Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.073 views

Hukuman Penjara Seumur Hidup ParaTokoh Ikhwan dan Perjuangan Dakwahnya

JAKARTA (voa-islam.com) - Pengadilan Mesir mengubah hukuman terhadap para tokoh Jamaah Ikhwanul Muslimin dari hukuman mati menjadi hukuman penjara seumur hidup.

Ini merupakan perubahan sikap rezim junta militer Mesir yang telah melakukan pembantaian massal, dan memenjarakan puluhan ribu terhadap anggota dan tokoh Jamaah Ikhwan.

Diantara para tokoh Ikhwan yang dijatuhi hukuman seumur hidup itu, Mursyid ‘Aam Mohamad Badie, Wakil Mursyid Khairat al-Shater, Sekjen Ikhwan Mohamad el-Bethaqie, Pemimpin Partai Kebebasan dan Keadilan Saad el-Kattatni dan Wakillnya Essam el-Erian. Para tokoh Ikhwan itu, termasuk diantara 36 yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Sebelumnya, pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman mati terhadap 36 tokoh Jamaah Ikhwanul Muslimin. Namun adanya  berbagai tekanan dari para pemimpin Arab dan dunia internasional, kemudian rezim junta militer Mesir, mengubah hukuman menjadi seumur hidup.

Rezim junta militer Mesir mengambil alih kekuassaan dari Presiden Mohomad Mursi,  pada 30 Juni 2013.

Tindakan kudeta oleh rezim junta militer Mesir menimbulkan kemarahan dari kalangan rakyat Mesir. Pertama dalam sejarah Mesir, sejak kemerdekaan baru pertama kalinya, berlangsung  pemilihan secara bebas, jujur dan adil.

Di mana Jamaah Ikhwanul Muslimin melalui Partai Kebebasan  dan Keadilan memenangkan pemilihan parlemen (DPR), disusul dengan kemenangan  pemiliihan presiden.

Sebelumnya, Jamaah Ikhwan mencalonkan Wakil  Mursyid ‘Aam, Khairat al-Shater sebagai calon presiden, tapi dibatalkan oleh Komisi Pemilihan Mesir, dan dengan alasan Ibu Khairat al-Shater memilliki kewarga-negaaraan ganda.

Kedudukan Khairat sal-Shater sebagai calon presiden, kemudian digantikan oleh Mohamad Mursi, dan Mursi menang dalam pemilihan presiden di Mesir.

Dalam pemilihan presiden Mesir tahun 2012, terdapat dua tokoh Ikhwan  yang  maju dalam pemilihan, yaitu Mohamad Mursi yang resmi dicalonkan oleh Partai Kebebasan dn Keadilan,  yang merupakan ‘wajah’ dari Jamaah Ikhwan, dan Abdul Mu’in Abul Futtuh.

Mursi menang dengan dukungan 60 persen suara, sedangkan Abdul Mu’in Abul Futtuh, mendukuki posisi yang kedua dengan dukungna suara hamapir 40 persen.

Sesudah Mursi menang  dalam pemilihan presiden, dan menduduki jabatan sebagai presiden, langkah pertama yang dilakukannya mengubah Konstitusi Mesir, di mana secara eksplisit, menyebut SYARIAH ISLAM menjadi sumber hukum  dalam sistem Konstitusi atau undang-undang Mesir.

Kebijakan luar negeri Mursi secara jelas mendukung  jihad melawan rezim Syi’ah Bashar al-Assad, dan mendukung perjuangan bangsa Palestina mendapatkan kemerdekaan.

Saat menghadiri KTT Non Blok di Teheran-Iran, Presiden Mohamad Mursi secara jelas menyatakan dukungannya kepada perjuangan rakyat Suriah yang menjadi sekutu Iran.

Mohamad Mursi saat berada di Teheran  menunjukkan dirinya sebagai pemimpin Sunni,  dan tidak ada hambatan atas sikapnya yang mengecam Iran yang melakukakn campur tangan di Suriah.

Dibagian lain, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan bahwa Mesir tetap menentang kembalinya Ikhwanul Muslimin dalam politik. Al-Sisi  mengatakan bahwa stabilitas negara Arab terkait dengan itu dari kawasan Teluk.

Al-Sisi  menegaskan  Ikhwan merupakan  organisasi ‘rahasia’ palinng kuat di dunia. Maka, tindakan al-Sisi yang  menghancurkan Jamaah Ikhwan mendapatkan dukungan dari  Raja Arab Saudi Abdullah, dan  mendapatkan kucuran dana $20  miliar dollar atas keberhasilannya  memberangus Ikhwan. ‘I will finish Ikhwan’, tegas al-Sisi.

Namun, sejak Raja Abdullah meninggal, dan digantikan  oleh Raja Salman, nampaknya ada  sedikit perubahan dari kalangan para pemimpin Arab Saudi terhadap Ikhwan.

Seperti dikatakan oleh Menteri Luar  Negeri Arab Saudi  Saud al-Faisal, bahwa Arab Saudi tidak ada masalah dengan Ikhwan. Bahkan  salah seorang pangeran, yaitu Ahmed al-Tuwaijiri, menegaskan Arab Saudi tidak dapat melupakan jasa dari Jamaah Ikhwan.

Presiden Mesir Abdullah al-Sisi  berencana melakukan kunjungan resmi ke Arab Saudi, mengatakan situasi dunia Arab diperlukan koordinasi antara Kairo dan Riyadh, Minggu besok.

Nampaknya, al-Sisi ingin menjelaskan sikap Mesir terhadap situasi politik dan keamanan di kawasan Timur Tengah dan posisi Mesir. Kunjungan al-Sisi  juga akan digunakan membahas sikp Mesir terhadap Jamaah Ikhwan.

Jamaah Ikhwan telah berulangkali menghadapi ‘mihah’ (cobaan) yang   sangat luar biasa. Pendiri Jamaah Ikhwan di Mesir, Hassan al-Bana tewas dibunuh oleh opsir militer Mesir atas perintah Raja Farouk.

Farouk melakukan pembunuhan terhadap al-Bana atas perintah penjajah Inggris. Karena Jamaah Ikhwan sudah menjadi ancaman bagi kepentingan Inggris di Mesir.

Kematian Hassan al-Bana tidak menghentikan perjalanan gerakan dakwah yang dijalankan oleh Ikhwan. Ikhwan terus tumbuh. Sekarang Ikhwan memiliki  cabang  di hampir 100 negara.

Di masa pemerintahan Jenderal Gamal Abdul Nasser, tahun l954, Ikhwan menghadapi ‘mihnah’ (cobaan)  yang sangat luar biasa. Nasser membuat alibi Ikhwan melakukan percobaan  pembunuhan terhadap dirinya, saat berlangsung perayaan di sebuah alun-alun.

Memang, terjadi penembakan terhadap Nasser, tapi itu dilakukan oleh aparat Nasser, dan tidak mengenai dirinya. Tapi, kemudian peristiwa itu dijadikan alasan memberangus Jamaah Ikhwan.  Kemudian, sejumlah tokoh Ikhwan dihukum  mati, dihukkum  gantung, seperti Sayyid Qutb, Ali Audah, dan sejumlah tokoh lainnya.

Tapi, setiap kali menghadapi ‘mihnah’ (cobaan), dakwah Ikhwan tidak semakin surut,  tapi justru semakin berkembang sampai ke seluruh dunia. Mulai dari Maroko sampai ke Indonesia.

Dakwah Ikhwan merupakan dakwah yang ‘syamil’ (sempurna),  dan banyak diterima di kalangan masyarakat  Muslim, di berbagai negara di dunia.

Sesudah lebih dari 60 tahun,  sejak terjadinya ‘mihnah’ (cobaan)  yang sangat luar biasa terhadap Jamaah Ikhwan, di tahun 1954, kemudian dakwah Ikhwan mencapai momentum ketika sesudah terjadinya ‘Arab Spring’ (Musim Semi Arab), terjadinya perubahan politik di dunia Arab, dan tumbangnya rezim-rezim otoriter dan despostik.

Ikhwan menampakan  keberhasilan dalam mengusung dakwah di Mesir. Itu terbukti saat berlangsung pemilihan parlemen (DPR)  dan presiden,  tahun 2012, Ikhwan  dapat memenangkan pemilihan. 

Calon-calon Ikhwan mendapatkan simpati dan dukungan rakyat Mesir. Ini hanya menggambarkan Ikhwan memang memiliki manhaj (methode) dakwah yag sangat baik, dan melalui ‘tarbiyah’ (pendidikan) telah menjadi sarana mengubah rakyat Mesir menjadi lebih menerima Islam dan mengamalkan Islam.

Dakwah Ikhwan yang sejatinya mengajak seluruh umat manusia untuk memahami Islam, menerima  Islam, menyakini dan kemudian mengamalkan Islam, selalu menimbulkan ketakutan bagi para penguasa-penguasa di dunia Arab.

Dakwah Ikhwan adalah dakwah yang bersifat ‘syamil’, dan hanya mengajak manusia kembali kepada Islam. Tapi, selalu menimbulkan kecemasan  bagi para penguasa, yang menolak dan tidak menerima Islam.

Inil hakekat mengapa Jamaah Ikhwanul Muslimin selalu terzalimi sepanjang sejarahnya. Ikhwan tidak pernah berhenti dalam menyampaikan dakhwahnya sampai semua manusia ‘taslim’ (menerima) Islam dengan penuh kedamaian. Manusia tidak hidup dalam kungkungan sistem ‘thogut’ (kafir) yang mengancam masa depan kehidupan manusia.

Ikhwan tidak pernah memusuhi siapapun. Ikhwan hanya mengajak manusia kembali sistem dan hukum-hukum  (syariah) yang sudah di tetapkan oleh Allah Rabbul Alamin.

Karena dalam pandangan Ikhwan hanya  Islam yang merupakan sistem nilai yang sempurna (syamil) dan  sangat sempurna (mutakamil),  dan manusia harus hidup dibawah naungan dan lindungan al-Qur'an.

Dakwah Ikhwan  akan terus berlangsung  sepanjang sejarah manusia. Tidak akan pernah berhenti selamanya. Betapapun para penguasa dan tiran sangat membencin dan memusuhinya. Karena mendakwahkan al-Islam sebgai kewajiban yang asas, dan tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi apapun bagi setiap Mukmin.

Para pemimpin dan anggota Jamaah Ikhwan tidak pernah ragu dan  takut dengan siapapun dalam menyampaikan dakwahnya. Karena para pemimpin dan anggota Ikhwan hanya mengharapkan ridha dan balasan dari Allah Rabbul Alamin. Dakwah Ikhwan tidak mengharapkan balasan dari manusia. Apapun bentuknya. Wallahu’alam. 

*mashadi

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Opini Redaksi lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya persalinan cessar dilunasi, Ummi Nurhayati dan bayinya bisa pulang dari rumah sakit. Semoga para donatur berlimpah rizki, dan dede bayi ini kelak menjadi generasi mujahidah dakwah untuk...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Latest News
Menlu Turki: Gencatan Senjata Libya Bergantung Pada Penarikan Pasukan Haftar

Menlu Turki: Gencatan Senjata Libya Bergantung Pada Penarikan Pasukan Haftar

Ahad, 12 Jul 2020 21:45

Ini Dia aplikasi Sadap Whatsapp paling Laku di dunia

Ini Dia aplikasi Sadap Whatsapp paling Laku di dunia

Ahad, 12 Jul 2020 21:25

Zoom Training Rizki: Ini Rahasia Milyarder Tarik Rizki, Intip Bocoran Triknya!

Zoom Training Rizki: Ini Rahasia Milyarder Tarik Rizki, Intip Bocoran Triknya!

Ahad, 12 Jul 2020 21:22

QQ HEALING 11: Sembuhkan Sakit dengan 3 ilmu, Quran, Kedokteran dan Fisika Quantum

QQ HEALING 11: Sembuhkan Sakit dengan 3 ilmu, Quran, Kedokteran dan Fisika Quantum

Ahad, 12 Jul 2020 21:15

Muslim Bosnia Peringati 25 Tahun Pembantaian Sebrenica

Muslim Bosnia Peringati 25 Tahun Pembantaian Sebrenica

Ahad, 12 Jul 2020 21:05

PBB: Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Tersangka Utama Kasus Pembunuhan Khashoggi

PBB: Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Tersangka Utama Kasus Pembunuhan Khashoggi

Ahad, 12 Jul 2020 20:45

Erdogan Sebut Kebangkitan Hagia Shopia Membuka Jalan Untuk 'Pembebasan Masjid Al-Aqsa'

Erdogan Sebut Kebangkitan Hagia Shopia Membuka Jalan Untuk 'Pembebasan Masjid Al-Aqsa'

Ahad, 12 Jul 2020 20:25

Pejabat Bertekad Jaga Pancasila dari Rongrongan Komunis

Pejabat Bertekad Jaga Pancasila dari Rongrongan Komunis

Ahad, 12 Jul 2020 20:22

 Hagia Sophia dan Masa Depan Dunia Islam

Hagia Sophia dan Masa Depan Dunia Islam

Ahad, 12 Jul 2020 07:18

Tes Swab Dikomersilkan, Jangan Taruhkan Nyawa Rakyat

Tes Swab Dikomersilkan, Jangan Taruhkan Nyawa Rakyat

Ahad, 12 Jul 2020 06:51

MUI: RUU HIP Berpotensi Berikan Jalan Bangkitnya PKI

MUI: RUU HIP Berpotensi Berikan Jalan Bangkitnya PKI

Ahad, 12 Jul 2020 06:16

Bangkit dan Bertahan di Tengah New Normal yang Tidak Normal

Bangkit dan Bertahan di Tengah New Normal yang Tidak Normal

Ahad, 12 Jul 2020 05:56

Sekum PP Muhammadiyah Ungkap Tiga Hikmah Idhul Adha Masa Pandemi

Sekum PP Muhammadiyah Ungkap Tiga Hikmah Idhul Adha Masa Pandemi

Ahad, 12 Jul 2020 05:35

Anis Matta: Putin Berani Ubah Konstitusi Rusia untuk Atasi Krisis Global

Anis Matta: Putin Berani Ubah Konstitusi Rusia untuk Atasi Krisis Global

Ahad, 12 Jul 2020 02:27

[VIDEO] KH Nonop Hanafi: Tolak RUU HIP, Tolak RUU PIP

[VIDEO] KH Nonop Hanafi: Tolak RUU HIP, Tolak RUU PIP

Ahad, 12 Jul 2020 01:04

 Netty Aher: Gratiskan Rapid Test untuk Masyarakat Tidak Mampu

Netty Aher: Gratiskan Rapid Test untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sabtu, 11 Jul 2020 23:56

Mahasiswa Geruduk DPR,  Ah yang Bener?

Mahasiswa Geruduk DPR, Ah yang Bener?

Sabtu, 11 Jul 2020 22:50

Kuwait Desak Warganya Tidak Bepergian ke Luar Negeri Saat Ini Karena Pandemi Virus Corona

Kuwait Desak Warganya Tidak Bepergian ke Luar Negeri Saat Ini Karena Pandemi Virus Corona

Sabtu, 11 Jul 2020 21:35

MUI Keluarkan Fatwa Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban di Tengah Pandemi

MUI Keluarkan Fatwa Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban di Tengah Pandemi

Sabtu, 11 Jul 2020 21:28

Laporan: Serangan Drone Misterius Tewaskan 2 Pemimpin Jihadis Senior Ansar Al-Tawhid di Idlib

Laporan: Serangan Drone Misterius Tewaskan 2 Pemimpin Jihadis Senior Ansar Al-Tawhid di Idlib

Sabtu, 11 Jul 2020 21:05


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X

Sabtu, 11/07/2020 05:00

Presiden Gadungan