Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.913 views

Hukuman Penjara Seumur Hidup ParaTokoh Ikhwan dan Perjuangan Dakwahnya

JAKARTA (voa-islam.com) - Pengadilan Mesir mengubah hukuman terhadap para tokoh Jamaah Ikhwanul Muslimin dari hukuman mati menjadi hukuman penjara seumur hidup.

Ini merupakan perubahan sikap rezim junta militer Mesir yang telah melakukan pembantaian massal, dan memenjarakan puluhan ribu terhadap anggota dan tokoh Jamaah Ikhwan.

Diantara para tokoh Ikhwan yang dijatuhi hukuman seumur hidup itu, Mursyid ‘Aam Mohamad Badie, Wakil Mursyid Khairat al-Shater, Sekjen Ikhwan Mohamad el-Bethaqie, Pemimpin Partai Kebebasan dan Keadilan Saad el-Kattatni dan Wakillnya Essam el-Erian. Para tokoh Ikhwan itu, termasuk diantara 36 yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Sebelumnya, pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman mati terhadap 36 tokoh Jamaah Ikhwanul Muslimin. Namun adanya  berbagai tekanan dari para pemimpin Arab dan dunia internasional, kemudian rezim junta militer Mesir, mengubah hukuman menjadi seumur hidup.

Rezim junta militer Mesir mengambil alih kekuassaan dari Presiden Mohomad Mursi,  pada 30 Juni 2013.

Tindakan kudeta oleh rezim junta militer Mesir menimbulkan kemarahan dari kalangan rakyat Mesir. Pertama dalam sejarah Mesir, sejak kemerdekaan baru pertama kalinya, berlangsung  pemilihan secara bebas, jujur dan adil.

Di mana Jamaah Ikhwanul Muslimin melalui Partai Kebebasan  dan Keadilan memenangkan pemilihan parlemen (DPR), disusul dengan kemenangan  pemiliihan presiden.

Sebelumnya, Jamaah Ikhwan mencalonkan Wakil  Mursyid ‘Aam, Khairat al-Shater sebagai calon presiden, tapi dibatalkan oleh Komisi Pemilihan Mesir, dan dengan alasan Ibu Khairat al-Shater memilliki kewarga-negaaraan ganda.

Kedudukan Khairat sal-Shater sebagai calon presiden, kemudian digantikan oleh Mohamad Mursi, dan Mursi menang dalam pemilihan presiden di Mesir.

Dalam pemilihan presiden Mesir tahun 2012, terdapat dua tokoh Ikhwan  yang  maju dalam pemilihan, yaitu Mohamad Mursi yang resmi dicalonkan oleh Partai Kebebasan dn Keadilan,  yang merupakan ‘wajah’ dari Jamaah Ikhwan, dan Abdul Mu’in Abul Futtuh.

Mursi menang dengan dukungan 60 persen suara, sedangkan Abdul Mu’in Abul Futtuh, mendukuki posisi yang kedua dengan dukungna suara hamapir 40 persen.

Sesudah Mursi menang  dalam pemilihan presiden, dan menduduki jabatan sebagai presiden, langkah pertama yang dilakukannya mengubah Konstitusi Mesir, di mana secara eksplisit, menyebut SYARIAH ISLAM menjadi sumber hukum  dalam sistem Konstitusi atau undang-undang Mesir.

Kebijakan luar negeri Mursi secara jelas mendukung  jihad melawan rezim Syi’ah Bashar al-Assad, dan mendukung perjuangan bangsa Palestina mendapatkan kemerdekaan.

Saat menghadiri KTT Non Blok di Teheran-Iran, Presiden Mohamad Mursi secara jelas menyatakan dukungannya kepada perjuangan rakyat Suriah yang menjadi sekutu Iran.

Mohamad Mursi saat berada di Teheran  menunjukkan dirinya sebagai pemimpin Sunni,  dan tidak ada hambatan atas sikapnya yang mengecam Iran yang melakukakn campur tangan di Suriah.

Dibagian lain, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan bahwa Mesir tetap menentang kembalinya Ikhwanul Muslimin dalam politik. Al-Sisi  mengatakan bahwa stabilitas negara Arab terkait dengan itu dari kawasan Teluk.

Al-Sisi  menegaskan  Ikhwan merupakan  organisasi ‘rahasia’ palinng kuat di dunia. Maka, tindakan al-Sisi yang  menghancurkan Jamaah Ikhwan mendapatkan dukungan dari  Raja Arab Saudi Abdullah, dan  mendapatkan kucuran dana $20  miliar dollar atas keberhasilannya  memberangus Ikhwan. ‘I will finish Ikhwan’, tegas al-Sisi.

Namun, sejak Raja Abdullah meninggal, dan digantikan  oleh Raja Salman, nampaknya ada  sedikit perubahan dari kalangan para pemimpin Arab Saudi terhadap Ikhwan.

Seperti dikatakan oleh Menteri Luar  Negeri Arab Saudi  Saud al-Faisal, bahwa Arab Saudi tidak ada masalah dengan Ikhwan. Bahkan  salah seorang pangeran, yaitu Ahmed al-Tuwaijiri, menegaskan Arab Saudi tidak dapat melupakan jasa dari Jamaah Ikhwan.

Presiden Mesir Abdullah al-Sisi  berencana melakukan kunjungan resmi ke Arab Saudi, mengatakan situasi dunia Arab diperlukan koordinasi antara Kairo dan Riyadh, Minggu besok.

Nampaknya, al-Sisi ingin menjelaskan sikap Mesir terhadap situasi politik dan keamanan di kawasan Timur Tengah dan posisi Mesir. Kunjungan al-Sisi  juga akan digunakan membahas sikp Mesir terhadap Jamaah Ikhwan.

Jamaah Ikhwan telah berulangkali menghadapi ‘mihah’ (cobaan) yang   sangat luar biasa. Pendiri Jamaah Ikhwan di Mesir, Hassan al-Bana tewas dibunuh oleh opsir militer Mesir atas perintah Raja Farouk.

Farouk melakukan pembunuhan terhadap al-Bana atas perintah penjajah Inggris. Karena Jamaah Ikhwan sudah menjadi ancaman bagi kepentingan Inggris di Mesir.

Kematian Hassan al-Bana tidak menghentikan perjalanan gerakan dakwah yang dijalankan oleh Ikhwan. Ikhwan terus tumbuh. Sekarang Ikhwan memiliki  cabang  di hampir 100 negara.

Di masa pemerintahan Jenderal Gamal Abdul Nasser, tahun l954, Ikhwan menghadapi ‘mihnah’ (cobaan)  yang sangat luar biasa. Nasser membuat alibi Ikhwan melakukan percobaan  pembunuhan terhadap dirinya, saat berlangsung perayaan di sebuah alun-alun.

Memang, terjadi penembakan terhadap Nasser, tapi itu dilakukan oleh aparat Nasser, dan tidak mengenai dirinya. Tapi, kemudian peristiwa itu dijadikan alasan memberangus Jamaah Ikhwan.  Kemudian, sejumlah tokoh Ikhwan dihukum  mati, dihukkum  gantung, seperti Sayyid Qutb, Ali Audah, dan sejumlah tokoh lainnya.

Tapi, setiap kali menghadapi ‘mihnah’ (cobaan), dakwah Ikhwan tidak semakin surut,  tapi justru semakin berkembang sampai ke seluruh dunia. Mulai dari Maroko sampai ke Indonesia.

Dakwah Ikhwan merupakan dakwah yang ‘syamil’ (sempurna),  dan banyak diterima di kalangan masyarakat  Muslim, di berbagai negara di dunia.

Sesudah lebih dari 60 tahun,  sejak terjadinya ‘mihnah’ (cobaan)  yang sangat luar biasa terhadap Jamaah Ikhwan, di tahun 1954, kemudian dakwah Ikhwan mencapai momentum ketika sesudah terjadinya ‘Arab Spring’ (Musim Semi Arab), terjadinya perubahan politik di dunia Arab, dan tumbangnya rezim-rezim otoriter dan despostik.

Ikhwan menampakan  keberhasilan dalam mengusung dakwah di Mesir. Itu terbukti saat berlangsung pemilihan parlemen (DPR)  dan presiden,  tahun 2012, Ikhwan  dapat memenangkan pemilihan. 

Calon-calon Ikhwan mendapatkan simpati dan dukungan rakyat Mesir. Ini hanya menggambarkan Ikhwan memang memiliki manhaj (methode) dakwah yag sangat baik, dan melalui ‘tarbiyah’ (pendidikan) telah menjadi sarana mengubah rakyat Mesir menjadi lebih menerima Islam dan mengamalkan Islam.

Dakwah Ikhwan yang sejatinya mengajak seluruh umat manusia untuk memahami Islam, menerima  Islam, menyakini dan kemudian mengamalkan Islam, selalu menimbulkan ketakutan bagi para penguasa-penguasa di dunia Arab.

Dakwah Ikhwan adalah dakwah yang bersifat ‘syamil’, dan hanya mengajak manusia kembali kepada Islam. Tapi, selalu menimbulkan kecemasan  bagi para penguasa, yang menolak dan tidak menerima Islam.

Inil hakekat mengapa Jamaah Ikhwanul Muslimin selalu terzalimi sepanjang sejarahnya. Ikhwan tidak pernah berhenti dalam menyampaikan dakhwahnya sampai semua manusia ‘taslim’ (menerima) Islam dengan penuh kedamaian. Manusia tidak hidup dalam kungkungan sistem ‘thogut’ (kafir) yang mengancam masa depan kehidupan manusia.

Ikhwan tidak pernah memusuhi siapapun. Ikhwan hanya mengajak manusia kembali sistem dan hukum-hukum  (syariah) yang sudah di tetapkan oleh Allah Rabbul Alamin.

Karena dalam pandangan Ikhwan hanya  Islam yang merupakan sistem nilai yang sempurna (syamil) dan  sangat sempurna (mutakamil),  dan manusia harus hidup dibawah naungan dan lindungan al-Qur'an.

Dakwah Ikhwan  akan terus berlangsung  sepanjang sejarah manusia. Tidak akan pernah berhenti selamanya. Betapapun para penguasa dan tiran sangat membencin dan memusuhinya. Karena mendakwahkan al-Islam sebgai kewajiban yang asas, dan tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi apapun bagi setiap Mukmin.

Para pemimpin dan anggota Jamaah Ikhwan tidak pernah ragu dan  takut dengan siapapun dalam menyampaikan dakwahnya. Karena para pemimpin dan anggota Ikhwan hanya mengharapkan ridha dan balasan dari Allah Rabbul Alamin. Dakwah Ikhwan tidak mengharapkan balasan dari manusia. Apapun bentuknya. Wallahu’alam. 

*mashadi

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Keluarga ini Terancam Pemurtadan dan Rentenir, Ayo Bantu Modal Usaha..!!

Berbagai ikhtiar dilakukan pasangan Eddy Saputra dan istrinya untuk mengatasi beratnya himpitan ekonomi, tapi selalu menemui jalan buntu. Bantuan justru datang dari orang yang membahayakan akidah:...

Latest News
Tidak Bermaksud Menghina, Jyllands-Posten Tolak Minta Maaf Ke Cina Terkait Kartun Satir Virus Corona

Tidak Bermaksud Menghina, Jyllands-Posten Tolak Minta Maaf Ke Cina Terkait Kartun Satir Virus Corona

Selasa, 28 Jan 2020 21:45

Beberapa Anak Tewas Akibat Serangan Bom Pasukan Haftar Bom di Kompleks Sekolah di Tripoli

Beberapa Anak Tewas Akibat Serangan Bom Pasukan Haftar Bom di Kompleks Sekolah di Tripoli

Selasa, 28 Jan 2020 21:17

MUI Akan Bahas Omnibus Law Jika Draft RUU Sudah di DPR

MUI Akan Bahas Omnibus Law Jika Draft RUU Sudah di DPR

Selasa, 28 Jan 2020 21:04

Meski Harga Elpiji 3 Kg Batal Naik, FPKS Akan Terus Kawal

Meski Harga Elpiji 3 Kg Batal Naik, FPKS Akan Terus Kawal

Selasa, 28 Jan 2020 19:51

Mantan Imam Masjidil Haram Mentweet Doa Minta Perlindungan dari Virus Mematikan Cina

Mantan Imam Masjidil Haram Mentweet Doa Minta Perlindungan dari Virus Mematikan Cina

Selasa, 28 Jan 2020 15:00

Badan Intelijen Israel Shin Bet Tangkap Warga Israel Karena Jadi Mata-mata Hamas

Badan Intelijen Israel Shin Bet Tangkap Warga Israel Karena Jadi Mata-mata Hamas

Selasa, 28 Jan 2020 14:00

Terkait Penyebaran Virus Corona, Berikut Tanggapan Sekum PP Muhammadiyah

Terkait Penyebaran Virus Corona, Berikut Tanggapan Sekum PP Muhammadiyah

Selasa, 28 Jan 2020 13:41

Militer AS Akui Pesawatnya Jatuh di Afghanistan, Bantah Ditembak Taliban

Militer AS Akui Pesawatnya Jatuh di Afghanistan, Bantah Ditembak Taliban

Selasa, 28 Jan 2020 13:00

The Next Muhammad Al Fatih

The Next Muhammad Al Fatih

Selasa, 28 Jan 2020 12:49

Menlu Saudi Sebut Timur Tengah 'Lebih Aman' Setelah AS Membunuh Jenderal Iran Soleimani

Menlu Saudi Sebut Timur Tengah 'Lebih Aman' Setelah AS Membunuh Jenderal Iran Soleimani

Selasa, 28 Jan 2020 12:16

Paradoks Sikap Indonesia Mengenai Corona

Paradoks Sikap Indonesia Mengenai Corona

Selasa, 28 Jan 2020 11:44

Taubat Nasuha Harus dengan Shalat Taubat?

Taubat Nasuha Harus dengan Shalat Taubat?

Selasa, 28 Jan 2020 11:00

Rakyat Wuhan Kini Sendiri

Rakyat Wuhan Kini Sendiri

Selasa, 28 Jan 2020 10:39

Inilah Para Juara Olimpiade Halal 2019

Inilah Para Juara Olimpiade Halal 2019

Selasa, 28 Jan 2020 10:15

Memakai Jilbab Adalah Bukti Cinta kepada Al Khaliq

Memakai Jilbab Adalah Bukti Cinta kepada Al Khaliq

Selasa, 28 Jan 2020 09:35

Bahaya di Balik Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru

Bahaya di Balik Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru

Selasa, 28 Jan 2020 08:28

Riwayat dan Filosofi Meme Generation

Riwayat dan Filosofi Meme Generation

Selasa, 28 Jan 2020 07:22

Indonesia Mayoritas Muslim, PKS: Sertifikasi Halal Tidak Boleh Hilang di Omnibus Law

Indonesia Mayoritas Muslim, PKS: Sertifikasi Halal Tidak Boleh Hilang di Omnibus Law

Selasa, 28 Jan 2020 06:56

HNW Minta Pemerintah Evakuasi WNI di China

HNW Minta Pemerintah Evakuasi WNI di China

Selasa, 28 Jan 2020 05:59

Senjata Makan Tuan China

Senjata Makan Tuan China

Senin, 27 Jan 2020 23:40


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X