Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.617 views

Pren, Ternyata "Dengkul" Nggak Selalu Jadi Modal Yang Baek

Udah pernah liat blon gaya anak muda yang jadi preman pengkolan? Biasanya deadline kerjaan tiap ari gradak gruduk kurang jelas. Sekolah juga dia tinggalin cuman karena pengen maen ato alesan males.

Tuch tadi kalo soal skill, pren. Nah, kalo soal tata krama, banyak yang komen kalo anak muda sekarang pada amnesia tentang cara ngehargain orang tua. Mereka lebih suka selera barat, en nggak mau tau soal tata krama.

What??!!??. Deuh, rasanya nggak trima banget kan kalo ngedenger judgement yang macam niy? Walopun ya nggak ngingkarin juga sih, emang ada yang macam bgono, tapi kan nggak semua juga kali. Nah sayangnya oknum- oknum tuh yang justru banyak ngotorin reputasi baek anak muda.

Tapi nggak bisa di salahin juga bro, yang namanya anak muda dimana- mana pasti jadi sorotan. Bukan apa- apa sih, positip thinking aja dah, kali mereka tlalu sayang ama kita, karena mereka banyak bharap ama kita yang muda- muda. Scara orang tua mana yang nggak bangga punya anak yang pinter,sopan en pande ngehargain ortu en orang laen?. Mo di bilang apapun juga dah, mereka, ortu kita tuh, yang paling berjasa ma kita. So boleh en pantes donk kalo mreka bharap banget dikit ke kita.

Ngemenk- ngemenk soal bales jasa ke ortu, kamu tar kalo dah dewasa bakal mau jadi paan? yang bisa bikin bangga ortu gituh. Kalo ada diantara kamu yang ngejawab, "blon jelas alias masih kabur", so tentuin aja dari sekarang. Bilang ama diri sendiri " ku tau yang ku mau". Dengan gitu, insyaAllah, arah hidup kamu pada jelas jalannya kemana. Soalnya pren, waktu adalah modal utama kita yang muda. dan waktu nggak kan pernah bisa balek lagih.

... Waktu adalah modal utama buat kita yang muda- muda ini. Dan waktu kalo dah pergi, nggak kan pernah bisa balek lagih....

May be kamu bisa mule dengan sekolah yang bener. Maksudnya bener- bener sekolah, nggak malah nongkrong nggak jelas dijalanan, ato skedar bolos ama temen- temen buat maen di luar. Wah, kalo ajah mereka tau pren, tanpa kita sadari kita bakal ketinggalan jaoh banggets. Soalnya, di dunia inih cadangan orang pinter dah pada  bejibun. Nggak percaya, salah satunya Kim Ung-Yon. dia dapet julukan manusia Ber-IQ Tertinggi di Dunia. Doi Lahir pada tahun 1962. Bayangpun, di umur 4 tahun, dia sudah bisa ngebaca huruf Jepang, Korea,Jerman,Inggris, ck ck ck. En di umur 5 tahun dia dah mampu mecahin soal- soal kalkulus. Dia kecatet di Guinness Book of World Records sebage "Highest IQ". fiuhh cadazz!!. Nah kita?

Trus buat kamu yang ternyata belum beruntung ngedapet kesempatan sekolah, jangan kawatir pren. Pas waktu kita lahir ke dunia, Allah pasti membekali kita dengan bakat. Nah, cuman kya berlian yang belon diasah ajah, bakat kamu may be belum banyak keluar jadinya. Yakin deh, banyak orang sukses walo dulunya mereka nggak mampu sekolah. Dengan kerja keras dan akhlak yang baek, insyaAllah kamu bakalan sukses. Pren, kan dunia ini masih banyak ngebuka lowongan untuk orang yang jujur dan baek. Mereka, orang baek dan jujur tuh, InsyaAllah akan ditrima dimanapun mereka berada. Soalnya, tambah lama, stok orang beginian tambah menipis bro.

... Dunia ini masih ngebuka banyak lowongan untuk orang yang jujur dan baek....

Tapi juga, jangan cuman ngejar urusan dunia pren, soalnya tuch semua hanya sementara ajah kita nikmatin. Justru yang urusan akheratnya yang kudu no nomor satukan.

Kamu bisa mule dengan ngedisiplinkan diri buat ngatur waktu ngaji. Tak kenal maka tak sayang pren, kata orang dulu kan gitu. Kita nggak kan kenal Allah kalo kita nggak belajar tentang islam secara mendalam, kalo dah gitu gimana kita bisa bakalan sayang toh.? Selain itu, dengan ngaji kamu jadi jelas en makin jelas, arah hidup kamu nich mau kemana. Nggak macam orang yang kesesat di hutan tanpa bawa kompas, bakal muter- muter aja nggak jelas. Dengan Islam, kamu jadi bakal tau kalo menjadi pinter ato baek aja nggak cukup pren, tapi harus juga kudu beriman.

Emang ya, kalo dipikir- pikir tenyata sayang  banget yah untuk tiap detik yang udah kita tinggalin. Mangkanya pren, mumpung masih muda, masih banyak waktu, banyak- banyakin cari ilmu. Kita bhadapan ama jaman gini nggak bisa cuman pake modal dengkul, alias nggak pake usaha sama sekali ato cuma berdoa en pasrah ajah nunggu kebaikan buat kita jatoh dari langit. Yakin deh, dengan serius menuntut ilmu akherat en dunia, kita bakalan sukses dan nggak akan ketinggalan banyak ama yang laen. Nggak da usaha yang sia- sia InsyaAllah kalo kamu bener- bener serius, Allah pasti bakal nolong kamu. Percaya deh, nggak ada pertolongan yang lebih baek selain pertolongan Allah. Aja.  

So buat kamu semua, anak muda. Kamu adalah makhluk yang amazing. Badan kuat, semangat hebat, kesempatan apa aja masih kebuka, emang nggak ada yang ngalahin nikmatnya masa muda. Jangan sia- siain bakat yang dikasih sama allah gitu aja. dengan modal iman, pinter en juga berakhlak baek, maka kesempatan yang baik insyaallah juga akan selalu melingkupi kamu dimanapun kamu berada.Dan apapun itu, hati- hatilah dalam melangkah, karena masa muda bukan masa yang gratis, semua bakal tutup buku, dan abies itu bakal ada sidang pertanggung jawabannya di hadapan Allah subhanahu Wataala.

(NayMa/ Voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X