Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.805 views

Siapa Michael Buehler yang Bocorkan Kunjungan Jokowi ke AS Menggunakan Broker?

JAKARTA (voa-islam.com) – Siapa Michael Buehler, yang membocorkan pertemuan Jokowi-Obama itu, hasil kerja broker (konsultan), yang harus dibayar $80.000 dolar? Adakah Michael Buehler “dipakai” oleh pemerintah Cina, yang ingin mempermalukan Jokowi?

Karena Jokowi dinilai "selingkuh" bertemu dengan Obama, dan mendukung TPP (Trans Pasific Partnership), yang sangat ditolak oleh Cina. Cina mendukung TPP, dan tidak ikut dalam kelompok baru regional yang digagas oleh Obama, yaitu TPP, tujuannya melakukan liberalisasi ekonomi dan perdangan diantara 12 negara anggotanya.

Sekarang “bocornya” pertemuan antara Jokowi dan Obama itu, menjadi gujingan dan perdebatan yang luas, dan peranan perusahaan “broker” yang menjadi perantara, tentang bertemunya antara Jokowi dan Obama.

Persaingan antara Cina dan Amerika, bukan hanya menyangkut masalah ekonomi, tapi menyangkut masalah keeamanan, terutama “dispute” Laut Cina Selaran yang semakin keruh.

Sementara iltu, dalam dokumen surat perjanjian yang diungkap pengajar ilmu politik Asia Tenggara di School of Oriental and African Studies, Universitas London, Michael Buehler, terdapat beberapa kesepakatan antara pelobi dan pemerintah Indonesia dalam mengatur kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan Presiden Barack Obama.

Dalam surat tersebut tercantum nama salah satu perusahaan jasa konsultan asal Singapura bernama R&R Partners Inc. Surat tersebut diterima Departemen Kehakiman Amerika Serikat pada 17 Juni 2015 pukul 06.04 waktu setempat. Konsultan asal Singapura itu,
selanjutnya membayar US$ 80 ribu kepada pihak ketiga yang memfasilitasi pertemuan Jokowi dengan Obama, yaitu Pereira International PTE LTD.

Perjanjian tersebut ditandatangani pada 8 Juni 2015 oleh R&R Partners dan Pereira International PTE LTD. Berdasarkan isi perjanjian tersebut tertulis bahwa konsultan akan memberikan jasa konsultasi dan lobi kepada pihak Indonesia. Adapun pelayananan jasa yang ditawarkan, di antaranya Jokowi akan menghadiri pertemuan dengan para pemangku kebijakan dan anggota kongres serta cabang eksekutif, termasuk Kementerian Luar Negeri.

Konsultan itu juga mengusahakan pertemuan dengan gabungan kongres selama kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat. Selain itu, mengagendakan pertemuan dengan sejumlah tokoh, media, masyarakat, dan organisasi swasta berpengaruh serta berafiliasi dengan AS untuk mendukung usaha Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, dalam dokumen itu terdapat sembilan pasal dan 37 ayat yang berisi perjanjian dalam permohonan jasa konsultan dan layanan lobi di bidang hubungan internasional bagi pemerintah Republik Indonesia.

Buehler melihat lemahnya koordinasi dalam merealisasikan kunjungan Presiden Jokowi sebagai agenda politiknya, terutama pada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaian.

Padahal, dalam agenda perjalanan ini seharusnya berada di bawah Kementerian Luar Negeri. Namun justru Luhut Panjaitan terbang ke Amerika Serikat untuk mengurus agenda kunjungan tersebut. Sontak, Menteri Retno langsung mendapatan kritik dari publik.

"Mengapa konsultan Singapura membayar US$ 80 ribu ke perusahaan PR Las Vegas untuk melakukan lobi bagi pemerintah Indonesia?" tulis Buehler dalam artikelnya.  Dalam pembayaran misterius tersebut, Buehler mempertanyakan adanya kerenggangan dalam tubuh pemerintahan Joko Widodo.

Namun, Menteri Retno menampik kabar tersebut, dan dalam konferensi pers yang digelarnya, Retno menegaskan tak ada jasa pelobi dalam mempersiapkan kunjungan Presiden Jokowi  ke Amerika Serikat. Sungguh sangat luar biasa kunjungan Jokowi ke Amerika penuh dengan liku-liku, termasuk menggunakan jasa “broker”. (sasa/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X