Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.331 views

Rupiah Tembus Angka Psychologis Baru, dan Proyeksi APBN 2016 Dirubah?

JAKARTA (voao-islam.com) - Menjelang lebaran Idul Adha, rupiah semakin terpuruk dan menembus level psikologis baru. Angka baru rupiah memperburuk kondisi ekonomi nasional, dan dengan segala dampaknya.

Data bloomber hari Rabu kemarin (23/9), rupiah ditutup di level 14.647 per dollar AS atau melemah 0,65% dari posisi sebelumnya. Ini menandakan bahwa pemerintah sudah kehilangan legitimasi. Berbagai upaya kebijakan, tak bisa mengangkat  rupiah, termasuk reshufle.

"Permintaan dollar AS yang terus meningkat menambah tekanan bagi mata uang rupiah. Meningkatnya permintaan dollar AS itu seiring dengan kebutuhan perusahaan untuk melakukan pembayaran utangnya di kuartal ketiga 2015, pada periode itu biasanya perusahaan membayar sebagian pinjaman luar negeri," ujar pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova dikutip dari Antara.

Di sisi lain, lanjut dia, aksi spekulan di pasar uang juga cenderung meningkat di tengah belum adanya kepastian kebijakan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) untuk menaikkan suku bunga acuannya. "Ketidakpastian dari The Fed yang terus berlarut-larut membuat nilai wajar posisi rupiah tidak bisa diprediksi, sehingga potensi depresiasi masih akan terus berlanjut," ucapnya.

Kepala Riset MNC Securities, Edwin Sebayang menambahkan bahwa faktor depresiasi nilai tukar rupiah datang dari berbagai sentimen baik dari domestik maupun global.

Dari eksternal, ia mengemukakan bawah Tiongkok yang kembali mengalami penurunan manufaktur di sepanjang tahun ini menjadi sebesar 6,5 %, terendah dalam setahun terakhir akan berdampak pada Indonesia yang mengekspor komoditas.

Dari dalam negeri, lanjut dia, pemangkasan target pertumbuhan Indonesia menambah kejelasan bahwa ekonomi nasional masih melambat ke depannya. Diproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 4,7 % pada akhir tahun ini.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Rabu (23/9) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah menjadi Rp14.623 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp14.486 per dollar AS. 

Dibagian lain, Komisi Keuangan DPR RI menyepakati penurunan proyeksi pertumbuhan 2016 menjadi 5,3% dari sebelumnya 5,5% pada Selasa (22/9). Sementara itu, tekanan lain data dari data manufaktur China yang di luar dugaan turun ke level terendah sejak 2009.  Kini, pasar pun masih menanti langkah pasti Federal Reserve untuk menaikkan suku bunganya tahun ini.

Ekonom Bank Central Asia David Sumual menuturkan proyeksi pertumbuhan yang disepakati lebih realistis. “Melihat kondisi spekulasi The Fed masih membayangi dan ekonomi China terus melambat, lebih baik menjadi konservatif,” ujarnya.

Di sisi lain, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menuturkan masih optimis laju pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh 5% tahun ini. Pihaknya mengklaim penyerapan anggaran belanja sudah mencapai 60% tahun ini.

Scenaider Siahaan, Direktur Strategi dan Portofolio Utang, Kementerian Keuangan menjelaskan pemerintah juga akan mencari pinjaman multilateral dari Bank Dunia atau Bank Pembangunan Asia dan menjual global bond U$ 800 juta hingga U$ 1 miliar untuk membiayai defisit anggaran yang mungkin lebih lebar dari 2,23% dari PDB tahun ini, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya 1,9%.

Nilai obligasi Indonesia yang jatuh tempo pada September 2026 menurun, mendorong imbal hasilnya naik 23 basis poin menjadi 9,42%. Ini merupakan kenaikan terbesar sejak 7 September. Makanya, Jokowi cepet-cepet Oktober ini, berangkat ke Washington  bertemu dengan Barack Obama, minta dukungan. (ms/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X