Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.570 views

Perpecahan Mujahidin Membuat Kemenangan Rezim Bashar al-Assad

Jakarta (voa-islam.com) Pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar Assad berhasil  merebut momentum 'kemenangan' dalam perang saudara di negara itu dalam beberapa pekan terakhir.

Pasukan yang setia kepada Bashar yang merasa penuh kemenangan  itu, kemudian menancapkan bendera pemerintah Suriah dua-bintang di tengah bangunan yang sudah hancur dan menjadi puing–puing.

Meskipun kemarahan global atas penggunaan senjata kimia, pemerintah Assad berhasil mengeksploitasi perpecahan di kalangan oposisi, dan  berkurangnya bantuan asing yang menyebabkan oposisi kehilangan  dukungan  yang signifikan. Semua terkait dengan hal yang sama yaitu, ketakutan luar biasa terhadap dengan kekuatan Mujahidin yang telah menjadi kekuatan  utama pemberontakan melawan Bashar al-Assad .

Ketakutan Amerika Serikat, Rusia, China, Uni Eropa, Israel, dan Arab Saudi serta negara Teluk,  terhadap masa depan Suriah akan jatuh ke tangan kekuatan Islam yang berafiliasi dengan al-Qaidah, membuat mereka semua membiarkan para pejuang Islam atau Mujahidin, dan terus melemahkan mereka, dan mengarahkan penyelesaian krisis di Suriah dengan perundingan damai, dan menutup peluang Suriah menjadi sebuah Imarah (Daulah Islam).

Kondisi dan situasi di Suriah ini, kemudian menjadi keuntungan yang memperkuat posisi pemerintah Bashar al-Assad dalam pembicaraan damai. Assad akan berusaha melakukan eksit (keluar dari kekuasaannya) dengan jaminan keamanan, dan mungkin masih tetap akses kekuasaan di Suriah.

Baik pemerintah Suriah dan oposisi  mengatakan mereka siap  menghadiri konferensi perdamaian yang diusulkan di Jenewa. AS dan Rusia berusaha bertemu mengarahkan jalannya konferensi yang membahas perdamaian di Suriah.

Meskipun masih belum jelas apakah pertemuan itu memang akan terjadi? Oposisi yang didukung Barat di pengasingan  yang memiliki sedikit dukungan di antara pejuang di Suriah dan kontrol atas mereka , telah menetapkan beberapa kondisi untuk berpartisipasi di Jenewa. Mereka menuntut  Assad tidak ikut  dari pemerintahan transisi, tetapi gagasan  ditolak bulat-bulat oleh Damaskus.

"Presiden Bashar Assad akan menuju tahap transisi apapun di Suriah, suka atau  tidak", kata Omar Ossi, anggota parlemen Suriah, kepada The Associated Press, Minggu, 17/11/2013.

Jatuhnya kota Aleppo, kota terbesar kedua sesudah Damaskus, merupakan keuntungan bagi rezim Bashar al-Assad, sehingga  memperkuat posisi Assad, dan semakin banyak kemajuan pemerintah, semakin mengabaikan tuntutan oposisi yang lemah.

"Assad ingin pergi ke Jenewa dengan  posisi yang kuat",kata Hisyam Jaber , seorang pensiunan jenderal tentara Libanon yang mengepalai Middle East Center di Beirut berbasis Studi dan Penelitian Politik. "Dia mencoba hari demi hari untuk memenangkan  di medan perang, dan ketika ia harus berunding di Jenewa”, ungkap Jaber.

Pemerintah Suriah mencapai  kemenangan terbesarnya di pinggiran kota di selatan Damaskus, di mana pasukan militer yang didukung oleh kelompok Syiah Hizbullah Lebanon dan militan Syiah dari Irak telah mengusai  lima kota sejak 11 Oktober.

Kemenangan pasukan Assad yang terbaru adalah  jatuhnya Hejeira, di mana pasukan militer Suriah berhasil menyapu bersih kota itu,  hanya beberapa hari setelah memenangkan perang di  pinggiran kota yang berdekatan Sbeineh, Rabu lalu.

Di utara Suriah, pasukan Assad telah memenangkan  dua kota bulan ini - Safira dan Tel Aran, tenggara kota  Aleppo - dan telah merebut kembali sebuah pangkalan militer dekat bandara internasional Aleppo itu.

Aleppo, kota terbesar di negara itu dan bekas  ibukota perdagangan dan ekonomi Suriah, merupakan hadiah utama dalam perang di Suriah. Pasukan Bashar Assad dan oposisi telah berjuang selama musim panas 2012, perang yang sangat dahsyat antara kubu oposisi dengan pasukan  pemerintah meninggalkan banyak korban  di reruntuhan kota itu.

Dengan kemenangan pemerintah mengubah pendulun konflik selama hampir tiga tahun terakhir, dan  berbalik mendukung  mendukung Assad saat ini .

Namun, kemajuan pemerintah sekitar Aleppo menghadapi kesulitan lebih besar menghadapi Mujahidin dan kekuatan  oposisi,  sejak  Mujahidin dan opoisi di utara – di mana sebagian besar wilayah itu jatuh ke pejuang  anti - Assad selama tahun.

Faktor kemenangan rezim Bashar al-Assad, akibat dilumpuhkan oleh pertikaian antara  kekuatan yang memiliki hubungan dengan al- Qaida,  yaitu  Negara Islam di Irak, dan berlangsung konflik diantara para pejuang, serta melemahkan posisi mereka di utara. Pejuang dari kelompok Mujahidin yang  sebagian besar dari mereka orang asing,  berulang kali bentrok dengan brigade pejuang  oposisi  yang lebih moderat, mengibatkan puluhan orang tewas di kedua belah pihak .

Kelompok oposisi, khususnya kelompok Negara Islam, faksi utama Mujahidin telah terlibat dalam konflik sangat keras dengan kelompok pejuang minoritas Kurdi di Suriah  yang memiliki kekuatan yang  besar di timur laut dan bagian dari provinsi Aleppo.

Faktor konflik internal inilah yang   melemahkan kekuatan oposisi dan menggerogoti upaya  menggulingkan Assad. Mereka juga telah memberikan celah bagi pemimpin Suriah  mengeksploitasi perpecahan itu.

"Konflik antara kami sendiri mengakibatkan timbulnya kerusakan", ujar Abu Thabet , komandan Batalyon Pedang Aleppo,  melalui telepon. "Enam bulan lalu, pasukan rezim Bashar al-Assad, selalu defensif,  dan kami  menyerang terlebih dahulu. Sekarang, setelah kami bertikai, kemudian  Bashar selalu menyerang dahulu. Mereka menyerang, dan kami membela diri ",  Abu Thabet berbicara kepada wartawan di perbatasan Turki.

Sebagaian kalangan oposisi agak  frustrasi dengan keputusan Presiden AS Barack Obama dengan mencari jalan diplomatik melucuti senjata kimia Damaskus.Serangan AS itu  dihindari berkat usulah Rusia yang akan menghancurkan senjata kimia Suriah pada pertengahan 2014.

Banyak oposisi telah mengharapakn  intervensi militer Amerika - bahkan jika dalam skala terbatas seklipun - akan membantu oposisi, tetapi Barack Obama membatalkannya. Banyak pejuang oposisi melihat kesepakatan diplomatik, sebagai memberikan lampu hijau kepada  Assad terus membunuh rakyat dengan senjata konvensional.

Sementara itu, aliran senjata dan amunisi dari perbatasan di Turki  melambat menjadi tetesan, dan oposisi mengatakan Ankara semakin khawatir tentang peran penting dan bangkitnya kekuatan militan Islam  yang akan menjadi ancaman regional di masa depan. Bahkan, Arab Saudipun ikut menggembosi Mujahidin yang bertempur di medan laga Suriah.

“Dukungan dari dewan militer Aleppo dan sekitarnya berhenti sepenuhnya”, kata Abu Thabet , mengacu kepada sumber yang mengkoordinasikan aliran senjata dari Turki ke batalyon oposisi di medan perang.

Semua merasa kawatir dan takut dengan bangkitnya kekuatan islam yang sekarang menjadi sebuah fenomena baru di seluruh dunia Arab. Mereka mengambil langkah yang sangat dramatik dengan mengumumkan perang terhadap toghut, tanpa mengenal dampak dan akibatnya.

Namun, perpecahan dan kurangnya keikhlasan telah memperlambat kemenangan dan pertolongan Allah Azza Wa Jalla.

Di tengah perpecahan kalangan Mujahidin sebuah langkah menyatukan telah dilakukan oleh  pemimpin  Al-Qaidah Ayman al-Zawahiri, melalui komunikasi dengan tokoh-tokoh Mujahidin. Ah/ff 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X