Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.464 views

Jokowi Bisa Bertemu Obama Membayar Konsultan $80.000 Dolar?

WASHINGTON  (voa-islam.com) - Indonesia negara "jembel' utang luar negerinya berjibun, dan rakyatnya masih banyak yang mlarat. Anehnya, seorang kontributor bernama Dr Michael Buehler, seorang dosen politik Asia Tenggara dari School of Oriental and African Study yang menulis artikel Waiting in The White House Lobby, Jumat (6/11).

Buehler mengatakan, pertemuan Jokowi dan Barack Obama dilakukan melewati perusahaan konsultan. Buehler menyebut, Indonesia menggandeng perusahaan konsultan Singapura bernama Pereira International Pte  Ltd. Perusahaan ini lalu mengontrak perusahaan PR asal Las Vegas, R&R Partners Inc senilai US$ 80.000 untuk bisa masuk ke Washington.

Buehler juga menyodorkan lampiran kontrak tersebut. Disebutkan, untuk jasa lobi senilai US$ 80.000, R&R akan dibayar dalam empat kali antara 15 Juni dan 1 September. Dalam kontrak disebutkan, Partners bersedia dikontrak sebagai konsultan oleh executive branch dari pemerintah Indonesia. Tapi tak dijelaskan siapa tangan dari Indonesia yang menyewa konsultan ini.

Dalam artikelnya, Buehler juga menyebut kedekatan Derwin Pereira, perwakilan Pereira International dengan Luhut Panjaitan, yang kini menjabat Menteri Koordinator bidang politik, hukum, dan HAM. Namun, dia mengakui, tidak ada bukti Luhut yang menyewa jasa Pereira. 

Buehler mempertanyakan alasan Indonesia menggunakan jasa konsultan untuk bertemu dengan Obama. "Apakah ini sudah dikoordinasikan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi? Atau terlalu banyak kepentingan bersaing di dalam lingkar dalam presiden untuk mendorong agenda luar negeri?" tulisnya dalam artikel tersebut. 

Dibantah

Namun,  Menlu Retno menyesalkan adanya artikel tersebut. "Artikel Menunggu di Lobi Gedung Putih" sangat tidak akurat, tidak berdasar, dan sebagian mendekati ke arah fiktif," kata Retno dalam konfirmasi Sabtu (7/11) di situs resmi Kementerian Luar Negeri.

Dia menyebutkan, kunjungan Presiden Jokowi ke AS adalah atas undangan Presiden Obama yang disampaikan di sela KTT APEC 2014 di Beijing pada 10 November 2014. Undangan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan udangan tertulis yang disampaikan melalui saluran diplomatik.

Bagaimana kalau benar? Begitu pentingnya bertemu dengan Barack Obama, dan harus menggunakan jasa konsultan dengan bayaran yang sangat fantastis $80.000 dolar? Mengapa semua itu berlangsung?

Pertemuan antara Jokowi dan Obama itu, hanya berlangsung singkat, tidak ada yang penting, kecuali Jokowi didepan Obama menyatakan "bai'at" mendukung TPP (Trans Pasific Partnership),yaitu kerjsama liberalisasi sektor ekonomi yang digagas Obama.  (sasa/dbs/vaoa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X