JAKARTA (voa-islam.com)--Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak pemerintah bersikap tegas membela nasib Muslim Uighur di Xinjiang China. Desakan ini disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI dari PAN Ali Taher Parasong, Rabu (18/12).

“Amanat Konstitusi adalah membela kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia. Karena itu pemerintah harus tegas bersikap dalam membela Muslim Uighur,” tegasnya.

Menurut Ali Taher solidaritas kemanusiaan dan solidaritas sebagai negara mayoritas muslim terbesar di dunia harus ditunjukkan untuk membela Muslim Uighur.

“Pemerintah Cina harus menyelesaikan masalah Uighur secara damai dengan berdialog dengan tokoh-tokoh Uighur, dan harus memberi umat Islam kebebasan untuk melakukan ibadah mereka,” kata Kader Muhammadiyah asal NTT ini.

Selain itu Ali Taher juga meminta Pemerintah Tiongkok untuk membuka informasi seluas luasnya terkait kebijakan negaranya terhadap Muslim Uighur.

“Jangan ada yang ditutup tutupi terkait kebijakan terhadap Muslim Uighur. Pemerintah Tiongkok harus terbuka dan transparan,” tutup Ali.

Seperti diketahui Kebijakan China terhadap kaum minoritas Uighur di Xinjiang memang telah menyita perhatian internasional.

Berdasarkan laporan aktivis hak asasi manusia, China diduga telah melakukan cuci otak terhadap kaum minoritas di Xinjiang dan menempatkan jutaan orang di kamp-kamp konsentrasi.*

Sumber: Pan.or.id