Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.628 views

Panitia Konvensi Gubernur Muslim Segera Jaring Cagub-Cawagub DKI Jakarta

JAKARTA (voa-islam.com)Muzakarah Alim Ulama, tokoh masyarakat, habaib dan pimpinan ormas Islam DKI Jakarta akhirnya merampungkan pembentukan struktur Majelis Tinggi dan Dewan Pemilih sebagai langkah menuju Konvensi Umat Islam Jakarta.

Pembentukan dua lembaga ini merupakan salah satu tahapan untuk menjaring pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta yang akan bertarung dalam Pilkada 2017 nanti.

Alhamdulillah, Majelis Tinggi diketuai oleh Habib Muhammad Rizieq Syihab, sedangkan Dewan Pemilih yang awalnya diketuai KH Mahfudz Asirun kini digantikan oleh KH Fachrurozy Ishaq,” ungkap Ketua Pelaksana Muzakarah Dr. H. Abdul Choir Ramadhan, dalam konferensi pers usai pelaksanaan Muzakarah Ketiga di Masjid Al-Ittihaad, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2015) siang.

Menurut Abdul Choir, setelah menyelesaikan pembentukan Majelis Tinggi dan Dewan Pemilih, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah segera mengumumkan kepada publik Jakarta bila pihaknya akan menggelar Konvensi Umat Islam.

“Kita juga akan mengundang Cagub-Cawagub untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta konvensi. Lalu dilakukan serangkaian proses hingga tahap akhir menghasilkan satu pasangan calon definitif,” jelas Abdul Choir.

Bukan hanya melakukan penjaringan calon independen, Abdul Choir mengaku pihaknya juga akan melakukan komunikasi intensif dengan partai politik di Jakarta.

“Pendekatan terhadap Parpol akan kita lakukan supaya dapat mengusung satu pasangan Cagub-Cawagub Muslim. Tujuannya supaya suara umat Islam tidak terpecah belah,” kata doktor hukum Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah itu.

Abdul Choir mengaku bersyukur, para ulama, tokoh dan pimpinan ormas Islam di DKI Jakarta sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh pihaknya.

Dia mengatakan, karena telah menjadi representatif ulama, habaib dan tokoh masyarakat Jakarta, Majelis Tinggi dan Dewan Pemilih Gubernur Muslim DKI Jakarta telah sah secara legal maupun non legal.

Lembaga yang disebut sebagai “ahlul halli wal aqdi” untuk menyeleksi pasangan Cagub-Cawagub DKI Jakarta itu pun disebut telah sah secara sosial maupun lembaga keagamaan.

Seperti diketahui, para ulama, habaib dan tokoh masyarakat telah menggelar tiga kali Muzakarah untuk menggelar "Konvensi Umat Islam Jakarta."

Konvensi akan dilakukan untuk menguji kompetensi, kelayakan dan mengukur popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas seluruh pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur yang akan berlaga dalam Pilgub DKI Jakarta. Konvensi dilakukan supaya terpilih satu pasangan calon saja dari kalangan umat Islam Ibu Kota.

Para ulama, habaib dan tokoh DKI Jakarta yang menginisiasi pelaksanaan Muzakarah dan Konvensi ini diantaranya Habib Muhammad Rizieq Syihab,Habib Abdurrahman Al Habsyi-Kwitang, KH. Maulana Kamal Yusuf, KH Mahfudz Asirun, KH. Abdul Rasyid AS, Habib Zein bin Sumait, KH Fachrurrozy Ishaq, KH Syukran Makmun, dan KH A Cholil Ridwan. 

Majelis Tinggi dibentuk dengan fungsi diantaranya sebagai pembina spiritual bagi seluruh komponen yang terlibat dalam agenda pemilihan gubernur Muslim DKI Jakarta.

Selain itu juga menjadi pengarah bagi kepanitiaan, Badan Pekerja, Dewan Pemilih dan Tim Pemenangan yang terlibat dalam agenda gubernur Muslim untuk DKI. Majelis Tinggi juga akan turut serta dalam menentukan bakal calon Gubernur Muslim.

Sedangkan Dewan Pemilih dibentuk dengan fungsi akan melakukan proses seleksi teknis mulai administrasi hingga debat terbuka terhadap bakal calon melalaui rangkaian dan tahapan yang profesional.

Dewan Pemilih pula yang akan membuat jadwal dan tahapan proses seleksi bakal calon Gubernur, menjadi panelis dalam proses wawancara terbuka dengan peserta konvensi dan menyiapkan musyawarah dengan Majelis Tinggi untuk menentukan bakal calon pasangan gubernur Muslim.* [Syaf/Shod/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X