Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.493 views

Pacaran Usia Dini, Dimana Peran Orangtua?

 

Oleh: Ameena N

Viral video-video interview di TikTok yang mewawancarai bocah-bocah yang pacaran. Iya, yang penampilannya udah kayak ABG padahal masih SD. Gaya pacarannya sudah seperti sangat berpengalaman dalam berpacaran. Entah lucu entah miris sama pemandangan semacam itu. Masih kecil-kecil sudah pandai pacaran, saling manggil Abi, Ummi pula. Bukan berarti kalau sudah besar pacaran jadi halal dilakukan. Maksudnya, masih kecil saja sudah begitu, apalagi kalau besar nanti. Apa tidak makin liar? Semoga saja tidak, ya?

Sering bertanya-tanya jika menonton video interview semacam itu. Orang tuanya ke mana, ya? Apa mereka tidak tahu bahwa anaknya pacaran? Memang, masyarakat kita sekarang sudah seperti menormalisasi pacaran, tapi tetap saja. Mereka ini masih kecil-kecil. Pengawasan orang tua masih sangat-sangat dibutuhkan di usia-usia tersebut. Uhm, sepertinya ada yang salah. Yuk, bedah!

Di manakah peran orang tua?

“Setiap anak lahir dalam keadaan suci, dan orangtuanyalah yang membuatnya Yahudi Kristen atau Majusi.” (Shahih Muslim).

Tidak ada anak yang berperilaku buruk karena karakter alaminya, biasanya hal tersebut dilakukannya berdasarkan apa yang ia lihat, dengar, rasakan dan pelajari dari lingkungan hidupnya sehari-hari. Jadi, bila anak berkelakuan a, b, c, jangan salahkan dirinya atau memarahinya terlebih dahulu. Lihat dulu lingkungannya, bisa jadi dia meniru perilaku buruk tersebut dari apa yang ia dengar, lihat, dan rasakan sehari-hari.

Tapi lingkungannya baik-baik aja, kok. Orangtuanya juga kelakuannya baik-baik aja. Kalau begitu, coba cek HP-nya. Apa saja yang dikonsumsi oleh anak? Tayangan-tayangannya, apakah ada yang tidak beres? Jangan salah, gadget itu di era sekarang punya peran besar bagi tumbuh kembangnya seorang anak. Orang tua tidak boleh lengah atau menganggap remeh hal ini.

Perhatian dan kasih sayang

Seorang Badui datang kepada Rasulullah dan berkata: “Kalian mencium anak laki-laki, sedangkan kami tidak pernah melakukannya.” Rasulullah mengatakan, “Aku tidak bisa menanam kasih sayang di hatimu bila Allah mencabutnya. (HR. Bukhari).

Rasulullah mencontohkan bahwa kasih sayang kepada anak itu penting terlepas dari umur atau gendernya. Bukan manjain. Tapi memberikan hak untuk kebutuhan emosionalnya. Seperti memeluk, memuji, dan mencium. Itu semua ekspresi kasih sayang. Jika anak mendapatkan haknya itu, maka anak akan lebih bisa dan mau mendengarkan orangtuanya. Dia menganggap bahwa peran dari orang tuanya itu ada, sehingga dia bisa memikirkan orang tuanya terlebih dahulu jika ingin berbuat sesuatu yang bisa membuat orang tuanya kecewa.

Jika bukan orang tua, siapa lagi yang akan memperhatikan dan membimbing mereka. Kebanyakan dari mereka pun pacaran dan salah pergaulan itu karena tidak adanya peran orang tua alias kurang kasih sayang. Jadi pelampiasannya ya ke arah situ-situ. Daripada bergantung dan percaya ke orang tua mereka, mereka lebih suka percaya dan mengandalkan teman-temannya. Kalau teman-temannya sholeh sholehah, ya, nggak masalah. Tapi kalau modelannya yang banyak ngajakin kegiatan ngawur seperti pacaran, ya, wasalam. Kemarin yang viral, geng Citayam Fashion Week itu pun salah satu contoh lalainya orang tua dalam memperhatikan anaknya. Dan itu fakta.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6).

Memelihara keluarga kita dari api neraka adalah tujuan utama dalam membangun rumah tangga. Jadi jangan sampai lupa hal dasar ini, khususnya untuk para suami sebagai kepala rumah tangga. Allah sudah memperingatkan kita dengan firman-Nya di atas. Mari, kita tengok lagi anak-anak kita. Apa kontribusi kita selama ini sudah cukup untuk membuat mereka kenal dan takut kepada Allah? Wallahua’alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X