Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
Menag: Tak Ada yang Salah dengan Operasi ''Gelar Sajadah''

Berita Terkait

2.143 views

Menag: Tak Ada yang Salah dengan Operasi ''Gelar Sajadah''

Menag: Tak Ada yang Salah dengan Operasi
Menteri Agama Suryadharma Ali

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan tidak ada yang salah dengan konsep "Gelar Sajadah" dalam rangka pembinaan Jamaah Ahmadiyah.

Bahkan semangat tersebut dapat diterapkan sebagai gerakan moral untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat kepada Allah SWT, kata Suryadharma Ali saat menghadiri Pertemuan Pimpinan Ponpes dan Ormas Islam tingkat Jabar di Jatinagor Kabupaten Sumedang, Kamis.

"Tak ada yang salah dengan konsep gelar sajadah, itu positif dan harus digelar di rumah-rumah, instansi, mesjid, mushala dan juga di mana saja dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaaan kepada Allah SWT," katanya.

Menurut dia, konsep gelar sajadah seharusnya terus dikembangkan oleh masyarakat karena dengan meningkatkan ibadah yang dikiaskan dengan gelar sajadah, maka ketenteraman dan kesejahteraan umat bisa tercipta.

Terkait tudingan adanya Operasi Gelar Sajadah yang dialamatkan kepada jajaran TNI/Polri di Jawa Barat dalam proses penanganan kasus Jamaah Ahmadiyah, kata Menteri Suryadharma sama sekali bukan sebuah operasi militer atau kepolisian melaikan sebuah konsep moral.

"Saya sudah tanya Polri dan TNI, tidak ada operasi itu. Jadi, itu sebuah tudingan dan fitnah besar. Sebaliknya kami apresiasi dukungan TNI/Polri dalam penyelesaian Jamaah Ahmadiyah sudah benar dan tepat," katanya. Ia menyebutkan, apa yang dilakukan TNI/Polri sudah sesuai dengan porsinya. Kedua institusi itu wajib dan harus mengawal kebijakan pemerintah, dan keduanya tidak bisa dipisahkan dalam penyelesaian masalah-masalah di masyarakat.

"Bila TNI dan Polri tidak menyelesaikan masalah, maka masyarakat sendiri yang bertindak dan itu kemungkinan besar akan terjadi anarki, lha TNI/Polri lagi yang akan disalahkan," katanya.

Lebih lanjut, Suryadharma Ali juga meminta agar masyarakat untuk lebih meningkatkan dakwah Islamiyah dalam rangka untuk mencegah masuknya ajaran sesat. Masuknya aliran sesat, kata dia tidak lepas karena adanya celah tingginya kebutuhan terhadap dakwah dan penerangan.

Namun melalui peningkatan intensitas dan kualitas dakwah, menurut Menag masuknya ajaran sesat itu bisa dicegah secara preventif. "Saya minta tidak ada pemutar balikan opini seolah-olah ada operasi Gelar Sajadah, karena itu tidak benar. Namun saya setuju bila semangat moral gelar sajadah itu digulirkan di masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan," kata pria yang juga Ketua Umum PPP itu.

Terkait kehadiran Pergub Jawa Barat No.12/2011 tentang pelarangan aktivitas Jamaah Ahmadiyah di Jawa Barat, Menag Suryadharma Ali menyatakan sebagai langkah yang tepat. "Saya apresiasi Jabar yang mengeluarkan Pergub pelarangan aktivitas Jamaah Ahmadiyah, itu sudah tepat dan ada landasan hukumnya sesuai dengan SKB tiga menteri. Pergub itu sudah benar," katanya.

Menag mengakui, SKB tiga menteri tentang menjaga kerukunan beragama sudah tegas, namun pengawasannya yang masih kurang implementasinya. Pergub Jabar No.12/2011 tentang penghentian aktivitas Ahmadiyah di Jabar menurut Suryadharma Ali merupakan salah satu implementasi pengawasan dari SKB tiga menteri.

Sementara itu Pertemuan Pimpinan Pondok Pesantren dan Ormas Islam tingkat Jabar selain dihadiri oleh Menag Suryadharma Ali juga dihadiri oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Moeldoko, Kapolda Irjen Pol Suparni Parto perwakilan Kejati dan DPRD Jabar.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Republika Online lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X