Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.131 views

Bendera OPM Berkibar di Konjen RI Melbourne, Legislator: Coreng dan Jatuhkan Martabat Bangsa

  

Toriq menilai, seharusnya seluruh kantor konsulat RI terutama di negara yang membiarkan kelompok-kelompok ini bersuara, lebih wasapada dan memperketat keamanan kantor Konjen."

JAKARTA (voa-islam.com)--Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah membenarkan terkait insiden pengibaran Bendera Bintang Kejora di kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di Melbourne, Australia pada Selasa, (01/12/2020).

Dalam sebuah video yang viral tampak ada enam orang di atap Gedung Konjen RI di Melbourne. Mereka masuk tanpa izin, memasang selama beberapa saat atribut spanduk bergambarkan Bendera Bintang Kejora dan bertuliskan ‘Free West Papua’ (Bebaskan Papua Barat) dan baner bertuliskan ‘TNI Out Stop Killing Papua’.

Menanggapi kejadian ini Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat sangat menyayangkan karena konjen RI di melbourne dapat dengan mudah dimasuki tanpa sepengetahuan aparat keamanan dan atau staff-nya.

Toriq menganggap insiden ini telah mencoreng dan menjatuhkan harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia.

“Sungguh disayangkan karena aparat keamanan dan atau siapapun yang bertanggungjawab atas ‘kekebalan diplomatik’ Konjen RI, kecolongan. insiden ini seperti mencoreng dan menjatuhkan martabat bangsa Indonesia,” ungkapnya. 

Toriq menilai, seharusnya seluruh kantor konsulat RI terutama di negara yang membiarkan kelompok-kelompok ini bersuara, lebih wasapada dan memperketat keamanan kantor Konjen. Terutama jelang tanggal 1 Desember yang diyakini sejumlah kalangan sebagai hari kemerdekaan Papua.

“Isu keamanan dan proteksi di KBRI dan KJRI sudah mencuat seiring adanya aksi vandalisme terhadap KJRI di Sydney, Australia pada tahun 2015. Saat itu sekelompok orang tak dikenal menyebarkan cairan merah mirip darah secara sporadis ke bangunan gedung," ungkap Toriq.

Menurut Politisi PKS ini Kemenlu harus memperketat sistem keamanan di seluruh Konjen RI. Ini didukung oleh Konvensi Wina yang mengatur kekebalan diplomatik dalam beberapa ruang lingkup. Pertama, kekebalan bangunan diplomatik (inviolability of the mission premises).

“Kedua, kekebalan personal (personal inviolability). Ketiga, kekebalan arsip dan dokumen (inviolability of the archives). Keempat, kekebalan korespondensi resmi (inviolability of official correspondence). Kelima, kekebalan kediaman diplomat (inviolability of residence and property)," jelas Toriq.

Bahkan tambahnya lagi, melihat kasus pendiri WikiLeaks, Julian Assange dapat bertahun–tahun tinggal di dalam Kedutaan Besar Ekuador di London. Karena Kekebalan bangunan diplomatik ini lah polisi Inggris tidak bisa langsung menggeledah Kedutaan Besar Ekuador lalu menangkap Assange yang buron karena telah membocorkan data rahasia sebuah negara.

“Oleh karenanya Saya minta kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk memperketat sistem keamanan seluruh kantor Komjen RI. Supaya bentuk-bentuk insiden yang akan menjatuhkan harkat dan martabat bangsa Indonesia tidak terulang kembali," tegas Toriq.*[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Politik Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X