Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.531 views

Doa Tertolak Tersebab Harta dan Makanan Haram

 

Oleh:

Dini Prananingrum

Pembina Pengajian Keluarga Sakinah Yogyakarta

 

"Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri." (QS An-Nisa' 79)

Seringkah kita merenungi maksud ayat tersebut? Bahwa segala nikmat itu datangnya dari Allah, sementara bencana yang menimpa kita, itu tersebab dari kesalahan kita sendiri. 

Termasuk tertolaknya doa-doa kita, tak harmomisnya rumah tangga kita atau kesempitan hidup yang terus menghimpit dll? 

Banyak orang tak menyadari bahwa makanan dan harta haram memiliki hubungan dengan terkabulnya doa seseorang di hadapan Allah SWT. Atau penyebab kehinaan hidup di dunia. Bahkan para ulama, generasi awal, sangat bersungguh-sungguh mencegah agar tidak mengkonsumusi makanan haram dan menggunakan harta haram. Itu semua disebabkan karena hal-hal yang diharamkan, kalau sampai ”tertelan” dapat menyebabkan timbulnya dampak yang amat buruk terhadap pelakunya.

Sa’ad bin Abi Waqash bertanya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW), ”Ya Rasulullah, doakan saya kepada Allah agar doa saya terkabul.” Rasulullah menjawab, ”Wahai Sa’ad, perbaikilah makananmu, maka doamu akan terkabulkan.” (HR At Thabrani).

Banyak yang tak memperhatikan bahwa jika ada sedikit saja makanan dan harta haram yang kita makan akan mampu mencampakkan pelakunya ke neraka. Naudzubillah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda,”Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali neraka lebih utama untuknya.” (HR At Tirmidzi).

Ada juga yang beranggapan ketika bersedekah sebanyak-banyaknya, infaq membantu anak yatim, dhuafa, maupun faqir miskin akan menghantarkan mereka masuk ke SurgaNya, padahal harta sedekahnya bercampur dengan harta yang haram, seperti mendapatkannya dengan korupsi, mencuri, menipu, riba, dll.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda, ”Barang siapa mengumpulkan harta haram, kemudian menyedekahkannya, maka tidak ada pahala baginya dan dosanya untuknya.” (HR Ibnu Huzaimah).

Rasulullah pun menegaskan bahwa amalan kita tidak akan diterima selama 40 hari jika ada makanan haram maupun suapan makanan yang bersumber dari harta haram. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda, "Ketahuilah, bahwa suapan haram jika masuk dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (HR At Thabrani).

Bahkan haji menggunakan harta haram pun akan tertolak. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) bersabda,”Jika seorang keluar untuk melakukan haji dengan nafaqah haram, kemudian ia mengendarai tunggangan dan mengatakan,”Labbaik, Allahumma labbaik!” Maka, yang berada di langit menyeru,” Tidak labbaik dan kau tidak memperoleh kebahagiaan! Bekalmu haram, kendaraanmu haram dan hajimu mendatangan dosa dan tidak diterima. (HR At Thabrani).

Maka, sedikit dari yang halal itu lebih membawa berkah di dalamnya. Sedangkan yang haram, walaupun jumlahnya banyak hanya cepat hilang dan Allah akan menghancurkannya cepat atau lambat. 

Lalu bagaimana tipsnya agar terbebas dari yang haram: 

1. Bangun pondasi keimanan yang benar dan kokoh. Hingga tak mudah tergoda dengan yang haram, syubhat maupun makhruh.

2. Pahami makna ibadah yang sebenarnya.

Manusia, alam semesta dan kehidupan ini tidak terwujud dengan sendirinya. Ada Allah SWT yang menciptakan. Manusia hadir di bumi Allah tak lain untuk beribadah kepadaNya. Dimana makna ibadah adalah taat kepada Allah dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dalam setiap ruas kehidupan. Yang artinya, segala aktivitas kita mulai bangun tidur hingga tidur kembali selalu terikat pada Syariat-Nya. Karena sebuah kaidah ushul fiqh menyatakan "al ashlu fi af'alil ibad taqayyud bi ahkamisy syar'iy (hukum asal perbuatan hamba terikat dengan hukum syara)" artinya wajib kita mengetahui hukum sebelum beramal. 

Termasuk mengetahui hukum mengambil riba/bunga bank termasuk halal kah atau haram? Mengkonsumsi makanan yang mengandung rum, ang cui itu halal atau haram kah? Kosmetik yang mengandung alkohol, mercury, paraben dan bahan yang tidak tayyib lainnya diperbolehkan dipakai atau tidak? 

Dengan memahami makna ibadah yang benar, maka kita akan berusaha mencari hukumnya dan mendalami faktanya terlebih dahulu sebelum beramal. Ini akan menjaga kita agar terselamatkan dari yang haram. 

3. Meninggalkan segala kebiasaan yang buruk, baik itu perkara haram maupun syubhat.

Termasuk berhutang riba, asuransi maupun kulineran yang belum jelas halal haramnya. Berdasarkan website http://www.halalmui.org/ berikut ini adalah daftar restoran yang belum bersertifikat halal MUI per Desember 2018 : 

• J-Co Donuts

• Bread Talk Roti

• Roti Boy

• Papa Rons Pizz

• Izzi Pizza

• Baskin ‘n Robbins

• Richeese Keju

• Coffee Bean

• Dapur Coklat

• Starbucks Coffee

• Hanamasa

• Rice Bowl

• Ded Bean

• Burger King

Semuanya (14 produk tersebut) BELUM BER-SERTIFIKAT HALAL sehingga MUI tidak menjamin. 

Namun, tidak otomatis semua produk tersebut pasti haram melainkan syubhat. Dan semua yang syubhat lebih baik ditinggalkan. “Sesungguhnya yang halal itu jelas, sebagaimana yang haram pun jelas. Diantara keduanya terdapat perkara syubhat yang masih samar, yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Barangsiapa yang menghindarkan diri dari perkara syubhat, maka ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Barangsiapa yang terjerumus ke dalam perkara syubhat, maka ia bisa terjatuh pada perkara haram". (HR Bukhari Muslim).

4. Mempelajari Islam secara kaffah, baik yang terkait aqidah, akhlaq, adab, syariat termasuk muamalah. Sehingga terhindar dari muamalah yang berbalut riba dan akad bathil. 

"Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus." (Ali bin Abi Thalib, ra).

5. Senantiasa bertawakal dan mengingat mati. 

Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendakiNya). Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS ath-Thalaq : 3).

Juga dengan mengingat kematian menjadikan seseorang semakin mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Allah. Karena barangsiapa mengetahui bahwa ia kelak akan menjadi mayit, pasti akan berjumpa dengan Allah dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang amalnya didunia. Maka ia pasti akan mempersiapkan jawaban dengan melakukan amalan terbaik selama hidupnya. Hingga tak sempat terbesit sedikitpun untuk mengambil yang haram. 

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi…” (QS Al-Baqarah : 168).

"Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS Al-Baqarah: 275).

Setelah mengetahui bahwa yang dihalalkan Allah SWT adalah semua yang baik dan yang diharamkan semuanya pasti buruk bahkan menghalangi terkabulnya doa, lantas apalagi yang menjadi halangan untuk menghindari yang haram dan hanya mengambil yang halal saja?Wallahu a'lam bishawab.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Latest News
AS Ancam Putus Pembagian Data Intelijen Pada Negara yang Menggunakan Teknologi Huawei Cina

AS Ancam Putus Pembagian Data Intelijen Pada Negara yang Menggunakan Teknologi Huawei Cina

Senin, 17 Feb 2020 20:00

Taliban Tewaskan 5 Tentara Afghanistan dalam Serangan di Pangkalan Militer Shora Khak Kunduz

Taliban Tewaskan 5 Tentara Afghanistan dalam Serangan di Pangkalan Militer Shora Khak Kunduz

Senin, 17 Feb 2020 19:45

Rezim Teroris Assad Rebut Kembali Sebagian Besar Aleppo Menjelang Pembicaraan Rusia-Turki

Rezim Teroris Assad Rebut Kembali Sebagian Besar Aleppo Menjelang Pembicaraan Rusia-Turki

Senin, 17 Feb 2020 19:30

Cina Laporkan Meningkatnya Kasus Virus Baru Saat Jumlah Kematian Mendekati 1.800

Cina Laporkan Meningkatnya Kasus Virus Baru Saat Jumlah Kematian Mendekati 1.800

Senin, 17 Feb 2020 19:15

KH Tengku Zulkarnain: Masak Zaman Teknologi 5.0, Masih Ada Orang Besar Percaya Klenik

KH Tengku Zulkarnain: Masak Zaman Teknologi 5.0, Masih Ada Orang Besar Percaya Klenik

Senin, 17 Feb 2020 18:26

Jokowi Dilarang ke Kediri Karena Mitos Akan Lengser, Demokrat Bandingkan dengan SBY

Jokowi Dilarang ke Kediri Karena Mitos Akan Lengser, Demokrat Bandingkan dengan SBY

Senin, 17 Feb 2020 17:54

Elemen Pers Tolak Campur Tangan Pemerintah Lewat Omnibus Law

Elemen Pers Tolak Campur Tangan Pemerintah Lewat Omnibus Law

Senin, 17 Feb 2020 17:15

Harga Gula Menggila, Komisi IV DPR: Ini Permainan Mafia

Harga Gula Menggila, Komisi IV DPR: Ini Permainan Mafia

Senin, 17 Feb 2020 16:19

Eks Jubir Gus Dur: Pantangan Penguasa Itu Bukan Kediri, tapi ke Diri

Eks Jubir Gus Dur: Pantangan Penguasa Itu Bukan Kediri, tapi ke Diri

Senin, 17 Feb 2020 15:38

Banjir DKI Kok Surveinya di 34 Provinsi, Pasti Ngawur!

Banjir DKI Kok Surveinya di 34 Provinsi, Pasti Ngawur!

Senin, 17 Feb 2020 14:05

Ketua BPIP, dari Kesombongan Horizontal Menuju Kesombongan Vertikal

Ketua BPIP, dari Kesombongan Horizontal Menuju Kesombongan Vertikal

Senin, 17 Feb 2020 13:53

Ada Upaya RUU Cipta Kerja Cabut Peran MUI, IHW: Jangan Kooptasi Hukum Agama dengan Hukum Negara

Ada Upaya RUU Cipta Kerja Cabut Peran MUI, IHW: Jangan Kooptasi Hukum Agama dengan Hukum Negara

Senin, 17 Feb 2020 08:54

Legislator: Omnibus Law Cipta Kerja Jangan Merusak Lingkungan

Legislator: Omnibus Law Cipta Kerja Jangan Merusak Lingkungan

Senin, 17 Feb 2020 08:05

Menlu Turki: Haftar Tidak Menginginkan Solusi Politik Tetapi Solusi Militer

Menlu Turki: Haftar Tidak Menginginkan Solusi Politik Tetapi Solusi Militer

Ahad, 16 Feb 2020 20:35

Laporan: Militer AS Tolak Tarik Seluruh Pasukan dari Irak, Tawarkan Penarikan Sebagian

Laporan: Militer AS Tolak Tarik Seluruh Pasukan dari Irak, Tawarkan Penarikan Sebagian

Ahad, 16 Feb 2020 20:11

Muslimah Wahdah Jakarta-Depok Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan

Muslimah Wahdah Jakarta-Depok Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan

Ahad, 16 Feb 2020 17:19

Kelompok Yahudi AS Kunjungi Arab Saudi untuk Pertama Kali

Kelompok Yahudi AS Kunjungi Arab Saudi untuk Pertama Kali

Ahad, 16 Feb 2020 17:15

Tanggapi Kepala BPIP, MUI: Jangan Ada yang Sok Pancasilais, Justru Melanggar Pancasila

Tanggapi Kepala BPIP, MUI: Jangan Ada yang Sok Pancasilais, Justru Melanggar Pancasila

Ahad, 16 Feb 2020 16:17

The 2nd HIEX 2020, Ratusan Produk Halal dan Syariah Hadir di Pameran Halal Terbesar di Indonesia

The 2nd HIEX 2020, Ratusan Produk Halal dan Syariah Hadir di Pameran Halal Terbesar di Indonesia

Ahad, 16 Feb 2020 16:14

Urun Modal Syirkah Bebas Riba di RM Padang Express 02

Urun Modal Syirkah Bebas Riba di RM Padang Express 02

Ahad, 16 Feb 2020 16:08


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X