasa, 26 May 2020 06:52

150 TKA China di Jember Dipulangkan ke Negaranya

150 TKA China di Jember Dipulangkan ke Negaranya

Selasa, 26 May 2020 05:46

Pendemi Menghantam Negeri, KDRT kian Bersemi; Salah Siapa?

Pendemi Menghantam Negeri, KDRT kian Bersemi; Salah Siapa?

Senin, 25 May 2020 23:05

Lebaran Seru #diRumahAja

Lebaran Seru #diRumahAja

Senin, 25 May 2020 22:30

Tentara Pakistan Peringatkan India Terkait Status Wilayah Sengketa Kashmir

Tentara Pakistan Peringatkan India Terkait Status Wilayah Sengketa Kashmir

Senin, 25 May 2020 21:35

Pria Bersenjata Serang dan Bakar Markas Milisi Syi'ah Dukungan Iran di Maysan Irak

Pria Bersenjata Serang dan Bakar Markas Milisi Syi'ah Dukungan Iran di Maysan Irak

Senin, 25 May 2020 21:15

Pemerkosaan Hak Asasi Habib Bahar bin Smith

Pemerkosaan Hak Asasi Habib Bahar bin Smith

Senin, 25 May 2020 21:14


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X