Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.804 views

Duh...Mamaku Nggak Asik Deh! (Remaja Beda Pendapat dengan Ortu)

Sebut saja namanya Vika. Dia remaja belasan tahun yang cerdas dan kritis. Satu hari dia curhat dengan menggebu-gebu tentang betapa seringnya dia berbeda pendapat dengan sang mama. Mulai dari hobi hingga cara berpakaian, semua dijadikan bahan untuk ribut oleh sang mama.

Hobi Vika membaca, membuatnya suka membeli buku dan itu dari uang sakunya sendiri. Lama-lama buku ini terkumpul banyak dan membutuhkan tempat untuk disimpan dengan baik. Salah satu sudut rumah dijadikan tempat untuk menyimpan bukunya. Selain buku-buku Vika, buku-buku sang ayah juga ada di sana.

Beberapa hari ini mama sering mengomel tentang kurangnya tempat untuk menyimpan koleksi sepatu dan tasnya. Hingga satu hari sepulang sekolah, sudut rumah yang berisi buku itu lenyap. Mama ternyata menganggapnya tidak penting dan menjualnya ke pedagang buku bekas. Walhasil, Vika pun merasa jengkel, sedih dan tak kuasa menahan airmatanya. Tega sekali mama, begitu pikirnya.

Masalah tidak berhenti di situ. Setiap akan keluar rumah untuk ekskul, Mama kembali berulah. Kali ini mama melarang Vika ke sekolah memakai rok karena itu hanya akan membuatnya terlihat tua. Begitu kata mama. Mama ingin Fika memakai celana jeans ketat seperti remaja lainnya. Tapi Vika menolak, ia merasa nyaman memakai rok daripada jeans ketat yang memperlihatkan bentuk kakinya dengan jelas.

Duh...sedih sekali kan bila kita selalu berbeda pendapat dengan ortu terutama mama? Ya...Vika pun begitu. Rasanya apa pun pendapatnya, mama selalu memunyai pendapat lain untuk menentang Vika. Trus, bagaimana dong menyikapi ortu yang sukanya membuka front terbuka dengan anaknya kayak mama Vika ini?

Sobat remaja Voa-islam, sabar dulu ya. Apapun kondisinya, ingat bahwa mama adalah orang tua kita yang harus dihormati. Beliau adalah perempuan mulia yang dulu pernah hamil, melahirkan, menyusui dan membesarkan serta mendidik kita. Jadi ketika terjadi perbedaan pendapat, ingat-ingat betapa banyaknya jasa mama dalam kehidupan kita. Itu agar kita bisa meredam emosi yang ada kalanya seperti api terkena tumpukan jerami. Wusss...langsung terbakar.

...Jangan ikutan ‘nyolot’ ketika mama sedang mengomel. Biarkan saja untuk sementara hingga kamu menemukan waktu yang pas untuk mengajak mama bicara. Ya...kamu dan mama memang butuh waktu untuk bicara dari hati ke hati...

Memang sih tidak enak rasanya selalu ditentang mama, apalagi untuk hal-hal yang menurut kita sudah baik dan benar. Misalnya saja Vika yang hobinya sudah keren banget tuh, yaitu membaca. Kemudian komitmen Vika untuk mulai meninggalkan celana jeans ketat karena memperlihatkan bentuk tubuh, itu patut diapresiasi banget. Nah, sekarang tinggal caranya saja bagaimana Vika atau mungkin remaja lainnya yang bermasalah dengan mamanya bisa menghadapi persoalan ini dengan baik.

Jangan ikutan ‘nyolot’ ketika mama sedang mengomel. Biarkan saja untuk sementara hingga kamu menemukan waktu yang pas untuk mengajak mama bicara. Ya...kamu dan mama memang butuh waktu untuk bicara dari hati ke hati, khususnya remaja cewek nih. Cari waktu yang tepat ketika suasana hati mama sedang baik. Misalnya saja kamu yang semula sering diomeli karena gak bantu cuci piring, usahakan mulai sekarang sadar diri mencuci piring tanpa backsound omelan mama. Pasti tuh mama girang banget melihat putrinya sudah tahu tanggung jawab membantu ortu.

Nah, lakukan ini sesering mungkin. Ketika terlihat suasana hati mama bahagia melihat anaknya rajin, inilah saat kamu ajak mama bicara. Diskusikan dengan baik apa-apa yang menjadi pendirianmu. Lalu dengarkan pula apa maksud mama menjual semua buku-buku koleksimu dan memaksa kamu memakai celana jeans ketat.

Dalam situasi sama-sama berkepala dingin seperti ini, argumentasi disajikan dengan penuh kasih sayang bukan dengan kemarahan. Insya Allah deh semua akan dimudahkan oleh Allah asal niat kita sebagai anak, baik untuk membuka dialog dengan mama. Nah, siapkah kamu memulainya? Harus dong, itu kan mama kamu sendiri. Surganya ada di bawah telapak kakinya lo. Jadi usahakan tetap yang makruf ya dalam berbicara dengan mama. Satu hal lagi, sertakan mama dalam doa-doamu agar dilembutkan hatinya. Semangat! (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X