Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.484 views

Orang NASDEM Ikut Makan Duit Dari Hasil Korupsi Gatot?

JAKARTA (voa-islam.com) - Selama ini publik selalu mengkaitkan Gubernur Sumut Pujo Nugroho dengan PKS,  ternyata dugaan itu meleset. Justru Pujo lebih dekat dengan orang-orang dari partainya si 'brewok' Surya Paloh, NASDEM.

Di mana Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti, membongkar pertemuan di Kantor DPP Partai NASDEM, Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan yang dihadiri Gatot dan wakilnya, Erry Nuradi, terkait dengan kasus suap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

"Iya ada pertemuan," kata Gatot menjawab singkat pertanyaan para wartawan, usai menjalani pemeriksaan di Kantor KPK, Jakarta, Jumat (25/9).

Ketika dicecar siapa petinggi NASDEM yang turut hadir dalam pertemuan, Gatot enggan berkomentar. Gatot juga bungkam soal modus pertemuan dan pembahasan dalam pertemuan tersebut.

"Tanya penyidik saja," katanya berkilah. Sementara itu,  istrinya  yang dipanggil ulang oleh penyidik KPK, memastikan suaminya dan Erry hadir dalam pertemuan. "Yang jelas ada wakil gubernur sama Bapak (Gatot)," katanya.

Evy pun berjanji akan membongkar pertemuan tersebut dalam sidang. Pertemuan tersebut dilangsungkan pada 2015. Belum diketahui motif pertemuan. 

Dalam sidang untuk terdakwa Panitera PTUN Medan Syamsir Yusfan, Evy juga sempat menyinggung dugaan pengamanan kasus oleh pihak Kejaksaan Agung yang dipimpin oleh bekas politikus NasDem, HM Prasetyo. Wakil Gatot, Erry, juga berasal dari partainya si 'brewok' yaitu  Surya Paloh itu.

KPK telah memeriksa politikus NASDEM Patrice Rio Capella yang diduga mengetahui pertemuan tersebut. Pemeriksaan berlangsung empat jam di Kantor KPK, Jakarta, Rabu (23/9).

"Bapak mau jamin amankan supaya itu mau dibawa ke gedung bundar (Kejaksaan Agung), jadi kalau itu sudah menang (di PTUN Medan) tidak akan ada masalah katanya di gedung bundarnya," kata Evy, di Pengadilan Tipikor, Kamis (17/9). 

Dalam kesaksiannya, Evy juga membeberkan pasokan dana suap. "Saya memberikan uang sesuai permintaan Pak OC Kaligis (pengacara), US$ 30 ribu untuk PTUN. Saya diminta tanggal 1 Juli 2015, saya serahkan jam 9.30 lewat ajudan Pak Kaligis," kata Evy di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (17/9).

Setelah menyerahkan duit suap, gugatan di PTUN Medan menang. Evy dan suaminya bukan pemohon gugatan tetapi memiliki kepentingan dalam gugatan tersebut.

Gugatan dilayangkan oleh anak buah Gatot sekaligus Kabiro Keuangan Pemprov Sumut Achmad Fuad Lubis. Fuad menggugat surat pemanggilan dirinya oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara terkait penyelidikan dugaan korupsi dana bantuan sosial, Bantuan Daerah Bawahan (BDB), dan Dana Bagi Hasil (DBH) di Pemprov Sumut. "Dikhawatirkan (pemanggilan) mengarah ke Pak Gatot," kata Evy.

Dalam proses pengajuan gugatan, KPK mengendus ada transaksi suap untuk tiga hakim yakni Hakim Tripeni Irianto, Amir Fauzi, dan Dermawan Ginting, serta panitera Syamsir Yusfan. Total duit suap adalah US$ 22 ribu dan Sin$ 5,000. Duit diberikan dalam rentang April hingga Juli 2015 di Kantor PTUN Medan.

Sementara itu, anak buah pengacara kondang Otto Cornelis Kaligis, M Yagari Bhastara alias Geri, menyebut bosnya adalah inisiator suap tiga hakim dan satu panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Sumatra Utara. Geri mengaku diperintah Kaligis untuk menyerahkan duit suap untuk memuluskan perkara yang tengah ditangani di pengadilan tersebut. 

"Iya (Kaligis menginisiasi suap)," kata Geri ketika ditanya awak media usai bersaksi untuk terdakwa panitera PTUN Medan, Syamsir Yusfan, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (17/9). 

Geri mengaku disuruh Kaligis menyerahkan duit suap kepada hakim dan panitera. Salah satunya, ketika Geri menyetorkan duit untuk dua hakim pada tanggal 5 Juli 2015 di Kantor PTUN Medan. Begitulah nasib pengacara yang merangkap menjadi 'bandit' suap,  yang sok suci, dan menjadi tokoh partianya si 'brewok'. 

NASDEM dengan jargonnya ingin membangun Indonesia baru, yang bebas korupsi, justru  yang terjadi NASDEM membangun Indonesia 'bau', seperti dugaan adanya keterlibatan kader NASDEM  yang terlibat dalam kasus Gatot Pujo. (sasa/dbs/voa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 14/05/2024 09:10

Runtuhkan Zionis, Rebut Baitul Maqdis!