Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.157 views

Disuntik Utang Rp 58,5 Triliun, Garuda Terancam 'Dicaplok' Tiongkok

JAKARTA (voa-islam.com) - PT Garuda Indonesia Tbk baru saja memborong 60 pesawat Boeing dan 30 pesawat Airbus senilai USD 20 miliar atau setara dengan Rp 266,3 triliun di ajang Paris Air Show di Le Bourget, Paris, awal pekan ini.

“Tujuan pemesanan itu merupakan bagian dari strategi bisnis Garuda untuk mengembangkan rute domestik dan internasional, termasuk penerbangan ke AS. Kami berfokus pada pesawat udara yang efisien yang bisa mendukung bisnis kami ke depannya,” kata Dirut Garuda M Arif Wibowo sebagaimana dikutip BBC, Selasa (16/6) lalu.

Emiten berkode GIAA ini memang tengah melakukan proses peremajaan armada agar dapat meningkatkan pelayanan. Saat ini, Garuda memiliki 169 pesawat. Sebanyak 34 unit di antaranya adalah pesawat wide body untuk penerbangan jarak jauh, dan sisanya narrow body untuk keperluan rute pendek atau sedang.

Dari mana duitnya untuk memborong pesawat sebanyak itu? Ternyata, maskapai terbaik ketujuh di dunia ini mulai menyiapkan langkah pencarian dana dalam bentuk pinjaman.

Maklum, maskapai pelat merah ini hanya berhasil mengantongi pendapatan USD 927,32 juta setara dengan Rp 12,05 triliun selama periode Januari-Maret 2015. Sedangkan laba bersihnya hanya Rp 1,2 miliar hingga Februari 2015, dan diklaim menjadi pencapaian tertinggi selama 5 tahun terakhir.

Makanya tak heran, Garuda menggandeng sejumlah pihak untuk keperluan pendanaan antara lain dengan Bank of China (BOC) Aviation.

Bahkan Arif telah meneken perjanjian kerjasama dengan BOC Aviation yang diwakili Managing Director and Chief Executife Officer BOC Aviation, Robert Martin. Menteri BUMN Rini Soemarno turut menyaksikan penandatanganan kerjasama ini.

“Kami menyadari potensi pertumbuhan baik itu di sektor bisnis dan pariwisata di kepulauan Indonesia yang merupakan ekonomi terluas di Asia Tenggara,” kata Martin.

Dengan adanya kerjasama dengan BOC ini, bisa dibilang Garuda sudah setengah langkah dalam pemenuhan kebutuhan dana peremajaan.

Menteri Rini mengungkap perjanjian dengan BOC itu melibatkan dana USD 4,5 miliar (Rp 58,5 triliun). “Jumlah itu untuk pengadaan dan juga perawatan, serta keperluan lain,” kata Rini.

Dengan suntikan dana Rp 58,5 triliun dari kreditor Tiongkok itu bukan tidak mungkin akan bermuara menjadi konversi utang sebagai kepemilikan saham.

Sebagai perbandingan, taipan Chairul Tanjung pada 2013 membeli saham IPO Garuda senilai Rp 1,5 triliun dengan kalkulasi 10,88 persen saham. Harga saham Garuda saat itu Rp 620 per lembar saham. Sedangkan harga saham Garuda saat ini melorot menjadi Rp 433 per lembar saham.

Dengan fasilitas utang sebesar Rp 58,5 triliun, jumlah itu sudah bisa dihitung setara berapa persen saham bank Tiongkok tersebut bakal menguasai maskapai nasional Garuda. [iba/bes.pribumi]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X