Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.519 views

Dilema Pendidikan Bagi Muslim di China

Meski tinggal di daerah otonom, ribuan Muslim Cina menderita di bawah sistem pendidika keras yang diberlakukan oleh pemerintah komunis untuk mengikis pengetahuan akan Al-Qur'an dan studi agama dari sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.

"Kami hanya diperbolehkan mempelajari Qur'an sekali saat kita berada di kampus," kata Hui, seorang mahasiswa di perguruan tinggi Yinchuan di wilayah   otonom Ningxia kepada The Hindu. Yinchuan perguruan tinggi tidak terkecuali.

Di Ningxia, salah satu dari lima daerah otonom China, sebagian besar sekolah dasar dan menengah tidak mengizinkan studi tentang Al Quran atau bahasa Arab untuk siswa Muslim.

Pemerintah China mengklaim untuk mengijinkan daerah otonom, rumah bagi 55 kelompok minoritas, untuk mendirikan sistem pendidikan mereka sendiri  di bawah Undang-Undang Otonomi Daerah.

Dalam prakteknya, kebijakan yang ditetapkan oleh Beijing dan disutradarai oleh sekretaris Partai Komunis setempat, yang memegang kekuasaan.

Sebagai contoh, pelajaran yang diberikan kepada 420 mahasiswa di Ningxia Islamic College  biasanya membingungkan.

Di pagi hari, para siswa yang merupakan bagian dari 10 juta  kelompok minoritas Muslim Cina Hui, membaca ayat-ayat dari Al Quran dan belajar bahasa Arab.

Ketika pelajaran sore dilanjutkan, siswa beralih ke buku teks Cina tentang teori Sosialis, belajar tentang modal, tenaga kerja dan filosofi Partai Komunis.

"Sosialisme dan Islam, biasanya bukanlah pelajaran yang cocok," kata Ma Ming Xian, wakil dekan perguruan tinggi, sambil tersenyum.

Pesan komunis terlihat jelas di perguruan tinggi Islam lainnya, seperti perguruan tinggi Islam di Yinchuan.

Di kampus ini, para guru mengatakan prioritas mereka adalah untuk memastikan bahwa siswa diarahkan pada pandangan "patriotisme di atas agama".

"Negara ini datang pertama, dan kemudian agama Anda. Itu adalah pesan kami," kata Ma.

Mengikis Identitas

Banyak Muslim Cina memprotes pada program pendidikan pemerintah yang bertujuan untuk mengikis agama dari generasi muda.

"Pada waktu siswa mulai membaca Al Qur'an, mereka sudah terlalu tua dan telah meninggalkan sekolah," kata Ilham (bukan nama sebenarnya), seorang guru sekolah dasar di Kashgar di barat Xinjiang.

"Dan pada saat mereka mulai belajar," tambahnya, "mereka telah kehilangan minat."

Hal ini tidak hanya di sekolah.

Pemerintah daerah baik di Xinjiang dan Ningxia telah melancarkan kampanye melawan jadwal belajar Alquran informal, menangkap setiap penduduk lokal yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar Al Quran.

Seiring dengan kampanye pada Al-Qur'an dan studi Arab, pemerintah juga telah menerapkan rencana baru di Xinjiang untuk mempromosikan studi bahasa Cina Mandarin. Rencana ini bertujuan untuk mengikis penggunaan bahasa Uighur Turki.

Dalam dua tahun terakhir saja, Xinjiang telah mendirikan 1.500 sekolah bilingual, yang sekarang mendominasi 85 persen dari semua taman kanak-kanak.

Di sekolah-sekolah, masyarakat Uighur banyak yang mengatakan studi agama dan budaya Uighur yang diberikan kurang diperhatikan.

"Ada kritik terhadap pemerintah China yang mempopulerkan bahasa Mandarin," kata Pan Zhiping, seorang sarjana di Akademi Ilmu Sosial Xinjiang.

Islam, agama terbesar kedua di Cina, memiliki sejarah yang sangat panjang di wilayah barat China.

Sejarawan percaya bahwa Islam menyebar ke China oleh diplomat Muslim dan pedagang antara tahun 630  hingga 751  selama Dinasti Tang.

Menurut data resmi, di Cina terdapat 20 juta Muslim, kebanyakan dari mereka terkonsentrasi di Xinjiang, Ningxia, Gansu, dan wilayah Qinghai.

Komunitas Muslim yang lebih kecil juga dapat ditemukan di seluruh bagian Cina.

Secara tidak resmi, kelompok Muslim mengatakan terdapat 65 hingga 100 juta Muslim di Cina, yang merupakan 7,5 persen dari total populasi.

[muslimdaily.net/
onislam]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslim Daily lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X